• Merayakan 50 Tahun ASEAN lewat Asean Literary Festival

    Culture / News


    Merayakan 50 Tahun ASEAN lewat Asean Literary Festival

    Kota Tua akan menjadi rumah bagi ajang sastra dan budaya tahunan ini.


    Lima puluh tahun sudah ASEAN terbentuk sebagai payung komunitas negara-negara di Asia Tenggara. Sudah sewajarnya sebagai sebuah komunitas, negara-negara yang berada di bawah ASEAN saling memahami budaya satu sama lain.

    Ide inilah yang kemudian mendasari Okky Madasari untuk kemudian menggelar ASEAN Literature Festival (ALF) keempat di Jakarta dengan tema Beyond Imagination. ALF sendiri merupakan festival sastra yang sudah digelar sejak 2004 dan selalu sukses untuk mengumpulkan sastrawan, akademisi, penggiat dan pencinta sastra dari ASEAN dan negara-negara lainnya untuk saling berinteraksi dalam ranah literasi dan budaya.

    Menurut wanita yang merupakan pendiri dan Direktur Program ALF ini, budaya dan sastra adalah dua hal yang dapat mengikat ASEAN secara menyeluruh. "Bersandar hanya pada ekonomi dan politik cuma menjadikan slogan komunitas ASEAN sekedar retorika dan ilusi,” tambah Okky.




    Di tahun 2017 ini, kawasan Kota Tua Jakarta ditunjuk sebagai venue untuk event yang akan digelar pada 3-6 Agustus mendatang ini. ALF nantinya akan memanfaatkan seluruh gedung di kompleks Kota Tua, seperti Gedung Pos, Cipta Niaga, Museum Keramik, dan Museum Wayang.

    Pemilihan lokasi ini juga dianggap bisa mendorong semakin meluasnya promosi mengenai ALF, karena Kota Tua merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jakarta. 

    Dalam ALF tahun ini tentunya masih akan diadakan berbagai program istimewa seperti Sastra Masuk Kampung, Residensi, Jambore Nasional Sastra, dan seminar serta pameran buku. 



    (Foto: Courtesy of ALF)










- RELATED ARTICLE -