• 5 Tanaman Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

    Culture / Tips


    5 Tanaman Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

    Sekaligus bisa mempercantik kamar tidur Anda.


    Gangguan tidur tak jarang menjadi masalah yang suka dianggap remeh namun ternyata bisa sangat mengganggu. Berbagai cara disebutkan menjadi solusi untuk mengatasi gangguan tidur atau mencapai tidur yang lebih berkualitas.

    Namun tahukah Anda jika ada solusi yang jauh lebih murah sekaligus bisa membantu tampilan ruang tidur Anda? Jawabannya adalah tanaman.

    Seperti yang kita ketahui, bahwa mendekorasi ruangan Anda bisa membawa dampak besar bagi bagaimana Anda tidur, oleh karena itu Bazaar berbincang dengan Tyler Davis, seorang ahli dari Orchard, Supply Hardware, mengungkapkan lima tanaman dan bunga yang bisa membuat Anda semakin mudah terlelap.

    1. Snake Plant atau Lidah Mertua.


    Fungsi: Manusia selalu membutuhkan oksigen setiap hari agar bisa bertahan hidup, dan semakin tinggi kadar oksigen dalam kamar di malam hari, bisa membuat kualitas tidur Anda semakin tinggi. Tanaman lidah mertua mampu melepaskan oksigen setiap saat, bahkan di malam hari saat Anda tertidur.

    Cara merawat: Tanaman ini bisa hidup di seluruh jenis cahaya, dan hanya membutuhkan air sekali dalam dua minggu.

    2. Lavender


    Fungsi: Ada alasan mengapa Anda akan menemukan lavender sebagai wewangian dalam detergen atau linen spray. Banyak studi menunjukan bahwa bunga berwarna ungu ini mampu membantu Anda merasa tenang dan relaks. Tumbuhan lavender yang masih hidup bisa memberikan aroma yang jauh lebih kuat ketimbang lavender kering (yang biasa Anda temukan dalam kemasan sachet), maka tambahkan bunga lavender hidup di kamar tidur Anda.

    Aromanya yang menenangkan pasti sanggup mengantarkan Anda ke tidur yang lebih nyenyak.

    Cara merawat: Bunga ini butuh cahaya terang agar tetap hidup, maka taruhlah satu pot lavender dekat jendela Anda.

    3. Peace Lily


    Fungsi: Tanaman rumahan ini merupakan pemurni udara alami, yang artinya bisa mengatasi keberadaan zat berbahaya seperti formaldehyde, airbone mould, dan zat-zat alergi lainnya di udara. Peace lily juga bisa melepaskan oksigen bersih ke udara. Udara yang bersih akan membantu Anda tetap sehat, yang berimbas pada tidur malam yang lebih nyenyak.

    Cara merawat: Bunga peace lily bisa hidup dalam keadaan cahaya yang minim, yang artinya bunga ini cocok bagi kamar tidur tanpa jendela. Siram tanaman ini sekali dalam seminggu, tapi jika Anda menyimpan tanaman tersebut dekat jendela atau terkena sinar berlebih, Anda bisa menyirami dua kali dalam seminggu.

    4. Gardenia


    Fungsi: Bunga putih ini memiliki aroma yang menyenangkan dan memiliki efek layaknya sedatif.

    Cara merawat: Tanaman ini agak lebih sulit untuk dirawat. Karena mereka membutuhkan cahaya matahari yang banyak namun tidak secara langsung, karena sinar matahari langsung terkena pada tanaman ini, daun-daunnya bisa kekeringan.

    5. Pink Jasmine


    Fungsi: Tak hanya terlihat cantik saat ditaruh di bedside table, aroma alaminya mampu membuat Anda merasa relaks yang akan berujung pada mudahnya Anda terlelap.

    Cara merawat: Tanaman jasmine dalam pot harus diletakkan dekat dengan jendela dengan cahaya matahari langsung, dan pastikan untuk tidak menyiraminya terlalu sering.


    (Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar UK. Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Getty images)








- RELATED ARTICLE -