• 10 Cara Mendapatkan Tidur Malam Berkualitas

    Culture / Tips


    10 Cara Mendapatkan Tidur Malam Berkualitas

    Bagi Anda yang memiliki kesulitan tidur di malam hari, temukan 10 solusi mudah untuk mengusir masalah ini dengan segera.


    Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam mendapatkan tidur berkualitas? Insomnia atau bahkan tidak bisa tidur selama beberapa hari berturut-turut. Hal ini tidak hanya akan mengurangi stamina untuk menghadapi kegiatan setiap harinya, tapi cepat atau lambat juga akan mengganggu kestabilan emosi.

     

    Berawal dari sini, Anda akan berhadapan dengan konsekuensi yang lebih besar lagi. Selain kesehatan jasmani, emosi bisa mempengaruhi tingkat kebahagiaan, performa bekerja, bahkan hubungan Anda dengan pasangan.

     

    “Kita berada di tengah krisis perampasan tidur,” tulis Arianna Huffington dalam bukunya The Sleep Revolution. Sang pencetus The Huffington Post ini menjabarkan bagaimana pola tidur yang baik dapat memperbaiki kualitas kehidupan secara general.

     

    Terhindar dari penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, serta Alzheimer hanyalah sebagian bonus dari menjaga pola tidur dengan baik.

     

    Jadi, bagaimana caranya memperbaiki pola tidur? Mari kita ulas sedikit kebiasaan tidur berkualitas Arianna Huffington.

     

    1. Kunci utama agar bisa tidur dengan tenang adalah memosisikan tubuh pada hawa relaksasi. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan membuat lingkungan kamar senyaman mungkin. Gunakan cat bernuansa redup pada ruang tidur seperti biru muda, abu-abu, atau beige.

     

    2. Jangan lupa mengganti seprai dan sarung bantal serta guling minimal dua kali dalam sebulan. Agar tempat tidur Anda selalu higienis dan terhindar dari keringat tubuh yang mengendap setiap malamnya.

     

    3. Pilih bantal dengan bahan dan tingkat keempukan yang nyaman pada leher Anda.

     

    4. Siapkan elemen 'joy trigger' yang akan mengantar Anda ke alam mimpi. Taruh foto atau beberapa buku yang mungkin bisa mengalihkan perhatian Anda sejenak hingga mengantuk.

     

    5. Taruh bunga segar pada vas di samping tempat tidur Anda untuk memberi aroma wangi yang mengantarkan pada relaksasi. Jika tidak ada bunga, Anda bisa menyemprotkan sedikit parfum kesukaan pada bantal atau menggunakan lilin aromaterapi sebagai pengganti.

     

    6. Simpan ponsel dan segala perangkat elektronik di lokasi yang tidak bisa Anda jangkau. Karena salah satu hal yang paling mengganggu tidur adalah perangkat elektronik. Terlebih jika ponsel sedang dalam proses charging.

     

    7. Redupkan atau matikan lampu.

     

    8. Agar tubuh semakin rileks, jangan lupa bersihkan tubuh sebelum beranjak ke tempat tidur. Anda bisa mandi atau berendam dengan air hangat sebelum mengganti baju dengan piama.

     

    9. Gunakan sedikit essential oil dengan aroma kesukaan Anda di bagian belakang telinga.

     

    10. Iringi saat tidur dengan instrumen lullaby klasik bervolume kecil.

     

    Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah coba melakukan kebiasaan tidur yang baik malam ini, karena transformasi hidup Anda juga akan dimulai bersamaan.

     

    (Photo: Shutterstock/ Click Photos/ Photographee.eu, KieferPix)

     

    -->






- RELATED ARTICLE -