• MRA Academy Adakan Workshop Online Bersama Davy Linggar

    People / Report


    MRA Academy Adakan Workshop Online Bersama Davy Linggar

    Kelas online yang berbagi kisah pemotretan Editorial Fashion melalui sudut pandang salah satu fotografer ternama di tanah air.


    Merindukan momen ketika masih bisa keluar dari rumah untuk mengikuti berbagai kegiatan aktif, merupakan hal yang sedang dialami oleh kebanyakan orang. Dihadapkan dengan situasi pandemi yang masih belum berakhir, hadirlah MRA Academy yang menggelar beragam kelas online seru dan interaktif.

    Salah satunya adalah workshop bertajuk “Fashion Editorial from the eyes of Davy Linggar” yang baru saja digelar pada akhir pekan lalu (09/05). Acara ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom dan telah diikuti oleh 93 peserta.






    Davy Linggar sendiri merupakan sosok seniman profesional yang aktif secara lokal dan internasional dalam bidang foto, gambar, lukisan, dan instalasi yang ditampilkan dalam pameran kolektif. Salah satu instalasinya yang paling berkesan adalah karya kolaboratif dengan Agus Suwage pada tahun 2005 yang berjudul "Pinkswing Park".

    Kelas online ini dimulai dengan sapaan moderator yaitu Yudith Kindangen (Fashion Editor Harper’s Bazaar Indonesia) yang juga memperkenalkan dua narasumber yaitu Davy Linggar selaku fotografer dan Michael Pondaag sebagai Fashion Director Harper’s Bazaar Indonesia.

    “Bicara perubahan foto, saya jarang mengikuti tren. Saya lebih sering mengikuti kata hati,” ujar Davy Linggar. Berbagai kisah dan pengalaman ketika berkaya menghasilkan ragam foto editorial bersama majalah Harper’s Bazaar juga ia dibagikan pada kelas ini.

    Berikut beberapa cuplikan dari workshop kemarin. 


    Workshop Davy Linggar 3


    Pada saat pemotretan di studio, melakukan tes lighting merupakan sesuatu yang wajib. Proporsi harmonis antara tata ruang dan posisi model di dalam foto perlu Anda perhatikan agar sesuai dengan rule of thirds.


    Workshop Davy Linggar 2



    Beralih pada foto outdoor, Davy Linggar membagikan berbagai pengalamannya ketika melakukan pemotretan editorial bersama Michael Pondaag pada waktu di Bali. Semisal pemilihan waktu yang tepat untuk melangsungkan pemotretan agar pencahayaan dari alam dapat tertangkap bagus di kamera, atau beberapa pengambilan segi angle yang baik, hingga sejumlah jenis lighting pendukung yang perlu dipakai untuk mendapatkan efek seperti yang diinginkan. 




    Tak hanya membagikan pengalaman pemotretan yang dihasilkan dalam ragam rona, trik membidik dalam nuansa black and white pun turut dibahas. Pada kesempatan ini, para peserta telah mendapatkan sejumlah ilmu untuk menyiasati pengambilan angle dari bawah dengan tepat, serta mengemasnya secara editorial.

    Setelah acara berakhir, para peserta mendapatkan e-certificate sebagai bentuk apresiasi sudah berpartisipasi pada kelas online tersebut. Bagi Anda yang belum sempat bergabung, intip akun instagram @mra.academy untuk mendapatkan berbagai jadwal kelas online menarik lainnya.




    (Foto: Courtesy of MRA Academy)









- RELATED ARTICLE -