• 10 Tips Jalankan Silaturahmi Online Pada Hari Raya Idulfitri

    Culture / Tips


    10 Tips Jalankan Silaturahmi Online Pada Hari Raya Idulfitri
    Photo by Allie on Unsplash

    Meski tak dapat bertemu langsung dengan orang terdekat saat merayakan Idulfitri, bukan berarti silaturahmi harus terputus.


    Hari raya Idulfitri atau yang sering disebut lebaran akan jatuh di bulan Mei tahun ini. Banyak sekali hal yang akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tentunya karena diberlakukannya PSBB untuk menjaga kita semua dari penularan virus corona yang sedang mewabah.

    Di lebaran kali ini, banyak dari kita yang tidak bisa pulang ke kampung halaman karena alasan tersebut, dan banyak pula yang tak bisa melakukan silaturahmi secara langsung demi menjaga keamanan bersama.

    Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk memutus tali silaturahmi. Di era modern ini, teknologi telah berkembang sedemikian rupa sehingga mampu menunjang konektivitas kita sebagai manusia tanpa harus bertemu langsung.




    Di bawah ini adalah beberapa tips yang Bazaar kumpulkan agar silaturahmi online Anda terasa kian menyenangkan.


    1. Pakai baju lebaran yang Anda sukai

    Sepertinya sudah menjadi kebiasaan untuk mengenakan baju istimewa setiap hari lebaran. Demi menciptakan suasana lebaran yang kental, siapkan baju lebaran dengan model yang Anda sukai. Apabila Anda sudah berkeluarga, bisa juga mengenakan baju yang sesuai antara sesama anggota keluarga yang terpisah. Dengan begini, Anda seolah merasakan kekompakan meski tak bersama secara fisik.


    2. Jangan lupa makeup yang cantik!

    Langkah satu ini juga jangan sampai terlewat. Angkat semangat hari raya Idulfitri di tengah pandemi dengan berdandan seperti hari raya sebelumnya. Jika Anda mengenakan kerudung, coba pilih model kerudung yang berbeda dari biasanya.


    3. Pastikan jaringan internet lancar

    Demi mendukung kelancaran komunikasi, sebaiknya pastikan dahulu bahwa jaringan internet Anda dalam kondisi prima. Jika sehari-hari jaringan internet Anda memang kurang bagus, ada baiknya untuk menyiapkan modem tambahan demi mendukung silaturahmi.


    4. Pilih spot yang nyaman dan terang

    Posisi saat melakukan panggilan video juga sebaiknya sudah ditentukan sebelumnya. Perhatikan lokasi yang nyaman dan memiliki pencahayaan yang cukup agar kerabat bisa melihat wajah Anda dengan jelas saat melakukan silaturahmi online.


    5. Bertukar hidangan lebaran

    Agar kebersamaan lebih terasa, saling bertukar hidangan lebaran bisa dijadikan salah satu trik. Anda bisa mengirim makanan buatan sendiri atau memesan di restoran bahkan hotel favorit. Ketika melakukan panggilan video, kebersamaan akan semakin terasa karena Anda dan kerabat menikmati hidangan yang sama.



    6. Mendekorasi rumah sendiri

    Suasana lebaran akan terasa lebih menyenangkan ketika Anda mendekor rumat atau sekadar spot untuk melakukan panggilan video. Hal ini akan membuat Anda serasa menerima tamu sungguhan di rumah.


    7. Sambungkan gawai ke televisi berukuran besar

    Agar bisa melihat satu sama lain dengan lebih jelas, ada baiknya Anda menyambungkan gawai yang dipakai untuk melakukan panggilan video ke layar televisi berukuran besar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara screen mirroring atau menggunakan kabel HDMI. Untuk melakukan trik ini, sebaiknya Anda sudah memiliki televisi pintar di rumah.


    8. Gunakan pengeras suara berkualitas

    Tak hanya gambar, suara juga menjadi salah satu elemen penting dalam silaturahmi online. Jika Anda rasa pengeras suara bawaan dari gawai atau televisi kurang memadai, investasikan dana untuk sebuah pengeras suara berkualitas.


    9. Pilih angle terbaik

    Angle kamera Anda bisa memberi dampak signifikan terhadap penampilan dalam video. Anda bisa mencoba memakai webcam tambahan karena dapat memberi kontrol lebih akan posisi dan angle tertentu. Namun jika hanya menggunakan kamera yang sudah ada di gawai, Anda bisa mengatur posisi duduk untuk mendapatkan angle terbaik. 

    Kamera sebaiknya dapat menangkap wajah dan tubuh bagian atas secara optimal, dengan posisi yang sejajar dengan mata. 


    10. Jangan lupa lakukan screenshot!

    Sebagai kenang-kenangan akan momen manis ini, ajak kerabat melakukan screenshot bersama. Selain menangkap momen menggunakan fitur tersebut, Anda juga bisa memotret menggunakan kamera dengan teknik virtual photoshoot. Bagikan hasilnya ke media sosial dan jangan lupa tag orang-orang terkasih! 









- RELATED ARTICLE -