• Kebiasaan Pada Pagi Hari yang Membuat Berat Badan Mudah Naik

    Culture / News


    Kebiasaan Pada Pagi Hari yang Membuat Berat Badan Mudah Naik

    Hentikan kebiasaan ini untuk mencapai bentuk tubuh yang Anda inginkan.


    Setiap wanita tentu tahu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda dambakan, bukan hanya Anda perlu berolahraga secara konsisten, namun menerapkan pola diet yang sesuai juga merupakan salah satu faktor yang memerankan peranan penting dalam keberhasilan usaha Anda. Namun apakah Anda tahu sebenarnya ada satu faktor lagi yang tak kalah krusial dari kedua hal yang telah disebutkan di atas?

    Ya benar, ada satu faktor esensial lagi yang harus mulai diterapkan dalam pola hidup Anda dan itu adalah menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Untuk dapat membentuk tubuh dan mempertahankan berat badan yang Anda inginkan, Anda harus mengubah kebiasaan makan dan gaya hidup Anda untuk selamanya.

    Inilah saat yang tepat untuk mengevaluasi kembali pola hidup Anda selama ini dan mengubah kebiasaan pagi Anda dengan pola yang lebih sehat! Simak penjelasan di bawah ini karena kami telah merangkum 10 kebiasaan buruk pada pagi hari yang dapat menyebabkan berat badan Anda mudah naik. 





    1. Tidak mengonsumsi secangkir air hangat di pagi hari


    Meneguk segelas air hangat di pagi hari adalah kebiasaan yang baik untuk tubuh Anda terutama jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan. Secangkir air hangat diklaim dapat membantu meningkatkan energi, sistem kekebalan tubuh dan metabolisme Anda.


    2. Tidak membuka tirai gorden sesaat setelah Anda bangun


    Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapat paparan sinar matahari di pagi hari cenderung memiliki IMT yang jauh lebih rendah ketimbang dengan mereka yang lebih senang berlama-lama berada dalam keadaan ruangan yang gelap. (Indeks Massa Tubuh atau IMT adalah tolok ukur untuk menilai standar berat badan Anda)


    3. Anda memeriksa telepon Anda terlebih dahulu


    Ketika pertama kali membuka mata Anda di pagi hari, usahakan jangan pernah mencari telepon Anda sebelum Anda melakukan ritual sehat di pagi hari. Lebih baik mulai hari Anda dengan peregangan dan sarapan sehat.


    4. Tidak melakukan peregangan


    Peregangan adalah cara terbaik untuk memulai hari Anda dan membuat tubuh Anda lebih berenergi. Dengan tekun melakukan peregangan setiap hari, hal ini juga dapat membantu Anda meningkatkan fleksibilitas dan mengencangkan tubuh Anda.


    5. Tidak melakukan meditasi di pagi hari 


    Walaupun meditasi bukanlah hal yang biasa dilakukan oleh semua orang, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membiasakan diri Anda untuk mulai melakukan meditasi di dalam gaya hidup Anda. Salah satu sisi positif dari meditasi adalah dapat membantu Anda mengontrol selera makan Anda. Atau jika Anda ingin menghindari stres berlebih dan menurunkan tekanan darah, ada baiknya Anda memulai hari Anda dengan bermeditasi.



    6. Anda melewatkan sarapan

    Salah satu persepsi yang juga sering salah di kalangan orang-orang yang baru memulai program diet adalah mereka memilih untuk melewatkan sarapan. Padahal sarapan adalah hidangan terpenting dari seluruh makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari. Sarapan dapat mengisi tubuh Anda dengan energi dan menstabilkan kadar glukosa untuk bekal Anda menjalani aktivitas di sepanjang hari. Dengan melewatkan sarapan, justru dapat memperlambat metabolisme dan membuat berat badan Anda lebih cepat naik.


    7. Mengonsumsi karbohidrat yang salah


    Anda harus membatasi konsumsi karbohidrat sederhana seperti roti putih, kue, pasta dan beralih meningkatkan konsumsi karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, beras merah, gandum, buah beri dan buah-buahan yang berair (seperti apel, semangka, nanas, buah naga, dll) .


    8. Anda memilih pakaian yang salah

    Jika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, ada baiknya Anda memilih jenis pakaian yang lebih longgar agar Anda selalu merasa nyaman. Jangan menyiksa diri Anda dengan baju-baju yang ketat.


    9. Anda tidak melacak berat badan Anda


    Walaupun di satu sisi dapat membawa stres kepada diri Anda, studi terbaru menunjukkan bahwa orang-orang dengan tubuh ideal, mereka cenderung lebih sering menimbang dirinya mereka sendiri setiap hari dan memiliki hasil penurunan berat badan yang lebih baik ketimbang dengan mereka yang tidak melacak berat badan mereka sama sekali. Pandanglah ini menjadi sesuatu yang positif, dengan selalu mengontrol berat badan Anda secara berkala, ini dapat menjadi pemicu semangat untuk tetap konsisten dan lebih giat menjalankan program diet Anda.


    10. Anda tidur terlalu lama


    Tidur yang cukup adalah kunci utama untuk hidup yang lebih sehat. Menurut para ahli, idealnya Anda cukup tidur 8 jam sehari. Di satu sisi, tidur berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda, karena dapat mengundang masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes.




    (Foto: Courtesy of @anais.espinha, @madziekko, @mulatka1227, @jinaehan, @banyanbotanicals, @yoga.by.angie, @iamrosatheexplorer, @myeufy.official, @lara.korosec)










- RELATED ARTICLE -