• Buah-Buahan yang Dapat Mencegah Dehidrasi

    Beauty / Tips


    Buah-Buahan yang Dapat Mencegah Dehidrasi
    (Foto Courtesy of puhhha©123RF.com)

    Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan kaya air.


    Dehidrasi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat berpuasa. Ini karena, ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan minuman yang cukup. Selain dengan minum air putih sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu.

    Berikut ini beberapa buah-buahan yang dapat mencegah dehidrasi saat puasa. Apa saja? Simak pemaparannya berikut ini!





    Jeruk

    Salah satu buah yang dapat mencegah dehidrasi yaitu buah jeruk. Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga memiliki bulir-bulir yang terdiri dari air, sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit saat berpuasa. 


    Semangka

    Jika Anda mencari buah yang dapat mencegah dehidrasi, buah semangka adalah salah satunya. Ini karena, sekitar 91 persen dari daging buah semangka terdiri atas air. Selain dapat mencegah dehidrasi, kandungan air dalam buah semangka juga dapat menyegarkan tubuh, menjaga kelembapan kulit, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tak hanya air, semangka juga kaya akan mineral seperti kalsium, potasium, magnesium, dan sodium yang dikenal baik untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.


    Melon

    Buah melon memiliki kandungan air sekitar 90 persen, sehingga bagus untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Selain dapat mencegah dehidrasi, buah melon juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi buah melon selama berpuasa akan sangat baik untuk mencegah dan mengatasi masalah dehidrasi. 


    Stroberi

    Ternyata, buah stroberi termasuk ke dalam daftar buah yang dapat mencegah dehidrasi saat berpuasa. Mengapa demikian? Ini karena, buah stroberi memiliki kandungan air sebesar 91 persen. Konsumsi buah stroberi akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Anda dapat mengonsumsi buah stroberi secara langsung atau juga diolah menjadi berbagai kreasi kudapan lezat. 



    Apel

    Buah berikutnya yang dapat mencegah dehidrasi saat berpuasa, yakni buah apel. Apel memiliki kandungan air sebesar 90 persen air. Selain itu, apel juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat mencegah munculnya masalah kesehatan lainnya. Buah yang memiliki rasa yang manis ini dapat Anda konsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus. 


    Persik

    Perlu Anda ketahui, buah persik mengandung air sebesar 90 persen air. Maka tak heran jika buah ini masuk ke dalam daftar buah yang bagus untuk mencegah dehidrasi. Selain kaya akan air, buah persik juga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin A, B, C, serat, dan potasium, yang baik untuk kesehatan tubuh. Hebatnya lagi, buah persik memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga dapat memberi rasa kenyang tanpa menyebabkan kenaikan berat badan. 


    Mangga

    Buah mangga memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah dehidrasi saat puasa. Selain kaya air, buah mangga juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, dan B6 yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. Anda dapat mengonsumsi buah mangga secara langsung atau dijadikan menjadi jus buah segar. 




    (Foto: Courtesy of puhhha©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -