• Ini Dia Alasan Pentingnya Tidur Sebelum Tengah Malam

    People / News


    Ini Dia Alasan Pentingnya Tidur Sebelum Tengah Malam

    Ini mungkin menjelaskan mengapa Anda selalu merasa lelah.


    Jika Anda merasa selalu lelah akhir-akhir ini, mungkin ada hubungannya dengan jumlah waktu tidur dalam rutinitas tidur Anda.

    Tidur sebelum jam 12 malam adalah hal yang paling penting dan berharga, karena semuanya tergantung pada bagaimana tubuh kita merespons perubahan tingkat cahaya di malam hari.

    Dr Nerina Ramlakhan, ahli tidur dan penulis Tired But Wired: The Essential Sleep Toolkit, menjelaskan ilmu di baliknya kepada Stylist. "Setiap sel dalam tubuh terkait dengan gerakan bumi dan bulan," katanya. "Ini adalah ilmu - ada sinkronisasi di dalamnya."




    "Ada area di otak yang disebut penghitung waktu sirkadian yang membantu menyinkronkan gerakan dan fungsi setiap sel dalam tubuh ke tingkat cahaya dan kegelapan di lingkungan."

    Ia melanjutkan: "Jadi, ketika tingkat cahaya turun di bawah batas tertentu, itu mengirimkan pesan ke kelenjar pineal melalui mata, dan kemudian setiap sel dalam tubuh mulai menyesuaikan fungsinya."



    Dengan kata lain, ritme sirkadian kita sangat penting untuk mengatur tubuh kita - termasuk tekanan darah, suhu tubuh dan produksi hormon.


    Di bawah ini, Dr Nerina menguraikan jumlah tidur optimal yang harus kita dapatkan sebelum tengah malam agar kita merasa segar.

    "Fase 90 menit sebelum tengah malam adalah salah satu fase tidur yang paling kuat, karena ini adalah periode di mana tubuh diisi kembali," kata Dr Nerina. “Tubuh kita diremajakan di setiap tingkatan - secara fisik, mental, emosional dan, saya percaya, juga secara spiritual. Ada banyak penyembuhan yang terjadi pada fase pertama tidur itu."

    Ia juga mencatat bagaimana fase ini penting untuk mengatur ulang otak dan menurunkan tingkat adrenalin, dan menjadi sangat penting jika Anda merasa stres.




    (Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -