• Tips Merias Wajah dari Ryan Ogilvy di MRA Academy

    Beauty / News


    Tips Merias Wajah dari Ryan Ogilvy di MRA Academy

    Cara mudah menyempurnakan tampilan dengan teknik riasan mata dan contour wajah yang benar.


    Masih dalam tema "Beauty Issue", Harper's Bazaar mengundang 3 Make Up Artist ternama di tanah air dalam berbagai pertemuan online untuk menginspirasi para pembaca. Mulai dari Instagram Live bersama Willy Wahyudi yang membahas topik "From Zero To Hero", kemudian Instagram Live bersama Archangela Chelsea dengan tema "Makeup Essentials For Eid Al-FItr Celebrations", dan yang terakhir bersama Ryan Ogilvy dan MRA Academy untuk memberikan sejumlah tips & trick tampil memesona di hari raya.

    Ryan Ogilvy terkenal dengan gaya riasan wajahnya yang terlihat simple dan natural namun tampil flawless. Beberapa selebriti kenamaan di tanah air pun sudah sering bekerjasama dengannya, seperti Chelsea Islan, Velove Vexia, Dian Sastrowardoyo, dan lainnya. Selain itu, Ryan juga pernah unjuk gigi di belakang panggung New York Fashion Week sebanyak dua kali.

    Pada workshop online kali ini, sembari menyimak berbagai tips & trick merias wajah, para peserta juga bisa langsung mempraktekannya. Secara online, Ryan memandu Erica (Managing Editor of Harper's Bazaar Indonesia) selaku host untuk melakukan demo makeup. Tak perlu memiliki beragam produk, cukup dengan moisturiser, foundation, concealer, contour cream/powder, compact/loose powder, eyeliner, eyeshadow, pensil alis, mascara, highlighter, blush, dan lipstick, peserta bisa mendapatkan tampilan cantik nan memukau. Berikut beberapa ringkasan cara merias wajah ala Ryan Ogilvy menggunakan produk Maybelline yang bisa Anda coba di rumah.





    1. Membersihkan Wajah

    Langkah awal ini memiliki peranan penting untuk tampilan akhir dari hasil riasan wajah, sehingga penting untuk Anda memastikan kebersihan wajah sebelum mulai merias. Ryan menyarankan untuk menggunakan Eye & Lip Makeup Remover dari Maybelline agar wajah dapat tampil bersih dalam waktu cepat. Setelah itu Anda bisa lanjutkan dengan pemakaian moisturiser, pelembap bibir, dan eye cream sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Perlu diingat, moisturiser tetap perlu dikenakan walau jenis kulit Anda adalah berminyak. Hanya saja jenis pelembap yang Anda kenakan ialah yang bertekstur gel dan dapat memberikan efek matte pada wajah.


    2. Pengaplikasian Foundation dan Concealer

    Setelah wajah dirasa sudah siap, aplikasikan foundation secara merata pada permukaan wajah. Media pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan selera Anda, seperti dengan menggunakan kuas ataupun beauty blender. Namun untuk Ryan pribadi, ia lebih menyukai pengaplikasian dengan jari tangannya agar foundation dapat terserap dengan baik oleh kulit. Setelah itu, Anda bisa menambahkan concealer untuk menyamarkan beberapa noda pada wajah. Pada workshop kali ini, Erica menggunakan Super Cushion Ultra Cover BB Cream dan Fit Me! Concealer.

    3. Cara Menggunakan Contour 

    Agar mendapat tampilan wajah tirus yang sempurna dan proporsional untuk sehari-hari, pilihlah varian warna contour yang lebih gelap 2-3 hingga tingkat dari rona kulit. Untuk bagian pipi, aplikasikan dari ujung daun telinga hingga ke antara atas bibir secara perlahan (tepat di bawah tulang rahang). Dan untuk bagian hidung, shading dapat dimulai dari sisi pinggir batang hidung ke arah sayap hidung, kemudian dilanjutkan dengan blend ke arah atas hingga di bagian bawah alis. Untuk mempercepat penggunaan contour dan highlight cream, Anda bisa menggunakan V Face Duo Stick.


    4. Memakai Bedak Tabur atau Bedak Padat

    Antara penggunaan bedak tabur atau bedak padat dapat dipilih sesuai kebutuhan. Apabila Anda menyukai tampilan natural, bedak dengan tekstur padat dapat diabaikan. Namun jika Anda perlu menutupi beberapa noda pada wajah, pakailah bedak padat sebagai solusi tampilan flawless. Di workshop ini, Ryan memilih Fit Me Loose Finishing Powder untuk dikenakan Erica.


    5. Merias Mata

    Agar mendapatkan tampilan baru, tak ada salahnya untuk mencoba pengaplikasian teknik smokey eyes. Pada workshop ini, host dipandu secara online oleh Ryan untuk merias mata dengan teknik tersebut menggunakan Rock Nudes Palette. Pertama-tama aplikasikan warna biru sebagai rona dasar pada kelopak mata. Kemudian beri sedikit warna hitam pada sudut luar mata yang dibaur ke arah atas. Setelah kedua warna tersebut tercampur dengan sempurna, tambahkan sedikit rona silver pada bagian sudut dalam mata atau yang biasa dikenal dengan sebutan "belek artis". Lalu untuk sentuhan akhir, tambahkan sedikit warna biru yang tadi sudah dikenakan untuk diaplikasikan pada bagian bawah mata. 

    Aplikasi eyeliner serta mascara, bisa Anda sesuaikan dengan selera pribadi. Tips dari Ryan agar bulumata terlihat lentik dalam jangka waktu cukup lama ialah panaskan penjepit bulu mata terlebih dahulu menggunakan hair dryer. Kemudian tunggu hingga tingkat kehangatan berkurang dan dirasa sudah aman jika tersentuh kulit, mulailah jepit bulu mata Anda seperti biasanya. Tujuan dari penjepit bulu mata yang dipanaskan tersebut agar dapat berfungsi layaknya penggunaan hair straightener pada rambut. Agar tampilan mata terlihat sempurna, pilihlah produk Hypersharp Power Black dan Total Temptation Waterproof Mascara sebagai pelengkapnya.


    Beralih pada bagian alis, Anda bisa mengaplikasikan Fashion Brow Cream Pencil dan Fashion Brow Mascara setelah mengukur panjang alis. Untuk ukuran proporsional, tentukan terlebih dahulu garis pertama yang terletak pada bagian tengah cuping hidung. Lalu garis kedua yang berada di tengah sudut mata, dan garis terakhir yang berada dari bagian tengah cuping hidung menuju ke samping sudut mata.


    6. Penerapan Highlighter dan Perona Pipi

    Penggunaan highlighter yang tepat berada di tulang pipi bagian atas. Tips dari Ryan, tambahkan sedikit highlighter pada bagian cuping hidung dan atas bibir untuk tampilan kulit glowing. Lalu untuk blush on, Ryan memilih Color Show Blush untuk dikenakan Erica. Agar perona pipi dapat berada pada posisi yang tepat, Anda perlu tetap pada posisi tersenyum ketika mengaplikasikannya.


    7. Memilih Rona Lipstick

    Jika Anda memilih riasan mata dengan teknik smokey, ada baiknya untuk memakai lipstick berwarna nude. Namun, jika Anda menginginkan tampilan yang cukup berani, lipstick berona pink bisa menjadi solusinya. Pada workshop ini, Erica menggunakan Color Sensational The Powder Mattes dengan rona Fierce Fuschia.



    Foto Peserta Zoom Ryan Ogilvy


    Pada penghujung acara, Ryan membagikan tips terakhir untuk inspirasi riasan wajah di hari raya Idul Fitri pada tahun 2020 ini. "Untuk lebaran nanti, mungkin Anda bisa mencoba beberapa rona turunan dari warna merah muda yang sedang menjadi tren, seperti palet eyeshadow terbaru dari Maybelline. Jangan takut untuk mengeksplorasi berbagai produk makeup, karena merias wajah itu menyenangkan dan dapat meningkatkan suasana hati" ujarnya.

    Antusias tinggi dari para peserta membuat durasi workshop yang berlangsung selama 120 menit hanya terasa seperti 15 menit. Pada akhir acara, para peserta mendapatkan e-certificate dan e-voucher dari Maybelline sejumlah 200.000 rupiah. Untuk Anda yang ingin mengisi waktu luang sembari di rumah saja, intip akun instagram @mra.academy untuk mendapatkan berbagai informasi workshop online menarik lainnya.











- RELATED ARTICLE -