• 10 Ritual Skincare Selama Bulan Ramadhan untuk Menjaga Kulit

    Beauty / Tips


    10 Ritual Skincare Selama Bulan Ramadhan untuk Menjaga Kulit
    Photo by Aiony Haust on Unsplash

    Saat berpuasa, pastikan kulit menerima nutrisi dan perhatian yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya.


    Saat berpuasa, mungkin beberapa asupan nutrisi yang biasanya terpenuhi dengan baik kini tak lagi tercukupi. Demi memberikan tubuh keleluasaan untuk menyerap nutrisi tersebut, sebaiknya konsumsi vitamin penunjang.

    Begitu pula halnya dengan kulit. Selain asupan yang dimakan sehari-hari, pastikan juga Anda memberi senjata ekstra agar ia senantiasa terlihat sehat, segar, dan terjaga kecantikannya selama berpuasa. Hal ini juga perlu dilakukan agar kulit berada dalam kondisi prima saat lebaran nanti.

    Berikut Bazaar kumpulkan beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit selama berpuasa di bulan Ramadhan.





    1. Minum Air Putih yang Banyak

    Setelah berbuka puasa hingga kembali berpuasa keesokan harinya, pastikan Anda mengonsumi air putih yang banyak. Air putih yang baik dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah yang tidak berwarna, berbau, dan berasa. Selain sehat bagi tubuh, air putih juga membantu menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik.


    2. Gunakan Perawatan Kulit dengan Tekstur yang Ringan

    Karena tinggal di daerah tropis dengan cuaca yang cenderung panas, sebaiknya tetap gunakan produk perawatan bertekstur ringan agar kulit bisa leluasa bernapas dan mengindari breakouts. Untuk  injeksi antipenuaan ekstra, pilih produk dengan kandungan vitamin C dan A.


    3. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

    Saat keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau berolahraga ringan, jangan lupa untuk memulaskan tabir surya dengan perlindungan dari UVA dan UVB yang diperkaya oleh SPF minimal 50. Sinar UV dapat memberi efek negatif pada kulit dan menyebabkan pigmentasi, sekaligus merusak kolagen dan elastin yang dapat memicu kerutan dan menyebabkan kulit menjadi kendur.


    4. Tidur yang Cukup di Malam Hari

    Untuk menghindari lingkaran hitam di sekitar mata yang bisa membuat Anda tampak seperti selalu kelelahan, dibutuhkan tidur yang cukup (sekitar delapan hingga sepuluh jam) setiap malam. Tubuh kita melalui berbagai perubahan di kala ritme sirkadian. Hormon berbeda bekerja untuk tujuan berbeda di siang dan malam hari. Begitu pula dengan peremajaan kulit. Tubuh akan bekerja maksimal dalam memperbarui sel kulit saat Anda tidur di malam hari.


    5. Aplikasikan Pelembap Dua Kali Dalam Sehari

    Melembapkan kulit di bulan Ramadhan sangat penting. Sebaiknya Anda mengaplikasikan pelembap dua kali dalam sehari di kulit tubuh dan wajah, di pagi dan malam hari. Produk hidrasi instan seperti facial mist juga sangat disarankan untuk digunakan di siang hari. 



    6. Hindari Riasan yang Tebal

    Ketika mengenakan riasan tebal seperti alas bedak bertekstur tebal dan concealer, apabila dikombinasikan dengan cuaca panas dan kurangnya asupan air putih, dapat menyebabkan breakouts. Pilih produk yang lebih ringan dan melembapkan seperti BB Cream atau pelembap bibir dengan ekstra SPF.


    7. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Terlalu Pedas atau Berminyak

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi makanan pedas dan berminyak dalam jumlah banyak dan frekuensi yang sering bisa menyebabkan jerawat atau masalah kulit lainnya. Bukan berarti tidak boleh, namun alangkah baiknya jika Anda mengurangi frekuensi dan jumlah konsumsi jenis makanan tersebut.


    8. Perbanyak Makanan Kaya Serat

    Sayur dan buah terbukti memiliki banyak kandungan vitamin yang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga kaya manfaat bagi kecantikan kulit. Saat berbuka puasa, coba tambahkan dua jenis makanan kaya serat ini ke dalam piring makan Anda.


    9. Ganti Sabun Cuci Muka Anda

    Demi menjaga kondisi kulit yang segar dan bersinar selama bulan Ramadhan, ganti sabun cuci muka Anda dengan produk yang mengandung asam glikolat atau glycolic acid (untuk kulit normal dan kering) dan asam salisilat atau salicylic acid (untuk kulit berminyak). Hal ini akan menjaga kelembapan dan hidrasi kulit agar tidak terangkat saat Anda mencuci muka.


    10. Eksfoliasi Teratur

    Jika kulit Anda berminyak, lakukan eksfoliasi dua kali dalam satu minggu. Bagi kulit normal, lakukan sebanyak satu kali dalam satu minggu. Sedangkan untuk si pemiliki kulit kering dan sensitif, eksfoliasi wajah satu kali dalam 10 hingga 15 hari. Eksfoliasi teratur berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang disebabkan oleh kekurangan asupan air, sehingga mampu mengembalikan kadar mineral alami di wajah dan menyeimbangkan produksi minyak.









- RELATED ARTICLE -