Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Tip Penting untuk Manajemen Stres

Apakah Anda sering merasa tertekan secara emosional? Baca beberapa kiat jitu guna membantu menanggulanginya!

5 Tip Penting untuk Manajemen Stres

Setiap individu pasti pernah mengalami stres, entah itu karena dilema finansial ataupun masalah pribadi dan masih banyak lagi. Tekanan tersebut sebetulnya tak harus membebani seseorang, sebab ada banyak jalan demi menyiasatinya agar tak mengganggu keseharian.

Ingin mengontrol kadar stres Anda? Simak sejumlah poin-poin esensial berikut.


1. Tidur cukup

Kurangnya istirahat seringkali mengakibatkan Anda mudah gusar dan lekas marah. Pastikan Anda menghindari kelelahan dengan meraih waktu tidur setidaknya 7,5 sampai 8,5 jam sehari.


2. Curahkan isi hati

Jangan ragu menumpahkan keluh kesah Anda kepada orang kepercayaan, sebut saja sahabat, kakak, ataupun pakar psikologi. Dukungan dari kerabat, apalagi yang mengalami problem sama dengan Anda, tentu dapat membangkitkan semangat kembali.


3. Jaga pola makan

Konsumsi asupan bernutrisi tak hanya menyehatkan raga, namun juga jiwa. Contohnya, salmon serta kacang-kacangan kaya gizi mampu memicu serotonin selaku hormon yang menjadikan Anda nyaman dan senang. 


4. Rutin berolahraga

Latihan fisik ternyata berkhasiat menurunkan risiko depresi sekaligus bisa mengalihkan fokus sehingga membuat Anda melupakan sejenak persoalan-persoalan yang ada atau minimal melihatnya dari sudut pandang berbeda. Agar lebih termotivasi, ajak teman-teman untuk menemani Anda ke pusat kebugaran.


5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Last but not least, take some “me” time! Sebagai bentuk relaksasi paling simpel, lakukan hobi apa pun yang Anda nikmati secara mandiri. Sekadar menonton bioskop, mandi air hangat ataupun merampungkan novel kesukaan semestinya efektif menenangkan pikiran. 


Baca juga:

4 Gadget Pengantar Tidur Nyenyak

Cara Mudah Menghilangkan Stres

Tidur Sebagai investasi


(Foto: S_L/Shutterstock.com)