• Mulut Segar Saat Berpuasa

    Beauty / Tips


    Mulut Segar Saat Berpuasa

    Tingkatkan rasa percaya diri ketika menjalani ibadah puasa dengan menjaga kesehatan mulut serta bibir Anda.


    Bagi Anda yang menjalani ibadah puasa, terjadi banyak perubahan pada tubuh. Selain terasa lemas, kerap timbul problema aroma mulut menjadi tidak sedap dan seakan tidak dapat dihindari. Hal itu tentunya sangat mengganggu terlebih ketika harus berinteraksi dengan banyak orang. Sebenarnya darimanakah sumber permasalahan tersebut? Bazaar kemudian menemukan bahwa penyebab utama dari bau tidak sedap adalah berkurangnya produksi air liur atau saliva, sehingga berujung pada bakteri anaerob penghasil belerang di dalam mulut mudah berkembang biak. Maka dari itu bau mulut pun tidak dapat dihindari. Selain itu, kebersihan rongga mulut juga menjadi faktor penting, serta individu dengan penyakit diabetes dan asam lambung lebih rentan terhadap permasalah tersebut.

    Namun, untuk mencegah ketidaknyamanan dalam mulut Anda, selain dengan sikat gigi sesudah sahur, pilihan makanan juga bisa dijadikan sebagai solusi. Berikut adalah beberapa makanan sahur atau berbuka yang efektif mengusir bau mulut tidak sedap :

    1. Yoghurt, memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulu, serta dapat mengurangi plak dan penyakit gusi. Pilihlah yoghurt yang plain atau tanpa gula.
    2. Apel, wortel. dan seledri, pada intinya semua buah dan sayur yang berserat banyak dapat mengatasi aroma bau mulut tidak sedap. Buatlah jus dari kombinasi sayuran dan buah tersebut, kemudian minum ketika sahur dan buka puasa.

    3. Vitamin C, buah-buahan seperti stroberi dan jeruk memiliki kandungan vitamin c yang tinggi sehingga ampuh untuk menangkal penyebab bau mulut. Selain itu, vitamin c juga berperan dalam mencegah faktor penyakit gigi yang merupakan salah satu penyebab bau mulut.

    Di samping aroma yang membuat Anda tidak percaya diri, puasa juga membuat bibir lebih kering dan mudah pecah-pecah, akibat berkurangnya konsumsi air mineral. Dan biasanya Anda akan mencoba membasahi bibir dengan air liur, padahal kebiasaan tersebut tidak baik karena saliva mengandung enzim yang justru menyebabkan bibir kering bahkan meradang. Untuk menjaga kelembapan bibir, langkah termudah adalah dengan mengoleskan lip balm dan sebaiknya diulang berkali-kali. Dalam hal pencegahan dari dalam tubuh, sebaiknya konsumsi air dua sampai tiga gelas ketika sahur dan berbuka. Pilih menu makanan yang mengandung serat tinggi dan lengkap asupan gizinya.

     

    (Ardani Sesotyasari, Foto : Stolblov Pavel/Click Photos/Shutterstock)

     






- RELATED ARTICLE -