Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Changi Airport Jadi Bandara Terbaik di Dunia

Para penumpang kini dapat menikmati kolam renang di rooftop dan indoor garden.

Changi Airport Jadi Bandara Terbaik di Dunia

Memiliki fitur seperti kolam renang yang berada di rooftop, indoor garden, dan Hello Kitty café, dapat dikatakan bahwa Singapore Changi Airport ini membuat bandar udara yang lain terkesan biasa saja.

Airport yang melayani hampir 59 juta penumpang setiap tahunnya ini telah dinobatkan sebagai yang terbaik oleh situs travel, Air Help. Beberapa faktor yang membuat Singapore Changi Airport meraih titel terbaik di dunia adalah sedikitnya penerbangan yang tertunda maupun dibatalkan, servis yang memuaskan, dan yang terpenting ketepatan waktunya.



Suasana Hello Kitty café di Changi Singapura


Meski menghadapi lalu lintas yang sibuk setiap harinya, bandar udara ini berada di peringkat 8.8 dari skala 10 untuk ketepatan waktunya dan tahun lalu, tak sampai satu persen dari seluruh penerbangan yang berangkat dari bandara ini dibatalkan atau ditunda lebih dari tiga jam.

Bandara ini mempunyai penilaian yang sempurna untuk kualitas layanan, yakni 10 dari 10 berdasarkan analisa opini penumpang melalui Twitter, peringkat kepuasan keseluruhan adalah 6 dari 10, nilai yang lebih tinggi dari kebanyakan bandara lain yang terdaftar.

Suasana di dalam Terminal 3.


Penilaian tersebut menyeluruh hingga ke terminal tiga yang ramah lingkungan, pemandangan alam dan cahaya natural menjadi dua fitur yang dibanggakan, tak hanya itu taman yang berada di terminal ini juga mempunyai lebih dari 200 spesies dedaunan dan kupu-kupu.


Berbeda dengan Terminal 3 yang eco-friendly, Terminal 2 banyak disukai karena mempunyai banyak hiburannya seperti bioskop 24 jam, dan taman bermain anak-anak, namun sementara di Terminal 1 didapatkan kolam renang di rooftop dan layanan spa.



Masih ada lagi, berita terkini mengatakan bahwa bandar udara ini akan membangun taman hiburan dan akan dibuka pada tahun 2019. Bangunan terbaru di luar Terminal 1, yang diberi nama Jewel, akan mempunyai 300 restoran dan butik, serta taman indoor terbesar di Singapura yang dinamakan Forest Valley, dan juga air terjun setinggi 40 meter yang diberi nama Rain Vortex.


Sepertinya gelar bandar udara terbarik di dunia tak akan beranjak dari Singapore Changi Airport dalam waktu dekat.


Berikut adalah 10 bandar udara yang masuk dalam ulasan Air Help.

1. Singapore Changi Airport, Singapura
2. Munich International Airport, Jerman
3. Hong Kong International Airport, Hong Kong
4. Copenhagen Kastrup Airport, Denmark
5. Helsinki - Vantaa Airport , Finlandia
6. Cincinnati Northern Kentucky International Airport, Amerika Serikat
7. Barcelona - El Prat Airport , Spanyol
8. Madrid Adolfo Suarez-Barajas Airport, Spanyol
9. Auckland International Airport, New Zealand
10. Frankfurt International Airport, Jerman


(Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar UK. Alih bahasa: Sabrina Sulaiman. Foto: Dok. Bazaar)