• 10 Inspirasi Model Cincin Tunangan Mewah

    Fashion / Tips


    10 Inspirasi Model Cincin Tunangan Mewah

    Untuk para pria yang masih ragu mencari model cincin tunangan yang indah, berikut adalah inspirasi model cincin yang dapat membantu Anda!


    Memilih cincin tunangan kala akan melamar pasangan memang tampak mudah, namun nyatanya hal tersebut cukup membuat banyak orang ragu dan membutuhkan banyak waktu agar dapat menemukan cincin pertunangan yang paling tepat.

    Ada banyak hal yang perlu diketahui sebelum membeli cincin pertunangan, yakni dibutuhkannya pengetahuan yang cukup terhadap apa saja kesukaan pasangan dan karakteristik pasangan agar cincin yang Anda pilih dapat merepresentasikan karakter mereka dengan sempurna.

    Seperti yang terjadi di sebuah episode serial televisi Sex and The City di mana karakter Carrie Bradshaw merasa pasangannya membelikannya cincin yang tidak merepresentasikan dirinya dan membuatnya berpikir apakah pasangannya merupakan orang yang tepat untuk bertunangan dengannya. Hal-hal seperti itu tentu dapat dihindari dengan pengetahuan yang cukup terhadap model cincin tunangan dan apa yang direpresentasikan oleh model tersebut.




    Jadi jika selama ini Anda hanya menilai cincin pertunangan dari seberapa besar berlian, ukuran lingkar jari, dan desain yang dipancarkan cincin tersebut namun nyatanya, para wanita menginginkan cincin yang lebih mendalami karakter mereka.

    Lewat artikel ini, Bazaar akan membantu Anda dengan menyediakan daftar rekomendasi cincin tunangan yang merepresentasikan suatu karakter maupun gaya personal beberapa tipe wanita.


    1. Solitaire

    Desain cincin Solitaire mengemukakan nuansa tradisional dan klasik yang tak lekang waktu. Biasanya, peletakkan batu berlian pada model cincin Solitaire diaplikaskan dengan menggunakan claw dan dipadukan dengan ring band yang simpel. Rata-rata cincin jenis ini hadir dalam versi warna silver yang dilapisi dengan emas putih, namun beberapa versi juga menyediakan pilihan ring band dengan lapisan emas kuning. Model ini sendiri dinamakan Solitaire dikarenakan hanya terdapat satu batu berlian di dalam desain cincin ini. Cincin model solitaire dapat merepresentasikan pribadi yang simpel, elegan, dan lady like.

    Frank & Co - Alpha

    Tiffany & Co - The Tiffany® Setting Engagement Ring in 18k Rose Gold

    Tiffany & Co - The Tiffany® Setting Engagement Ring in Platinum


    2. Pavé

    Cincin dengan desain bernama Pavé, memiliki desain sedikit menyerupai bentuk solitaire namun yang berbeda dari cincin yang satu ini datang dari desain ring band yang sedikit berbeda. Jika model solitaire menggunakan ring band yang polos, bagian lingkar cincin Pavé dihiasi oleh berlian-berlian kecil yang mengelilingi lingkar cincin. Bukan hanya berlian, desain ini juga dapat dipersonalisasikan dengan bebatuan mulia lainnya yang merepresentasikan diri sang pemilik seperti birth stones. Membuat desain ini cukup versatile untuk dimodifikasi sesuai keinginan. Bentuknya yang dikelilingin bebatuan membuat cincin ini akan memancarkan cahaya yang lebih berkilau. Cincin model Pavé cocok sekali untuk dikenakan oleh wanita dengan karakter feminin yang lebih dominan, penyuka gaya klasik, dan elegan.

    Forever Mark

    Harry Winston - Brilliant Love Diamond Engagement Ring

    Harry Winston - The One, Round Brilliant Diamond Micropavé Engagement Ring
      

    3. Cluster

    Desain cincin tunangan dengan model Cluster memberikan ilusi optik di aspek estetika dikarenakan bentuknya yang menggabungkan beberapa berlian berukuran kecil namun secara bersamaan juga memberikan efek lebih besar terhadap ukuran batu berlian yang terkandung di cincin ini. Selain itu, bentuknya yang kontemporer dengan taburan beberapa berlian juga memancarkan kilau berlebih saat dikenakan. Bentuknya yang versatile dengan siluet asimetris membuat cincin ini cocok untuk mengkomplementasi sosok wanita yang gemar berkeksplorasi dengan fashion dan artistik dikarenakan bentuknya yang modern dan kontemporer.

    De Beers - Adonis Rose cluster ring in white gold

    Harry Winston - Sparkling Cluster by Harry Winston, Sapphire, Aquamarine and Diamond Ring


    Tiffany & Co - Green Tourmaline Cluster Ring


    4. Cathedral

    Model cincin Cathedral mengambil inspirasi dari model solitaire yang klasik namun yang membedakan jenis yang satu ini terdapat di bagian penyangga batu cincin yang memiliki konstruksi di bawahnya.

    Kontruksi yang terdapat di bagian penyangga tersebut mengambil inspirasi dari berbagai lengkungan yang terdapat di arsitektur katedral. Karena itu, cincin ini memberikan efek tradisional sekaligus efek arsitektural khas katedral yang megah dan cocok untuk sosok wanita yang menyukai gaya yang sederhana namun sophisticated. Biasanya bagian ring band di desain ini hadir dalam versi polos, namun Anda juga bisa menambahkan butiran berlian yang mengelilingi bagian ring band untuk injeksi yang lebih mewah.

    De Beers - DB Classic pear-shaped diamond ring

    Harry Winston - HW Logo, Round Brilliant Diamond Micropavé Engagement Ring

    Tiffany & Co - Tiffany Novo® Round Brilliant Engagement Ring with a Pavé Diamond Platinum Band


    5. Shank & Split-Shank

    Model yang satu ini tidak merepresentasikan letak batu di badan cincin, namun lebih mendefinisikan struktur ring band yang diberi aksen terbelah dua di bagian kanan dan kiri batu cincin.

    Kedua belahan tersebut memancarkan nuansa unik dan tidak membosankan di cincin ini sekaligus menginjeksikan napas vintage yang klasik, sehingga cincin ini tepat untuk sosok wanita yang menyukai hal-hal konservatif dan menyukai hal-hal berbau vintage. Dengan adanya aksen terbelah dua di kedua sisi cincin, cincin ini dapat menjadi alternatif jika ingin mendapatkan ilusi batu berlian yang tampak lebih besar dari ukurannya.

    De Beers - Infinity round brilliant diamond ring in platinum

    Frank & Co - Electa


    Harry Winston - Classic Winston™, Cushion-Cut Ruby Ring


    6. Bezel

    Cincin yang satu ini memiliki desain yang terlihat clean dan sleek, meski sudah ada sejak lama namun desain cincin yang satu ini tetap memancarkan nuansa modern. Selain itu, nilai tambah dari model cincin ini adalah amannya batu berlian yang terdapat di cincin ini dari terlalu banyak goresan. Namun, kekurangan dari model ini akan membuat batu berlian yang terkandung menjadi tampak jauh lebih kecil. Model cincin yang satu ini cocok sekali untuk wanita penyuka gaya minimalis dan modern. Serta wanita yang bukan penggemar perhiasan, sehingga cincin ini tak akan membuat mereka tampak berlebihan.

    Tiffany & Co - Diamonds by the Yard® Ring


    Forever Mark


    7. Three Stone

    Mungkin banyak orang mengira cincin model three stones terlihat atraktif dikarenakan setting batu berlian di model ini yang menggunakan 3 batu sekaligus membuatnya tampak mewah. Nyatanya, model cincin three stones memiliki filosofi yang romantis. Disebut sebagai trilogi, model cincin yang satu ini dipercaya merepresentasikan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Selain itu, model cincin ini juga cukup versatile untuk dipersonalisasikan lebih lanjut dengan menggunakan batu mulia di bagian tengah diikuti berlian di kedua sisi. Selain itu, meski cincin ini rata-rata berhiaskan 1 batu berlian berukuran besar di tengah dan batu berukuran lebih kecil di kedua sisi, Anda juga bisa hanya menggunakan 3 batu berlian berukuran sama di model ini. Cincin ini cocok sekali untuk diberikan kepada sosok wanita yang menyukai hal-hal romantis dan pemilik karakter hopeless romantic.



    Tiffany & Co - Tiffany Three Stone Engagement Ring in Platinum

    De Beers - DB Classic trio round brilliant diamond ring


    De Beers - DB Classic round brilliant and pear-shaped diamond ring

    8. Geometric

    Cincin dengan model geometric menggunakan batu berlian berbentuk segitiga atau persegi sehingga cincin dengan tipe seperti ini dengan mudah menarik perhatian siapapun saat dikenakan.

    Garisnya yang tegas dan clean membuat cincin ini dapat merepresentasikan sosok wanita yang menyukai atensi serta memiliki kepribadian yang unik dan berani.

    Tiffany & Co - Tiffany True Engagement Ring with a Tiffany True Diamond in Platinum


    Mondial - Ring Solitaire


    Frank & Co - Fire Mark

    9. Oval

    Model cincin tunangan dengan bentuk oval memancarkan aura klasik dan tak lekang waktu sekaligus merepresentasikan napas anggun pada saat dikenakan. Selain itu, batu berlian berwujud oval juga dapat menciptakan ilusi yang membuat berlian tersebut tampak lebih besar. Bentuknya yang megah serta klasik membuat cincin ini telah lama disukai oleh para kalangan bangsawan kerajaan sehingga cincin ini juga dapat menginjeksikan napas vintage saat dikenakan.

    De Beers - DB Classic oval-shaped diamond ring

    '

    Van Cleef & Arpels - Motifs Pétales solitaire, 3.15 ct DIF

    Tiffany & Co - Tiffany Soleste® Oval Yellow Diamond Double Halo Engagement Ring in Platinum


    10. Infinity

    Model cincin tunangan Infinity memiliki bagian ring band yang seluruhnya bertaburkan butiran berlian serta didesain sesuai dengan simbol Infinity yang merupakan simbol eternity love.

    Simbol Infinity yang merupakan garis kurva yang tidak memiliki ujung dapat menjadi simbol cinta Anda terhadap pasangan dan menjadi simbol harapan untuk hubungan Anda berdua kedepannya. Cincin dengan desain seperti ini cocok sekali untuk diberikan kepada sosok wanita yang menyukai literasi romantis atau menulis puisi.

    De Beers - Infinity round brilliant diamond ring

    Frank & Co - Benita

    Tiffany & Co - Infinity Ring




    (Foto: Courtesy of Tiffany & Co, De Beers, Mondial, Miss Mondial, Tiffany & Co, Van Cleef & Arpels, Frank & Co, Harry Winston)









- RELATED ARTICLE -