• Trik Mendekorasi Rumah Saat Hari Raya Idulfitri

    Culture / Tips


    Trik Mendekorasi Rumah Saat Hari Raya Idulfitri

    Maksimalkan sudut-sudut di rumah Anda dengan dekorasi yang teduh dan klasik saat merayakan hari raya Idulfitri.


    Hari raya Idulfitri sudah semakin dekat, tentu Anda sudah memiliki rencana untuk merayakannya dengan keluarga terdekat. Meski pandemi sedang berlangsung, tak berarti Anda tidak bersemangat mendandani rumah seperti masa sebelum pandemi ketika para keluarga besar datang untuk bersilaturahmi di hari raya. Untuk menggantikan tradisi tersebut sementara waktu, sebaiknya Anda dan keluarga cukup saling bertukar foto hari raya Idulfitri lewat media sosial.

    Untuk menciptakan foto keluarga inti yang bagus dan indah dipandang, tentu dibutuhkan latar belakang sudut ruangan yang instagrammable dan mencerminkan nuansa hari raya Idulfitri yang teduh. Jadikan pula sudut ruangan tersebut sebagai area berkumpul bersama keluarga inti sembari merayakan hari raya Idulfitri bersama-sama dengan hangat.

    Berikut tips-tips yang dapat Anda aplikasikan di kediaman Anda.






    Meski ruangan di rumah Anda didesain minimalis atau mungkin tak memiliki unsur desain ala Timur Tengah, bukan berarti Anda tidak bisa mengubahnya menjadi sudut ruangan yang menyajikan konsep khas bulan ramadhan.

    Cukup gunakan teko, baki, hingga cangkir berwarna emas dan pilih desain perlengkapan dekoratif tersebut yang merepresentasikan gaya khas Timur Tengah seperti teko jenis Dallah hingga cangkir kopi dan teh khas budaya Turki yang antik dan eksotis yang rata-rata terbuat dari bahan porselen.

    Kemudian, tambahkan juga beberapa jenis board games yang dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga dan untuk menghindari rasa bosan meski harus merayakan hari raya Idulfitri di rumah.



    Hari raya Idulfitri adalah hari ketika kita semua diajak untuk saling bermaafan, biasanya seluruh anggota keluarga akan berkumpul bersama dan meminta maaf kepada anggota keluarga seperti nenek, kakek, dan kedua orang tua.

    Sediakan sebuah sudut di rumah yang didedikasikan sebagai tempat untuk bermaafan kepada orang tua dengan meletakkan kursi tangan di samping meja kecil sebagai aksen yang dihiasi oleh vas bunga, lilin, maupun foto berbingkai.

    Kemudian pasang karpet berwarna senada dengan kursi tangan yang akan mengelevasi tampilan ruangan.



    Jika selama ini Anda memiliki beberapa lukisan-lukisan atau fotografi berukuran kecil hingga medium yang disimpan begitu saja, kini saatnya Anda memasang beberapa koleksi Anda di dinding.

    Lalu, keluarkan juga patung-patung hingga hiasan antik milik Anda yang akan menjadi centerpiece saat Anda dan keluarga berfoto bersama di sudut tersebut.



    Untuk Anda yang ingin menambahkan kesan eksotis dan unsur tropis, upayakan pemasangan tumbuhan dengan bentuk daun yang besar-besar sebagai daya tarik di ruangan.

    Selain memberikan efek menyegarkan, tanaman-tanaman tersebut juga akan menyempurnakan suasana ruangan semi outdoor di rumah Anda. Pilih juga pajangan dari tanah liat yang dapat menggantikan fungsi pot tanaman biasa menjadi lebih harmonis secara estetika.




    Saat merayakan hari raya Idulfitri, tentu selain bersilaturahmi biasanya hari tersebut akan diwarnai oleh berbagai kegiatan makan bersama yang mempererat hubungan seluruh keluarga.

    Jangan biarkan meja makan Anda tampak 'kosong', dengan menggunakan berbagai alat makan dan piring ornamental dari bahan porselen. Jadikan sebuah warna sebagai benang merah di desain table setting yang akan Anda susun lalu tambahkan beberapa perangkat makan dengan warna kontras sebagai sentuhan yang colorful dan tentunya mendukung suasana festive di hari raya.



    Sebelum berfoto bersama keluarga di ruang keluarga, Anda dapat juga mengubah tampilan sofa di rumah dengan menginjeksikan nuansa khas Timur Tengah yang mengisyaratkan hari raya idul fitri.

    Tak perlu mengganti kulit atau bahan sofa saat itu juga, Anda dapat hanya mengganti sarung bantal di sofa Anda dengan sarung bantal yang berhiaskan embrodiery khas Timur Tengah. Jika merasa kurang puas dengan tampilan bantal saja, Anda bisa juga menggunakan throw blankets yang dapat menutupi seluruh bagian sofa milik Anda dan menyelimutinya dengan bordiran khas Timur Tengah yang eksotis.



    Buat juga sudut ruangan di rumah Anda menjadi lebih ekspresif dengan meletakkan berbagai vas bunga berukuran besar dengan motif yang menarik perhatian.

    Kemudian, tambahkan berbagai jenis bunga dengan warna-warna vibran yang akan menghidupkan suasana di ruangan. Anda bisa juga bereksperimen dengan pajangan berbentuk buah-buahan seperti lemon, apel, atau jeruk.



    Untuk Anda penyuka buku dan hobi mengoleksi coffee table book, jadikan sebuah sudut ruangan di rumah Anda sebagai representatif atas diri Anda dengan mendedikasikan sebuah meja panjang sebagai tempat untuk menumpuk buku-buku coffee table milik Anda. Kemudian, letakkan pajangan lampu di kedua sisi meja serta tumbuhan berwarna kontras yang akan membentuk pernyataan.

    Jadikan tampilan coffee table di atas sebagai referensi unik yang dapat menjadikan bagian kolong meja di rumah Anda tampak tak terduga, dengan meletakkan ottoman dan sebuah lukisan di atas karpet.




    (Foto: Courtesy of Instagram.com/@harpersbazaarinteriors, @townandcountrymag, @martynbullard, @kellywearstler, @schumacher1889)










- RELATED ARTICLE -