• Lakukan 4 Olahraga Ini Agar Suasana Hati Lebih Bahagia

    Beauty / Tips


    Lakukan 4 Olahraga Ini Agar Suasana Hati Lebih Bahagia

    Ternyata, tidak hanya baik untuk kesehatan, olahraga juga dapat membuat suasana hati lebih bahagia.


    Sebagaimana diketahui, olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata, tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda, olahraga juga dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih bahagia. Menurut penelitian yang dilakukan US Department of Health and Human Services, hanya dengan berolahraga 30-60 menit tiga sampai lima hari dalam seminggu dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia. 

    Seorang profesor psikologi dan direktur di Center for Cognitive and Brain Health, di Northeastern University., Art Kramer, Ph.D. , menunjukan bahwa olahraga memiliki kemampuan untuk mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik. Ketika berolahraga, detak jantung Anda meningkat dan tubuh Anda akan memompa lebih banyak oksigen ke otak. Hal ini dapat membantu mengurangi perasaan kecemasan dan depresi. 

    Berikut ini Bazaar merangkum beberapa olahraga yang dapat membuat suasana hati lebih bahagia. 





    1. Jalan sehat

    Jalan sehat setiap pagi atau sore hari dapat membantu membuat pikiran tenang, sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ini karena, berjalan kaki mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak yang membuat seseorang merasa lebih bahagia. Idealnya, Anda dapat berjalan sehat di taman atau berkeliling di sekitar rumah sambil mendengarkan musik.


    2. Berenang

    Berenang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat membantu membuat suasana hati lebih bahagia. Mengapa berenang dapat membuat seseorang merasa bahagia? Ini karena, saat berenang tubuh melepaskan hormon endorfin, yakni hormon pada otak Anda yang membuat mood menjadi lebih baik. Maka tak heran, dengan berenang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. 


    3. Olahraga outdoor

    Menurut penelitian yang dilakukan seorang psikologi, Dr, Kelly McGonigal menunjukan bahwa, berolahraga di luar ruangan dapat memiliki efek yang sama suasana hati seperti meditasi. Berolahraga di luar ruangan memiliki efek langsung pada suasana hati yang sangat kuat untuk depresi dan kegelisahan.

    Anda dapat melakukan olahraga outdoor seperti lompat tali, bersepeda, jogging atau panjat tebing. Olahraga outdoor mampu meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagian. 


    Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal Applied Psychology: Health and Well-Being menemukan bahwa berolahraga di luar ruangan yang teratur dapat memberi suasana hati lebih bahagia dibandingkan dengan berolahraga di dalam ruangan. Bahkan penelitian lain menunjukan bahwa olahraga di luar ruangan juga dapat membantu Anda memiliki kualitas tidur yang lebih baik. 


    4. Latihan aerobik

    Latihan aerobik selama 20-30 menit dipercaya mampu membantu tubuh Anda melepaskan hormon kebahagian yang disebut hormon endorfin dalam otak. Dengan kata lain, latihan aerobik dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, berpikir positif, dan memiliki kualitas tidur yang baik. 




    (Portofolio ini: Fotografer: Saeffi Adjie Badas, Editor fashion: Michael Pondaag, Model: Kelly Tandiono, Makeup: Angelika Samara, Hair: Arnold Dominggus, Retoucher: Raghamanyu Herlambang, Lokasi: PT MRT Jakarta, Asisten stylist: Elizabeth Michelle, Wardrobe: Puma X Balmain)









- RELATED ARTICLE -