• 5 Cara Mudah Untuk Mendukung Bisnis Kecil di Masa Pandemi

    People / News


    5 Cara Mudah Untuk Mendukung Bisnis Kecil di Masa Pandemi

    Berempati pada sesama merupakan langkah awal yang dapat kita lakukan.


    Di tengah situasi pandemi Covid-19, tak sedikit perusahaan yang terpaksa harus merumahkan karyawannya untuk sementara waktu. Dituntut dengan adanya kebutuhan pokok yang tetap wajib untuk dipenuhi, sebagian dari mereka mulai merintis bisnis kecil seperti menjual aneka kuliner hingga menyediakan jasa antar. Sebagai personel yang masih diberi kesempatan untuk bekerja dari rumah, ada baiknya untuk kita mulai berempati pada mereka di masa pandemi ini yang tidak pasti hingga kapan berakhirnya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendukung aneka bisnis kecil.

    1. Let's try and give a review

    Apabila beberapa rekan mulai mempromosikan kuliner yang mereka buat, tak ada salahnya untuk mencicipi ragam kreasi santapan tersebut. Setelah Anda menyantapnya, jangan merasa tidak enak hati untuk memberi kritik dan saran. Ingatlah bahwa apapun masukan yang Anda berikan dapat membantu meningkatkan citra dari bisnis mereka. Jika ingin memberikan bantuan ekstra, bagi ulasan positif mengenai masakan tersebut pada sosial media Anda untuk membantu promosi.





    2. If you don’t need it

    Tak hanya sektor makanan, berbagai label produk kecantikan pun mulai menawarkan berbagai promosi menarik. Tentunya tidak mungkin Anda belanja aneka kosmetik dan skin care untuk setiap harinya. Salah satu langkah dukungan yang bisa diambil ialah membuat ulasan mengenai produk kecantikan favorit yang biasa Anda kenakan di sosial media, lalu bagikan pula info bahwa mereka sedang menawarkan promosi menarik.


    3. I’m not a good reviewer

    Memang tidak semua dari kita dapat memberikan ulasan melalui video maupun teks dengan baik. Namun tak ada salahnya untuk Anda mulai mencoba, mungkin hanya sekedar mengunggah foto dengan menambahkan emoticon jempol sebanyak 3 kali. Opsi lainnya, Anda bisa membantu membagikan poster promosi dari mereka yang sedang berjualan di media sosial pribadi.



    4. Make it balance

    Sudah tak asing lagi mendengar bahwa beberapa platform ojek online dapat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan jasa antar yang mereka berikan. Namun di masa pandemi ini, beberapa orang mulai merintis bisnis yang menyediakan jasa pengiriman seperti belanja di pasar maupun mengantar pesanan secara pribadi. Berbagai macam jasa tersebut tentu akan menawarkan tarif yang beragam, mungkin saja ada yang berbiaya lebih mahal daripada lainnya. Alih-alih berniat untuk mendukung, Anda bisa mencoba aneka jasa pengiriman yang baru untuk berbagi berkah.


    5. Share a tip!

    Tip yang dimaksud bukan berarti harus berupa uang. Anda bisa membagikan air dan sabun cuci tangan di depan rumah, agar para kurir yang telah selesai mengantarkan pesanan dapat membasuh tangannya sebelum melanjutkan tugas. Selain itu, Anda juga bisa mendukung mereka dengan cara bersikap ramah dan sabar.



    (Foto: Dok. Bazaar)










- RELATED ARTICLE -