• Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan

    Beauty / Tips


    Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan
    (Foto Courtesy of Tatiana Vorona©123RF.com)

    Kurma dan susu, sama-sama memiliki banyak nutrisi, maka tak heran jika kombinasi keduanya dapat memberikan segudang manfaat untuk tubuh.


    Sudah bukan rahasia lagi jika kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kurma mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang berlimpah. Dikutip dari Healthline, buah kurma mengandung karbohidrat, protein, tembaga, serat, kalium, magnesium, vitamin B, zat besi, dan antioksidan.

    Anda dapat mengonsumsi buah kurma secara langsung atau bisa mencampurkannya ke dalam susu. Lantas, apa saja manfaat susu kurma untuk kesehatan tubuh? Simak pemaparannya berikut ini!

    Sebagaimana diketahui, buah kurma dan susu, keduanya memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran, jika campuran keduanya dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 





    1. Mengatasi masalah sembelit

    Salah satu manfaat yang ditawarkan susu kurma adalah dapat membantu mengurangi sembelit. Bagaimana bisa? Buah kurma merupakan buah kaya serat, yang diketahui dapat membantu mengurangi sembelit. Kandungan serat dalam buah kurma dapat konstipasi dan melunakan feses, sehingga dapat membantu meringankan sembelit.

    Anda dapat mencampurkan 5-6 buah kurma dan tambahkan ke dalam susu Anda, lalu blender hingga tercampur rata. Campuran kedua bahan ini dapat membantu mengatasi masalah sembelit yang mungkin Anda alami. 


    2. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat berikutnya yang ditawarkan oleh susu kurma yaitu baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah kurma dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kombinasi susu dan kurma dapat menjadi sumber kalium yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 


    3. Memperkuat tulang

    Tidak hanya mampu mengatasi masalah sembelit dan menjaga kesehatan jantung, kandungan nutrisi dalam susu kurma juga dapat membantu memperkuat tulang. Dikutip dari Healthline, kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.


    Baik kurma dan susu, keduanya sama-sama kaya akan kalsium. Semua kandungan nutrisi ini dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Tidak hanya tulang, kandungan nutrisi ini juga mampu memperkuat gigi. Berdasarkan laporan dari North Dakota State University, kurma juga mengandung boron yang baik untuk kesehatan tulang. 


    4. Menjaga kesehatan kulit

    Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi susu kurma juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Kurma mengandung vitamin C dan vitamin D yang berperan untuk membantu elastisitas kulit. Selain itu, buah kurma juga memiliki sifat anti penuaan, yaitu phytohormone yang efektif dapat membantu mengurangi penuaan seperti keriput.

    Sementara itu, kandungan vitamin D yang terkandung di dalam susu juga dapat membantu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim. Maka tak heran jika campuran susu dan kurma ini dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan kulit. 




    (Foto: Courtesy of Tatiana Vorona©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -