• Tanaman Hias di Meja Kerja Dapat Tingkatkan Produktivitas

    People / News


    Tanaman Hias di Meja Kerja Dapat Tingkatkan Produktivitas

    Semua orang memuji potensi dari tanaman.


    Ketika karantina diri terus berlangsung di seluruh dunia, bekerja dari rumah telah menjadi hal baru bagi kebanyakan dari kita. Jadi menemukan cara mudah untuk menambahkan sentuhan bahagia ke ruang kerja kita, merupakan suatu hal lebih penting daripada sebelumnya, sebagai sarana untuk mengangkat semangat dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

    Penelitian baru menunjukkan bahwa membawa beberapa produk dari luar rumah yang dibawa masuk ke dalam, adalah cara yang bagus untuk membantu para pekerja bersantai sejenak dari kesibukannya di sepanjang hari. Pada studi baru, yang dilakukan oleh Bloom & Wild, meneliti dampak psikologis bunga pada tingkat produktivitas dan stres, membuktikan bahwa tanaman memiliki efek positif pada tubuh.

    Bloom & Wild, penemu kotak surat bunga, mengungkapkan bahwa beristirahat selama 30 menit dan merangkai bunga dapat melambankan detak jantung peserta dan mampu mengurangi kecemasan. 90% dari peserta mengatakan bahwa tingkat stres dapat berkurang berkat memfokuskan diri pada sesuatu kreatif, sementara 100% peserta mengatakan mereka merasa lebih bahagia ketika bekerja dengan bunga sebagai dekorasi ruangan mereka.




    Lowri Dowthwaite, seorang spesialis intervensi psikologis di University of Central Lancashire, mengatakan bahwa dampak dari bunga tersebut dikarenakan evolusi yang terjadi pada manusia. "Ada banyak teori psikologis mengenai aktualisasi diri, yaitu tentang menjadi diri Anda yang sejati dan menjadi manusia seutuhnya. Ini berkaitan dengan tempat Anda berasal, dan alam merupakan tempat kita berasal. Ketika kita bersama dengan alam, maka secara otomatis kita merasa lebih di rumah," ungkapnya.

    Bunga adalah pengalaman yang berhubungan dengan pancaindra, dari warna-warna cerah hingga aroma memikat, sehingga mereka memiliki kekuatan untuk merangsang beberapa bahan kimia 'bahagia' di dalam otak, termasuk dopamin, oksitosin, dan serotonin. Seperti yang dijelaskan Lowri, perubahan biokimia yang terjadi dalam tubuh ini dapat sangat membantu selama masa-masa stres.


    farmhouse-style-flower-arrangement-farmhouse-royalty-free-image-1589705132



    "Secara umum, endorfin lah yang berhubungan dengan kesejahteraan sehingga Anda akan mengalami pelepasan dopamin yang merupakan hormon perasaan baik. Mungkin serotonin, dan oksitosin yang merupakan hormon pengikat," katanya. "Misalnya, jika seseorang menerima bunga dari orang yang dicintai atau teman khusus, ini dapat membantu mereka merasa lebih dekat dengan orang itu dan ketika kita merasa dekat maka secara otomatis kita akan melepaskan hormon yang disebut oksitosin yang merupakan hormon pengikat - hormon tersebut dapat membantu kita untuk merasa lebih terhubung dengan orang lain dan melakukan hal itu selama masa stres ini merupakan langkah yang benar-benar penting."

    Dan tidak perlu meninggalkan rumah untuk mendapat manfaat dari sedikit terapi alami - penelitian telah menunjukkan bahwa melihat tanaman dapat memberikan dampak yang sama baiknya. "Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kita dapat, sebisa mungkin, merasa seperti ke luar rumah dan berkoneksi dengan alam meskipun secara fisik berada ada di dalam rumah" jelas Lowri. Kekuatan bunga sangat dibutuhkan.




    (Penulis: Jessica Vince); Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Elizabeth Michelle; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -