• Virgil Abloh Berkolaborasi dengan Ikea

    Fashion / News


    Virgil Abloh Berkolaborasi dengan Ikea

    Ketika tas ikonis Ikea masuk ke dunia high-fashion


    Sebagai brand furnitur, Ikea tidak pernah diperhitungkan dalam dunia fashion, sampai pada akhirnya tas Frakta yang ikonis dari Ikea konon menjadi inspirasi bagi desainer Demna Gvasalia, yang pada akhirnya merilis Arena, tas yang secara bentuk dan ukuran menyerupai produk Ikea. 

    Ikea kemudian menyebut Balenciaga melakukan peniruan, namun tak berhenti sampai di situ, Ikea berusaha membalik keadaan dengan mengajak Virgil Abloh, sosok kreatif di balik brand Off-White untuk berkolaborasi menciptakan kembali tas Frakta. Kolaborasi ini akan mempertahankan bentuk dan ukuran dari Frakta yang ikonis, namun mengadaptasi estetika modern yang menjadi ciri khas Off-White.



    Virgil sendiri bertemu dengan pihak Ikea dalam event Democratic Design Days di Swedia untuk mendiskusikan arah kolaborasi kreatif ini.

    "Kita sedang berada pada momen di mana Ikea tengah naik daun, dan orang-orang tengah antusias dengan budaya 'do it yourself' terhadap tas biru ikonis tersebut. Hal yang membuat saya sangat tertarik untuk berkolaborasi dengan Ikea karena mereka mengizinkan saya untuk mengubah sesuatu yang klasik, menjadi produk yang unik, berbeda, namun tetap setia bagi kedua DNA brand."

    Dalam sebuah video yang diunggah pada akun Instagram Off-White, Virgil terlihat tengah membuat model tas dari bahan kardus, dengan tulisan Sculpture di bagian sisinya, serta terlihat pula handle tas yang bergaris kuning dan biru.




    Artikel disadur dari Harper's Bazaar UK.

    Baca juga: Kolaborasi Gosha Rubchinskiy dengan Burberry


    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Ikea)








- RELATED ARTICLE -