• Biyan Memotret Wanita Indonesia Lewat Postcard

    Fashion / News


    Biyan Memotret Wanita Indonesia Lewat Postcard


    Bertepatan dengan perayaan karyanya selama 30 tahun mengembangkan dunia mode Tanah Air, Biyan Wanaatmadja menggelar koleksi Spring/Summer 2013 yang diberi tajuk Postcard. Hampir 100 potong busana yang tampil pun menjadi sebuah pernyataan Biyan akan kemampuannya meramu tradisi negeri yang berbalut modernitas dengan cara elegan.

    Dengan inspirasi perjalanannya berkeliling Nusantara, ia mengubah Hotel Mulia menjadi sebuah arena untuk menampilkan kolase memori akan kisah hidupnya sendiri. Perpaduan antara maskulin dan feminin tampil aktraktif lewat siluet longgar yang menjadi bidikan Biyan kali ini.

    Ada hal menarik yang patut menjadi catatan dalam rancangan Biyan yaitu kali ini Biyan dengan lebih terang-terangan mengangkat motif kain tradisi ke dalam koleksinya. Batik, tenun dan songket terlihat kontemporer dan muncul ke permukaan dengan cara lembut. Dan menurut Biyan, koleksi Postcard adalah sebuah rangkuman indah dari potret wanita Indonesia itu sendiri yang menunjukan gabungan sisi tangguh namun terkadang rapuh para wanita.

    (Teks: Lily Marpaung, Photo credit: Saeffi Adjie)








- RELATED ARTICLE -