• Etika Meja Makan yang Patut Anda Ketahui

    Culture / Tips


    Etika Meja Makan yang Patut Anda Ketahui

    Pernahkah Anda merasa linglung ketika menghadiri acara formal seperti gala dinner atau rehearsal dinner?


    Anda tentu sudah tak asing dengan istilah table manner, etiket saat berada di meja makan. Tidak hanya tata cara menyantap makanan yang disajikan, table manner juga mencakup sopan santun di dalam acara tersebut.

    Table manner mulai digunakan di Eropa pada tahun 1740, kemunculan adat ini juga identik dengan lukisan Grace at Table karya Jean Baptiste Simeon Chardin, pelukis asal Prancis.

    Berikut delapan tip dari Bazaar mengenai table manner yang dapat diaplikasikan di Indonesia.


    1. Hadir tepat waktu
    Jika Anda diundang, maka datanglah 30 menit sebelum acara dimulai. Apabila Anda menjadi tuan rumah yang mengadakan jamuan makan, maka pastikanlah table setting sudah tertata rapi, jika di restoran, maka kenali waitress dan waiter yang akan melayani tamu-tamu Anda.


    2. Penempatan tas
    Evening bags seperti clutch atau minaudiere dapat diletakkan di atas pangkuan dan ditutupi dengan serbet atau di bagian sandaran kursi, jika kursi tak berlubang. Namun untuk daytime bags yang berukuran besar dapat diletakkan di kursi sebelah Anda, jika kosong atau di bawah kanan kursi.


    3. Memulai hidangan
    Mulai makan ketika sang host mempersilahkan makan dan semua tamu sudah duduk di meja. Biasakanlah menunggu orang yang tertua untuk memulai makan, hal tersebut juga berlaku kepada host.


    4. Letakan serbet di pangkuan
    Setelah dipersilahkan duduk, ambil serbet yang disediakan di atas meja, lipat menjadi dua dan letakkan di pangkuan Anda. Guna dari peletakan serbet ini adalah untuk tidak mengotori gaun atau celana ketika makanan jatuh ke pangkuan.


    5. Hindari meletakkan siku di atas meja
    Meletakkan siku di meja menyampaikan pesan yang tidak ramah, seolah Anda tidak mau berbagi. Tak hanya itu, keberadaan siku di meja juga dapat menyenggol minuman atau barang lain yang ada.


    6. Penggunaan perkakas makan
    Gunakanlah sendok, garpu, dan pisau dari urutan yang terluar hingga terdalam. Biasanya, sendok sup akan berada di bagian atas untuk hidangan pembuka dan butter knife di piring yang berbeda.


    7. Makan dengan mulut tertutup
    Tidak mengisi mulut dengan penuh, selain bisa tersedak sewaktu-waktu, Anda juga bisa kehilangan selera makan. Biasakanlah untuk tidak berbicara ketika sedang mengunyah dan makan dengan perlahan, tidak terburu-buru.


    8.  Tidak memainkan handphone
    Set handphone Anda menjadi silent atau bergetar, pusatkan perhatian Anda kepada host dan tamu yang lain. Jika Anda perlu menjawab sebuah panggilan penting, membalas email atau sms, maka permisilah ke toilet.


    Meski setiap negara mempunyai adat yang berbeda dalam menyantap hidangan, setiap tamu tentu harus mematuhi aturan dasar ketika berada di meja makan.

    Ulasan mengenai table manner ini diadaptasi dari buku yang akan dirilis oleh Y & D Setyohadi Collection di bulan Agustus. Selain table manner, buku tersebut juga menampilkan koleksi painting dinnerware koleksi Yulie Nasution Grillon dan Dara Setyohadi yang bertemakan roses.


    (Foto: Iko/Shutterstock.com)








- RELATED ARTICLE -