• 6 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Penuaan Kulit

    Beauty / Advertorial


    6 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Penuaan Kulit
    (Foto Courtesy of Svetlana Mandrikova©123RF.com)

    Tanpa Anda sadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat mempercepat proses penuaan pada kulit.


    Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan. Penuaan merupakan hal yang tidak dihindari oleh siapa saja. Namun, gaya hidup dan kebiasaan tertentu ternyata dapat mempercepat penuaan atau bisa disebut dengan penuaan dini. Apa saja? Inilah beberapa kebiasan yang dapat mempercepat penuaan. 


    1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat

    Mengonsumsi makan tidak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji dapat mempercepat penuaan. Hal ini karena, lemak tidak sehat yang ditemukan dalam makanan cepat saji dan makanan kalengan, dapat menyempitkan pembuluh darah yang bisa melemahkan aliran darah ke kulit, sehingga menyebabkan munculnya kerutan dan tanda penuaan dini lainnya. Tak hanya itu saja, lemak tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 




    Alkohol dan soda merupakan jenis minuman yang sangat tidak baik untuk kulit dan tubuh. Zat yang terkandung di dalam minuman ini dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan menurunkan kadar vitamin A dalam tubuh, sehingga membuat kulit tampak kering dan kusam. Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat yang tidak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga bagi kulit. 


    2. Tidak berolahraga

    Sebagaimana diketahui, olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat otomatis juga akan berdampak baik bagi kulit. Rutin berolahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengencangkan otot, sehingga kulit tampak awet muda dan mencegah munculnya tanda penuaan dini seperti keriput. 


    3. Kurang tidur

    Kurang tidur tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan risiko penyakit dan obesitas, tetapi juga dapat mempengaruhi keseluruhan fungsi organ termasuk kulit. Dengan kata lain, kurang tidur dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. 

    Tidur yang cukup diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu pembentukan kolagen yang membuat elastisitas kulit terjaga dan kulit akan terhindar dari penuaan dini. 


    4. Posisi tidur yang salah

    Posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan munculnya keriput pada wajah. Posisi tidur tengkurap atau menempelkan wajah pada bantal ternyata dapat menyebabkan munculnya garis halus di pipi atau dahi. Hal ini disebabkan oleh adanya kekuatan gesekan dari kontak dengan bantal yang menyebabkan kulit wajah tertarik dan terdorong.

    Pada dasarnya keriput akibat posisi tidur yang salah akan cepat hilang pada kulit yang lebih muda, namun jika hal ini terus-menerus terjadi maka tidak menutup kemungkinan bahwa keriput akibat posisi tidur yang salah dapat menjadi keriput permanen. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidur dengan posisi telentang atau mengganti sarung bantal dengan bahan satin yang lebih lembut untuk kulit wajah. 



    5. Tidak menggunakan sunscreen

    Sudah bukan rahasia lagi jika paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kolagen dan elastisitas kulit. Hal ini tentu dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu, jangan lewatkan penggunaan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang memberikan dampak buruk pada kulit. 

    Selain itu, jangan lupakan juga penggunaan pelembap atau produk perawatan kulit lainnya yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Sebagaimana diketahui, kulit yang lembap dapat mendorong regenerasi sel kulit, sehingga kulit tampak awet muda dan mencegah munculnya tanda penuaan dini. 


    6. Membungkuk dan duduk terlalu lama

    Berdasarkan penelitian American Journal of Epidemiology menunjukan bahwa terlalu lama duduk dapat membuat sel-sel tubuh lebih cepat mengalami penuaan. Kondisi ini dapat diperparah dengan posisi tubuh yang membungkuk. Membungkuk terlalu lama juga dapat menarik otot yang menyebabkan otot-otot terasa tegang dan nyeri.

    Selain itu, postur kepala dan leher yang menunduk saat menatap layar smartphone atau laptop bisa memberi tekanan pada tulang belakang, sehingga dapat melemahkan struktur tulang belakang dan meningkatkan risiko penyakit radang sendi. Oleh karena itu, seimbangkan dengan olahraga dan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, atau memilih naik turun tangga dibandingkan menggunakan lift.  


    Inilah enam kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat mempercepat proses penuaan pada kulit. Tak hanya itu saja, mulailah untuk rutin merawat kulit dan memakai sunscreen sebagai upaya mencegah munculnya tanda-tanda penuaan sedini mungkin. 




    (Foto: Courtesy of Svetlana Mandrikova©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -