• Ini Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

    Beauty / News


    Ini Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

    Yang sebaiknya Anda lakukan ketika masalah kulit muncul di punggung dan dada.


    Jika Anda belum pernah mengalami masalah jerawat seumut hidup, maka Anda adalah salah satu orang yang beruntung. Akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa Anda kebal terhadap apa yang kini menjadi efek samping akibat lockdown, yakni munculnya jerawat di punggung atau bacne. Meskipun wajah terlihat mulus, kulit dada, punggung, dan bahkan pantat pun dapat mengalami masalah. Salah satu pemicunya adalah karena Anda berkeringat. Terdengar tidak menyenangkan, tetapi dengan melakukan olah raga di rumah dan rutinitas yang baru, orang-orang cenderung melanjutkan aktivitasnya dengan sarapan, membuka emal, dan home schooling di pagi hari sebelum membersihkan badannya. Nyatanya, survei terbaru menemukan bahwa sebanyak 73 persen orang tidak langsung mandi setelah berolah raga.

    “Punggung Anda layaknya kulit wajah yang memiliki kelenjar sebasea dan berfungsi untuk mengeluarkan sebum yang dapat berkumpul dengan sel kulit mati, bakteri, kotoran, dan keringat untuk menahan folikel rambut sehingga menyebabkan inflamasi pori-pori dan memicu munculnya jerawat di punggung,” jelas dokter Tina Meder, seorang ahli dermatologi dan pendiri dari Meder Beauty Science. Maka dari itu, semakin lama Anda menunda mandi, semakin besar pula kesempatan bakteri untuk berkembang biak karena Anda tidak membersihkan keringat.

    Hal lain yang juga sebaiknya dihindari adalah tetap memakai baju olah raga Anda usai bergerak dan ini dapat memperbesar masalah. “Material yang ketat dan lembap umumnya membuat kulit sulit bernapas serta dapat menahan minyak dan kulit mati selama berjam-jam sehingga menyebabkan masalah kulit,” lanjut Tina. Bukan hanya itu yang dapat menyebabkan bintik-bintik, namun juga gesekan. “Bagian pilo-sebasea kita (dasar pori-pori) tidak senang jika terganggu dan mekanisme pertahanan mereka adalah dengan cara membengkak,’ kata Pamela Marshall, seorang ahli estetika klinis dan pemilik klinik Mortar and Milk. Peradangan yang terjadi karena pergesekan terus-menerus dengan folikel rambut inilah yang menyebabkan benjolan di pantat Anda yang secara profesional dikenal dengan istilah buttne atau folikulitis. “Jika folikulitis menjadi tidak terkendali dan infeksi semakin parah maka kondisi ini dikenal sebagai karbunkel yang merupakan bisul bernanah di kulit. Mirip seperti kista jerawat,” ungkap Tina. Jika semua itu belum membuat Anda ingin segera mandi, kami tidak tahu lagi apa yang akan terjadi.




    Bagi mereka yang segera mandi setelah menyelesaikan sesi olah raganya, perlu diketahui bahwa menggunakan baju olah raga yang sama beberapa kali juga berbahaya. Survei sama yang kami kutip juga menunjukkan bahwa sebanyak 31 persen orang-orang memakai baju yang sama keesokan harinya hingga empat sesi selanjutnya sebelum menaruhnya di keranjang laundry. Kenyataannya, Anda harus mencuci baju olah raga Anda usai melakukan HIIT selama 20 menit karena bakteri dan keringat yang Anda keluarkan masih menempel di baju Anda ketika Anda mengenakannya kembali sehingga Anda menjadi lebih rentan terkena masalah kulit.


    Kondisi lain yang menyebabkan bisul di tubuh

    Keringat yang keluar setelah olag raga adalah pemicu besarnya, namun itu bukanlah satu-satunya penyebab. Penelitian menunjukkan bahwa ada kaitan antara stres dan munculnya bisul terutama di punggung, sementara hormone yang menyebabkan jerawat di wajah juga mempengaruhinya. “Terlalu banyak androgen atau hormone pria juga sering menjadi penyebab di balik masalah kulit pada pria maupun wanita,” jelas Pamela. “Bagi wanita, kita akan mengalami perubahan hormon baik pada saat akan memasuki masa menstruasi, hamil, menyusui, atau mengalami PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Ketika jumlah androgen bertambah banyak maka tubuh akan memberikan pesan kepada kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak minyak,” lanjutnya. Sekalinya pori-pori Anda tertutup dengan minyak, bakteri dapat bergerak di permukaan kulit sehingga menyebabkan peradangan dan bintik-bintik.

    Hal lain adalah soal gaya hidup yang perlu diperhatikan. Sama seperti masalah penggunaan baju olah raga yang dapat memperburuk masalah, demikian pula dengan sprei tempat tidur Anda yang kotor. Oleh karenanya, cuci sprei Anda setiap minggu untuk melihat perbedaannya. Whey protein pun menjadi biang lainnya yang menjadi perhatian bagi Pamela karena zat ini dapat menstimulasi androgen. Bagaimana cara Anda membersihkan badan adalah aspek lain yang perlu diperhatikan. “Alasan umum lainnya yang memicu jerawat di tubuh adalah kondisioner rambut karena cairan ini diformulasikan untuk menempel di folikel rambut. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang kerap menderita jerawat seperti ini, ubahlah cara Anda mandi sehingga tubuh Anda tersiram bersih setelah kondisioner rambut telah terbilas,” katanya.

    Berbicara tentang rambut di tubuh, Charlie Mitchell selaku konsultan ahli dermatologi mengatakan bahwa penting bagi Anda untuk membersihkan tubuh searah dengan pertumbuhan rambut. Artinya, Anda mandi dengan mengusapkan sabun di lengan dan kaki ke arah bawah, bukan menggosoknya naik-turun berulang kali karena hal ini dapat membuat folikel teriritasi dengan memaksanya bergerak di arah yang berbeda. Untuk area yang tidak ditumbuhi rambut, ia menyarankan untuk mengusapnya dengan gerakan memutar. Jangan pula membersihkannya secara berlebihan. “Membersihkan tubuh secara rutin memang bermanfaat, namun jika terlalu sering dapat menimbulkan efek merusak karena menghilangkan sebum alami yang digunakan oleh kulit sebagai alat pertahanan terhadap hal-hal di luar kulit,” katanya.


    Apakah produk juga dapat menyebabkan masalah?

    Produk yang mengahangi pori-pori dapat memperburuk masalah jerawat pada kulit dan menyebabkan peradangan, namun itu semua bukan satu-satunya penyebab. Jika Anda ingin lebih cermat terhadap produk kecantikan yang Anda gunakan, penting untuk menghindari produk dengan komposisi yang berpotensi komedogenik (menutup pori-pori). “Ini termasuk minyak, silicon, wewangian, lanolin, petrokimia (seperti parafin, lilin, minyak mineral, atau petrolatum) dan natrium klorida. Anda mungkin tidak akan berpikir bahwa garam tidak digunakan di dalam formulanya, namun zat ini biasanya digunakan sebagai bahan pengental, terutama pada make-up badan,” jelas dokter Charlene DeHaven, Direktur Klinis dari iS Clinical.

    Dari segi produk, kandungan tersebut biasanya terdapat dalam body lotion dan minyak yang wangi, serta mineral SPF yang tidak mengandung formulasi mikronisasi seng dan titanium dioksida. Berhati-hatilah dalam memilih make-up tubuh yang saat ini tengah populer/ Pilihlah formula berbahan dasar air dan hindari komposisi seperti bismuth oxychloride (yang memberikan hasil berkilau pada bedak namun dikaitkan dengan jerawat kistik) dan mika, silica, serta bedak yang dapat ditemukan di bronzer yang dapat mengiritasi kulit terinflamasi,” lanjutnya. Sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda senang menggunakan produk décolletage namun rentan mengalami bintik-bintik di area itu.


    Bagaimana mengatasi bacne

    Seringkali, komposisi aktif di produk yang sama seperti yang Anda gunakan untuk wajah dapat mengatasi bintik-bintik jerawat pada tubuh dengan sangat baik dan semakin banyak formulanya. Sebagai seorang ahli dermatologi, dokter Anjali Mahto menjelaskan kepada Bazaar pada video #SkinSchool, asam salisilat AHA seperti asam glikolat, laktat, dan malat dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, niacinamide, seng, benzoil peroksida, dan bahkan tea tree merupakan bahan yang bagusn untuk mengobati bintik-bintik.

    Prebiotik dan probiotik juga dapat membantu menjaga kadar pH kulit yang perlu diseimbangkan sehingga dapat berfungsi dengan baik (terutama saat Anda berolahraga karena keringat dapat mengubah kadar Ph). Saat mandi, gunakan produk seperti Dermalogica’s Active Clay Cleanser setiap dua atau tiga hari yang dapat diaplikasikan pada wajah dan tubuh. Produk ini mengandung prebiotik untuk menjaga bakteri baik dan keseimbangan pH, clay untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat, ekstrak brokoli untuk menghaluskan pori-pori, dan tea tree untuk melembutkan. Untuk pembersihan yang lebih dalam, biarkan sejenak selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Selesai dengan urusan mandi, Pretty Athletic’s Sweatproof telah didesain untuk memperkuat penghalang kulit menggunakan prebiotik. Bahan yang secara spesifik diperuntukkan bagi para individu aktif (meskipun siapapun dapat memakainya), gel hidrasi ringan ini menyerap cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk berpakaian.



    Active Clay Cleanser

    Dermalogica

    skincity.co.uk

    Harga: 35.00 Pound Sterling (sekitar 630.000 rupiah)


    Sweatproof: Neutralising Hydration Gel

    Pretty Athletic

    prettyathletic.com

    Harga: 24.00 Pound Sterling (sekitar 431.000 rupiah)


    AHA/PHA Clear Skin Body Resurfacer

    Skincity

    skincity.co.uk

    Harga: 22.00 Pound Sterling (sekitar 396.000 rupiah)


    Blemish Control Pads

    Medik8

    skincity.co.uk

    Harga: 26.00 Pound Sterling (sekitar 468.000 rupiah)



    Mengenai zat asam penting, Skincity Skincare AHA/PHA Clear Skin Body Resurfacer mengandng 10 persen AHA dan 10 persen PHA untuk mengeksfoliasi dan menghidrasi kulit sementara Mahto merekomendasikan Medik8’s Blemish Control Pads yang sebelumnya direndam dalam asam salisilat untuk melarutkan kotoran dan minyak. Atau untuk area-area yang sulit, Anda dapat menggunakan Cosrx’s AHA/HA Clarifying Treatment Tonerthat yang mempermudah Anda untuk menjangkau bagian tengah punggung.

    Lisa Kordecki, seorang kepala ahli terapi di Skincity.co.uk juga merekomendasikan untuk menambah produk dengan kandungan vitamin A untuk membantu membuka pori-pori, mengurangi kemerahan, dan mengurangi goresan. Kami senang dengan produk Paula’s Choice Skin Smoothing Retinol Body Treatment dan iS Clinical’s Body Complex. Keduanya dapat digunakan saat pagi maupun malam hari, namun lengkapi dengan penggunaan SPF jika Anda memakainya di pagi hari.


    AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

    COSRX

    lookfantastic.com

    Harga: 20.00 Pound Sterling (sekitar 360.000 rupiah)


    Skin Smoothing Retinol Body Treatment

    Paula's Choice

    paulaschoice.co.uk

    Harga: 33.00 Pound Sterling (sekitar 594.000 rupiah)


    Body Complex

    iS Clinical

    isclinical.co.uk

    Harga: 58.00 Pound Sterling (sekitar 1.044.000 rupiah)



    Aftercare

    Clinisept+

    mortarandmilk.com

    Harga: 15.00 Pound Sterling (sekitar 270.000 rupiah)


    Terakhir, Anda dapat menggunakan produk rekomendasi Pamela untuk mengatasi bacne yakni Clinisept + Aftercarre. Berperan sebagai disinfektan bagi kulit, produk ini melindungi kulit Anda dari infeksi dan membantu mengobati jerawat. “Harganya tidak mahal dan dapat memperbaiki kulit Anda dengan lebih cepat. Saya meggunakannya untuk membasmi bakteri,” katanya.

    Mengenai jangka waktu yang diperlukan untuk melihat hasil akhirnya, setidaknya membutuhkan waktu minimal dua minggu meskipun lebih banyak bintik-bintik yang meradang perlu perawatan lebih ekstra sebelum menghilang. “Perlu waktu selama 28 hari agar kulit kembali pulih, namun kelenjar akan lebih permanen dan memiliki strutur yang lebih dalam,” jelas Charlie. “Akan tetapi selama pori-pori tersumbat yang teriritasi, menggosok kulit secara berlebihan, atau membuat kulit berada dalam keadaan lembap terlalu lama data dihindari, kulit seharusnya bisa membaik,” lanjutnya. Semoga saja dengan senjata aktif dan cara baru yang Anda terapkan saat mandi usai berkeringat ini dapat membantu jerawat tubuh hilang secepatnya.




    (Penulis: Becci Vallis Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)



    Tags : jerawat







- RELATED ARTICLE -