• Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Berolahraga

    Culture / Tips


    Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Berolahraga
    (Foto Courtesy of Roman Iegoshyn©123RF.com)

    Mengonsumsi makanan yang salah sebelum berolahraga dapat menggangu aktivitas olahraga.


    Mengonsumsi makanan yang tepat dan bergizi sebelum berolahraga bertujuan untuk memberi energi dan membuat tubuh tetap fit. Jika Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong, tentu tubuh tidak akan memiliki cukup energi untuk berolahraga secara maksimal.

    Seperti yang disampaikan oleh David Wiener seorang spesialis nutrisi, jika Anda berolahraga dengan perut kosong, tubuh Anda tidak akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan yang terbaik. Meskipun begitu, Anda tetap perlu untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga. Sebab, mengonsumsi makanan yang salah sebelum berolahraga justru sama halnya dengan tidak makan apa-apa sama sekali.

    Itu karena, alih-alih menguatkan Anda saat berolahraga, mengonsumsi makanan yang salah sebelum berolahraga justru dapat membuat semua energi Anda akan digunakan untuk mencerna makanan tersebut. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi beberapa makanan berikut ini sebelum Anda berolahraga.





    Makanan kaya serat

    Pada dasarnya, makanan kaya serat seperti pasta gandum, roti gandum, atau sereal kaya serat bagus dan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama, serta mengontrol sistem pencernaan. Namun sayangnya, makanan kaya serat sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

    Mengapa? Karena makanan kaya serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, kram perut, perut kembung, yang tentu saja dapat mengganggu olahraga. 


    Makanan pedas

    Mengonsumsi makanan pedas memang dapat menggugah selera makan, tetapi sebaiknya hindari makanan ini sebelum berolahraga. Ini karena, makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau mulas, yang tentu dapat membuat Anda akan merasa tidak nyaman saat berolahraga. Tak hanya itu saja, makanan pedas juga dapat meningkatkan risiko kram perut yang tentu saja dapat mengganggu olahraga. 


    Makanan asin

    Hindari makanan asin sebelum berolahraga, karena dapat memicu rasa haus sehingga meningkatkan peluang Anda mengalami dehidrasi. Jika Anda terpaksa harus mengonsumsi makanan asin sebelum berolahraga, pastikan Anda mengimbanginya dengan minum lebih banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan kram, yang keduanya tentu saja tidak Anda inginkan terjadi saat berolahraga.



    Makanan terlalu manis

    Dosis gula yang tinggi mungkin menawarkan sumber energi yang cepat, namun gula juga akan terbakar dengan cepat sehingga dapat menyebabkan Anda cepat merasa lesu dan lelah saat berolahraga. Sebagai alternatif, jika Anda membutuhkan sumber energi cepat sebelum berolahraga, pilih opsi yang lebih sehat seperti pisang, yang juga menawarkan nutrisi penting bagi tubuh.


    Makanan berat

    Perlu diketahui, tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan berat seperti makanan dengan tekstur creamy atau makanan yang digoreng. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan beberapa gangguan pencernaan yang serius jika Anda mengonsumsi makanan seperti ini sebelum berolahraga. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan seperti ini, pastikan Anda untuk menyelesaikannya maksimal dua jam sebelum berolahraga. 


    Makanan cepat saji

    Meskipun menggoda, namun ada baiknya jika Anda menghindari makanan cepat saji sebelum berolahraga. Mengapa demikian? Dikutip dari Web MD, ini karena sebagian besar makanan cepat saji tinggi lemak dan gula yang dapat membuat Anda mendapatkan hasil yang tidak maksimal dari berolahraga. 




    (Foto: Courtesy of Roman Iegoshyn©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -