• Menanti Fitur Keamanan Terbaru dari iPhone

    Culture / News


    Menanti Fitur Keamanan Terbaru dari iPhone

    Tak ada lagi kesempatan untuk membalas chat teman atau sekadar membuka Instagram saat menyetir.


    Siapapun tentunya pernah mencuri-curi kesempatan membaca pesan atau chat saat tengah berkendara, atau sekadar membuka feed Instagram Anda saat lampu merah.

    Jika Anda pengguna Apple, sebentar lagi seluruh aktivitas yang mengganggu fokus saat mengemudi tersebut tidak akan bisa lagi Anda lakukan, pasalnya Apple kini tengah menyiapkan solusi inovatif untuk mencegah fokus berkendara Anda terganggu.

    Seperti yang dikutip dari CNN, perusahaan raksasa teknologi ini telah mempersiapkan iOS 11 yang dilengkapi dengan fitur 'Do Not Disturb While Driving', yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

    Fitur teranyar ini disebutkan mampu mendeteksi jika iPhone Anda tengah terhubung pada mobil, baik menggunakan kabel atau Bluetooth, dan saat pemiliknya tengah berada dalam kendaraan bergerak, sehingga secara otomatis akan mematikan fitur notifikasi dari pesan atau aplikasi. Tak hanya mencegah Anda menerima notifikasi, fitur terbaru ini juga mencegah Anda mengoperasikan aplikasi, karena home screen akan terkunci secara otomatis.

    Baca juga: Peranti Pintar untuk Selfie yang Lebih Istimewa

    Baca juga: 4 Aplikasi Smartphone untuk Belajar Bahasa Asing

    Tentunya para pengguna tak perlu khawatir, karena aplikasi navigasi seperti Apple Maps atau Google Maps, serta Apple CarPlay masih bisa difungsikan.

    Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering dari Apple mengumumkan mengenai fitur keamanan ini dalam konferensi Worldwide Developers di San Diego beberapa waktu lalu. "Saat Anda berkendara, Anda tidak perlu merespon pesan-pesan yang masuk, dan hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan dalam berkendara," jelasnya.

    Saat ini pengguna iPhone bisa menghidupkan fitur 'Do Not Disturb' dengan swipe up dan menyentuh ikon bulan di layar, untuk menjaga konsentrasi saat menyetir. Namun untuk fitur terbaru 'Do Not Disturb While Driving' nantinya akan dilengkapi pula dengan automatic reply atas setiap pesan yang masuk, dengan mengatakan bahwa Anda tengah berada di belakang kemudi dan tidak dapat langsung merespon pesan tersebut.

    Artikel disadur dari Harper's Bazaar UK.

    Baca juga:

    7 Tip Mudah untuk Menghemat Baterai Smartphone Anda

    10 Hal Tersembunyi yang Bisa Menghabiskan Daya Baterai Smartphone



    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Getty Images)








- RELATED ARTICLE -