• Segudang Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

    Culture / News


    Segudang Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

    Kenali segala macam kebaikan yang terkandung dalam buah kurma.


    Buah kurma yang menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi pada bulan suci ini rupanya memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan kita. Tidak hanya memiliki rasa manis yang khas, buah yang juga disebut sebagai buah nabi ini nyatanya memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Mari kenali manfaat baik dari buah kurma lebih lanjut:


    1. Menjaga kesehatan dan kelancaran pencernaan

    Buah merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar serat larut yang tinggi, tak terkecuali dengan buah kurma. Memiliki kadar serat yang tinggi merupakan hal yang baik untuk tubuh Anda karena dapat membersihkan dan mengoptimalkan kerja usus sehingga makanan yang masuk dapat lebih mudah diolah dan dicerna. Dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, hal ini juga akan menurunkan risiko Anda terkena kanker usus.





    2. Mengatasi Anemia

    Dengan kandungan mineralnya yang tinggi, kurma juga memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah kurang darah atau anemia. Karena mengandung kadar zat besi yang tinggi, kurma dapat membantu mempercepat proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat meningkatkan energi dan kekuatan.


    3. Energy Booster

    Terdiri dari karbohidrat sederhana seperti gula, sukrosa, dan fruktosa, buah yang berasal dari Timur Tengah ini dapat dijadikan energy booster karena memiliki kandungan gula alami yang tinggi.   


    4. Meningkatkan kesehatan tulang


    Kurma juga mengandung beberapa zat baik yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Zat-zat tersebut antara lain selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Semua zat gizi ini dipercaya dapat mencegah osteoporosis pada tulang Anda.


    5. Dapat membantu menurunkan berat badan

    Sebuah studi menunjukkan bahwa per 100 gram kurma yang telah dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Hal ini menjadikan kurma sebagai buah yang memiliki kadar kalori yang tinggi. Jadi ketika Anda mengonsumsi buah kurma, Anda merasa kenyang lebih lama.


    6. Membantu mencegah risiko diabetes

    Walaupun memiliki rasa yang manis, namun kurma tidak dapat langsung digolongkan sebagai buah yang harus dihindari oleh para penderita diabetes. Justru sebaliknya, kurma menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang mungkin memiliki riwayat penyakit diabetes karena kandungan indeks glikemiknya yang rendah membuat buah yang berasal dari Arab ini tidak akan langsung menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.



    7. Menjadi sumber antioksidan yang baik 



    Buah kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan sendiri memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Jadi mengonsumsi kurma secara rutin dapat membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh.  


    8. Membantu mengatasi masalah insomnia

    Bagi Anda yang memiliki masalah susah tidur, mungkin Anda perlu mulai mencoba mengonsumsi buah kurma. Memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi, buah kurma dapat membantu mengatasi masalah insomnia karena dapat membantu mempercepat sistem metabolisme dalam tubuh Anda.


    9. Mencegah penggumpalan darah

    Mengandung asam salislat, zat ini mampu bekerja untuk mencegah penggumpalan darah sehingga dapat menekan risiko Anda terkena stroke ataupun serangan jantung.




    (Foto: Courtesy of Instagram @kacangboss, @elsey_rere, @urwahsftn_)









- RELATED ARTICLE -