• 5 Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

    Beauty / Tips


    5 Manfaat Mentimun untuk Kecantikan
    (Foto Courtesy of lenetstan©123RF.com)

    Apa saja manfaat mentimun untuk kecantikan?


    Tahukah Anda, selain segar dan bergizi saat dikonsumsi, mentimun juga ternyata dapat bermanfaat untuk kulit wajah Anda? Mentimun atau lebih dikenal dengan sebutan timun atau ketimun mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A dan C, air folat, dan caffeic acid yang memiliki sifat anti radang dan antioksidan.

    Semua kandungan ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Berikut ini Bazaar telah merangkum beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan wajah. Apa saja? Cari tahu di bawah ini!





    Menenangkan kulit iritasi dan terbakar

    Kandungan sulfat dan kalium yang terkandung di dalam mentimun dapat membantu menenangkan kulit iritasi dan terbakar matahari. Selain itu, efek dingin yang dihasilkan dari mentimun juga dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat sengatan matahari. 


    Mengatasi mata bengkak

    Seperti diketahui, mentimun bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak. Ini karena, berkat kandungan flavonoid dan antioksidan di dalam mentimun yang memiliki kemampuan untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Dua kandungan ini bekerja dengan memberikan efek dingin yang dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar, sehingga mengurangi pembengkakan. 


    Mengurangi lingkaran hitam di area mata

    Tak hanya dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Ini berkat kandungan antioksidan dan silika di dalam mentimun. Cara pengaaplikasiannya cukup mudah yakni dengan menempelkan dua irisan mentimun ke bagian mata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Gunakan secara rutin untuk memperoleh manfaatnya. 


    Mencegah penuaan dini

    Kandungan vitamin C dan caffeic acid di dalam mentimun bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus. Vitamin C mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Sementara caffeic acid berfungsi untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Kombinasi kedua kandungan ini akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih sehat dan kencang.



    Melembapkan kulit wajah

    Mentimun merupakan sumber air yang baik untuk membantu melembapkan sekaligus menyegarkan kulit wajah. Namun, air saja tidak cukup untuk membuat kulit Anda menjadi lebih lembap. Untuk melembapkan wajah, campurkan mentimun dengan madu, atau aloe vera untuk membuat masker mentimun. Lalu diamkan selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih. Penggunaan secara rutin tentu akan membuat kulit wajah Anda jauh lebih lembap. 


    Mengecilkan pori-pori Wajah

    Kulit berminyak dan penumpukan sel-sel kulit mati dapat menjadi salah satu penyebab pori-pori tersumbat. Mentimun memiliki sifat astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Walaupun tidak secara langsung mengecilkan, namun pori-pori pada wajah Anda akan tersamarkan.




    (Foto: Courtesy of lenetstan©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -