• Skincare Wajib Musim Ini: Tabir Surya!

    Beauty / News


    Skincare Wajib Musim Ini: Tabir Surya!


    Menjadi sebuah keharusan, inilah alasan mengapa sunscreen sangatlah penting digunakan dalam keseharian Anda.

    Tentu sudah tak asing mendengar kata sinar ultraviolet, terutama akan paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit manusia. Sinar UVA masuk 98 persen ke bumi, sedangkan 2 persennya lagi adalah sinar UVB. Namun jika terpapar secara berlebih oleh kedua sinar ultraviolet tersebut, maka dapat menyebabkan kanker dan photoaging berbahaya. Selain terdapat sinar UVA, UVB, ada pula Sinar UVC yang merupakan sinar matahari paling berbahaya. Untungnya sinar ini tidak masuk kedalam bumi, paparan sinarnya diserap secara efektif pada lapisan ozon. Apabila sinar UVB masuk ke bumi dan dapat menyebabkan skin aging, tanning dan kulit terbakar, berbeda dengan sinar UVA  yang masuk ke bumi dan menyerang kulit manusia lebih dalam lagi. Sinarnya bahkan dapat berpenetrasi pada bagian dermis, dan mengeluarkan radikal bebas yang pada akhirnya menyebabkan kanker. Perlu diketahui bahwa bahaya sinar UVA mencapai 50 kali lipat lebih besar dibandingkan sinar UVB yang berefek pada pengenduran kulit, kehilangan elastisitas, serta penambahan pigmentasi.


    Terdapat SPF dan PA sebagai kandungan penting yang terdapat dalam sunscreen. SPF (Sun Protection Factor) bekerja melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA (Protection Grade of UVA) merupakan perlindungan terhadap sinar UVA. Sebagai tindak pencegahan, sangatlah penting dalam menggunakan sunscreen. Namun, banyak pula kesalahan-kesalahan dalam menggunakannya. Sunscreen yang memiliki SPF kurang dari 15 tidak akan melindungi kulit dari paparan sinar berbahaya. Semakin tinggi kandungan SPF, akan semakin menolak paparan sinar matahari yang masuk ke kulit. SPF 15 menolak sinar sebanyak 93 persen dan SPF 30 sebanyak 97 persen. Serupa dengan PA, semakin banyak tanda + (plus) yang tertera pada kemasan, maka semakin tinggi juga tingkat proteksinya. Pemakaian sunscreen sebaiknya diulang setiap 2 jam, gunakan 20 menit sebelum beraktivitas keluar rumah, baik pada musim panas ataupun dingin agar dapat meresap dengan baik pada kulit dan pastikan produk tersebut memiliki kandungan meroxyl, helioplex, dan zinc oxide. Hindari pula beraktivitas keluar pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang.

    Berikut adalah produk sunscreen yang direkomendasikan oleh Bazaar:

    1. Eau Thermale Avène
    Dengan kandungan SPF 50, pemakaiannya ditujukan untuk semua jenis kulit. Dapat digunakan pada wajah dan tubuh. Produk ini juga mengandung antioksidan dan vitamin E yang anti air dan keringat, namun lotion-nya juga tidak akan membuat Anda merasa berminyak.

    2. Dewi Sri Spa Surya Majapahit
    Terbuat dari bahan-bahan alami berasal dari negeri sendiri yang diluncurkan oleh Dewi Sri Spa, produk ini terdiri atas minyak padi yang digunakan sebagai penjaga kolagen kulit dan melindungi diri dari radikal bebas, ekstrak bunga teratai putihnya memberikan sensasi dingin, antioksidan yang berasal dari vitamin C serta minyak licorice. Dengan SPF 40, tabir surya ini dibuat dengan menggunakan teknologi encapsulation, suatu teknologi yang menjadikan sunscreen tersebut tidak lengket.

    3. Clarins Sunscreen Care Oil Spray SPF 30
    Selain digunakan pada kulit wajah, Clarins Sunscreen Care Oil Spray juga dapat digunakan pada tubuh dan rambut. Kandungan ekstrak tumbuhan senna memberikan perlindungan akan sinar UV, sedangkan lidah buaya bertindak untuk menghaluskan kulit, dan ada minyak nyamplung yang berasal dari Indonesia sebagai pemberi menutrisi kulit. Sunscreen ini juga memberikan kelembapan pada kulit tanpa meninggalkan rasa lengket, teksturnya terasa ringan saat digunakan sehingga anti air serta keringat.

    4. Sulwhasoo Age-Veil UV Protection Cream SPF 30
    Berasal dari ramuan tradisional Korea yang dibuat dengan teknologi canggih, sunscreen ini meregenerasi kulit kembali dan membuat kulit menjadi tampak awet muda disaat kandungannya melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

    5. SK-II Facial Treatment UV Protection (SPF 25) PA++
    Selain sebagai pelindung kulit dari sinar UV, sunscreen ini juga digunakan sebagai pelembap dan dapat mencerahkan kulit. Diperkaya dengan kandungan Pitera™, produk ini juga sangat ringan dan tidak terasa berminyak, sangat baik digunakan sebagai dasar makeup sebelum memulai aktivitas Anda.

    (Gayatri Puspita; Foto: Dok. Bazaar)








- RELATED ARTICLE -