• Tips Berburu Koleksi Desainer dengan Harga Murah

    Fashion / Tips


    Tips Berburu Koleksi Desainer dengan Harga Murah

    Harper's Bazaar Indonesia berbagi tips berbelanja koleksi fashion idaman Anda tanpa merogoh kantong terlalu dalam.


    Membeli koleksi fashion dengan nominal yang jauh di bawah harga retail tentu memberikan kesenangan tersendiri. Dan rasanya tidak berlebihan untuk berasumsi bahwa hampir setiap pencinta fashion tak akan melewatkan good deal, apalagi menyangkut fashion item yang telah lama diincarnya.

    Untuk itu, kali ini Harper's Bazaar Indonesia memberikan sejumput tips dan trik berburu koleksi fashion dalam harga yang sangat bersahabat dengan kantong Anda.

    1. Berburu "End of Season Sale"

    Setiap butik fashion memiliki kalender sale sebanyak dua sampai empat kali dalam setahun (atau bahkan lebih bila ada agenda-agenda khusus tertentu). Di sejumlah butik high end di Jakarta, Anda bisa menemukan koleksi dari beberapa musim lampau yang telah diberi label special price atau dengan kata lain telah didiskon sebesar 70 % atau lebih.

    2. Friends and Family Sale

    Pasang kuping dan mata Anda baik-baik, terutama di media sosial yang kerap menyebarkan berita-berita mengenai agenda sale butik-butik high end tertentu. Agar tidak ketinggalan kabar, pantau update mereka di media sosial.

    3. Luxury Outlets

    Koleksi fashion akan terus berganti tiap musimnya, dan dengan siklus fashion yang bergerak cepat Anda memiliki banyak kesempatan untuk membeli koleksi musim lalu dengan potongan harga hingga 80%.

    Saat ini terdapat banyak sekali luxury outlet berbasis online yang dapat Anda jelajahi, mulai dari theoutnet.com, yoox.com, atau roomoomo.com yang menghadirkan koleksi musim lalu dari desainer-desainer lokal.

    Namun bila Anda lebih senang berburu langsung ke butik, di Jabodetabek sendiri terdapat sejumlah luxury outlet seperti O Jade dan Rococo Rack di Dharmawangsa Square, dan Transbranded Outlet di Cikokol Tangerang.

    4. Sample Sale

    Meksipun sample sale tidak terlalu banyak ditemukan di Indonesia (atau Jakarta pada khususnya), namun bukan berarti agenda ini absen sama sekali. Sejumlah desainer dan label premium lokal juga kerap mengadakan acara sample sale dan mewartakannya melalui media sosial.

    5. eBay

    Bagi banyak pencinta fashion, situs e-commerce raksasa seperti eBay menjadi surga belanja koleksi high end brand, mulai dari lansiran terkini hingga koleksi vintage sekalipun. Di eBay Anda dapat menemukan begitu banyak fashion items dalam kondisi baru maupun bekas, dengan variasi harga mulai dari 'sangat murah' hingga 'luar biasa mahal'.

    Ketika Anda berbelanja di eBay, terkadang faktor keberuntungan juga sangat berperan. Terlebih apabila barang incaran Anda dijual dengan sistem lelang. Semakin langka dan high demand, maka kemungkinan besar harganya akan semakin tinggi pula. Namun bila Anda sedang beruntung, Anda bisa saja mendapatkannya dengan harga yang benar-benar murah.

    6. Consignment Shops

    Belakangan ini bisnis consignment shop mulai berkembang pesat di Indonesia, baik dalam wujud toko fisik, situs e-commerce, hingga berbasis akun media sosial seperti Instagram dan Facebook. Di sini, Anda tak hanya dapat berburu koleksi desainer maupun high end brand dalam harga yang bersahabat saja karena Anda juga dapat menjual koleksi Anda.

    Sama seperti eBay, di consignment shop besar peluang Anda untuk mendapatkan koleksi fashion yang Anda impikan baik dalam kondisi baru, belum pernah dipakai, maupun bekas, dengan harga yang juga sangat bervariasi.

    7. Vintage Shops

    Apabila Anda sedang bepergian ke luar negeri seperti Tokyo, London, Paris, Milan, maupun New York, pastikan Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi butik vintage di sana. Berbagai macam koleksi desainer dari berbagai era dan musim bisa Anda temukan, dan sudah pasti item tersebut telah menjadi barang fashion yang langka dan one of a kind.

    Akan tetapi, keterbatasan ukuran kerap menjadi salah satu kendala berbelanja di vintage shop. Dan konsentrasi dan kejelian dalam memilah-milah barang juga sangat diperlukan. Maka dari itu, sebaiknya Anda secara khusus meluangkan waktu senggang Anda untuk menelusuri setiap rak di toko vintage agar Anda tidak melewatkan great deal yang bisa Anda temukan.

    8. Garage Sale dan Flea Market

    Metode lain untuk berburu koleksi fashion dengan harga miring adalah dengan menyambangi acara garage sale maupun flea market. Terkadang, Anda bisa mendapatkan fashion item dengan harga yang terjangkau langsung dari tangan pertama.

    Meskipun demikian, tidak ada jaminan pasti Anda akan menemukan koleksi fashion yang Anda incar atau sekadar menarik hati Anda. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan Anda di sana, bukan?

    (Chekka. Foto: Syda Productions/Shutterstock/Click Photos, Nejron Photo/Shutterstock/Click Photos)








- RELATED ARTICLE -