• Bagaimana Dampak Karantina Mandiri Pada Tubuh Anda?

    Beauty / News


    Bagaimana Dampak Karantina Mandiri Pada Tubuh Anda?

    Karena kurang bergerak bukanlah hal yang baik.


    Rasanya menarik saat membayangkan bahwa selama isolasi mandiri Anda akan memiliki banyak waktu ‘istirahat’ yang tak terbatas, namun sekarang justru rasa sakit di badanlah yang semakin nyata. Membuka pintu kulkas pun menjadi aktivitas yang sering kita lakukan. Semua menjadi berjalan lambat. Kuncinya ada pada kesadaran Anda sendiri dan membuat rencana sebelum kemalasan menguasai tubuh Anda, karena jika Anda tidak bergerak maka Anda berisiko mengalami masalah mulai dari pencernaan dan penurunan metabolisme hingga penambahan berat badan dan menjadi tidak bersemangat. 

    “Kebiasaan tidak bergerak secara aktif dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda dan itu sudah dibuktikan dalam banyak penelitian,” jelas Matt Lawson yang merupakan seorang ahli diet dan kesehatan. “Kurang bergerak dapat mempengaruhi massa otot dan menguranginya secara efektif sehingga metabolisme Anda pun turun.”

    Namun jangan panik. Kami menjelaskan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menangkal setiap masalahnya sehingga Anda akan merasa tenang hingga masa yang akan datang.





    Jaga agar metabolisme Anda tetap bekerja

    Matt meyakinkan bajwa Anda tak perlu melakukan sesi HIIT penuh sebab berjalan selama setengah jam sudah cukup untuk menjaga kesehatan otot dan metabolisme. Latihan kekuatan adalah cara lain untuk membangkitkan tenaga Anda dari dalam, namun lupakan beban yang berat sebab Anda mengandalkan berat badan Anda sendiri. Cobalah untuk melakukan push-up, squat sebanyak 15 kali, burpee sebanyak 10 kali, plank selama 30 detik, dan lunge sebanyak 15 kali. Dengan demikian, detak jantung Anda tidak hanya meningkat namun Anda juga akan terkejut sebab nantinya Anda akan merasa lebih kuat usai melakukan beberapa sesi. “Lakukan ini secara rutin selama 15 menit setiap hari untuk aktivitas yang cepat dan penuh semangat,” kata Matt.

    Selain berolahraga, tetap jaga tubuh Anda supaya terhidrasi. Mengambil minuman ke dapur kini memang terasa berbeda tanpa canda tawa rekan-rekan kerja Anda, namun metabolisme Anda akan menurun jika tidak cukup terhidrasi. Siapkan satu botol minuman di meja Anda seperti yang biasa Anda lakukan di kantor dan niatkan untuk mengisinya kembali setiap jam.

    Menyantap sesuatu setiap empat jam juga merupakan cara yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh Anda tetap bekerja. Jangan menyalahkan diri sendiri karena Anda makan makanan ringan dan tetaplah menyediakan makanan yang sehat. Sebaiknya juga jangan terlalu memangkas asupan kalori karena dengan demikian Anda akan kehilangan massa otot yang memperlambat metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan membakar sedikit kalori dalam waktu yang panjang.


    Jangan biarkan perut Anda diam

    “Aktivitas fisik membantu pergerakan perut dan penyerapan mikronutrien secara maksimal dari makanan yang kita konsumsi. Itulah mengapa duduk diam terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan dan bahkan konstipasi," lanjut Matt. Biasakan untuk tidak terburu-buru duduk setelah Anda makan karena tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mencerna. Jadi mengapa Anda tidak meluangkan waktu untuk berdiri atau berjalan-jalan sembari melakukan panggilan setelag makan siang, meskipun hanya dilakukan di sekitar lounge Anda.

    Jika Anda merasa kesulitan mengatasi perut kembung, sekarang adalah saatnya untuk menambah strategi peregangan yoga. Downward dog, seated twists, dan memeluk lutut ke dada sambil berbaring dapat meringankan rasa yang kurang nyaman dan membantu pergerakan. Bahkan beberapa tarikan napas yang dalam juga dapat membantu. “Pencernaan Anda tidak hanya bergantung pada pergerakan otot pada dinding usus yang dikontrol oleh sistem saraf secara otomatis, namun juga diafragma yang berperan untuk memijat dan mendorong makanan untuk bergerak ke perut,” jelas Nish Joshi, seorang praktisi kesehatan holistik.

    Dan jika Anda mengalami masalah perut, pertimbangkan untuk menambah probiotik karena stres, kurang bergerak, dan perubahan rutinitas secara keseluruhan dapat menyebabkan inflamasi pertu. Penelitian terbaru juga menunjukkan bagaimana kolagen peptida dapat memperbaiki pencernaan dan menambah energi. Jadi jika Anda sudah membuang suplemen kecantikan yang pernah Anda gunakan, inilah saatnya untuk mengembalikannya. Nantinya tak hanya rambut, kulit, dan kuku Anda yang akan berterima kasih berkat zat ini.


    Mengurangi lemak badan berlebih

    Kurang bergerak dan menyantap comfort food dapat menyebabkan peningkatan lemak visceral, yaitu tipe lemak yang tersimpan di sekitar organ vital dan lainnya yang tidak bisa selalu kita lihat. “Duduk selama berjam-jam dapat berdampak pada pengeluaran energi harian Anda yang artinya Anda membakar kalori lebih sedikit dibandingkan saat Anda bergerak lebiih aktif di rutinitas sehari-hari.

    Duduk terlalu lama juga diperkirakan dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan tekanan darah serta memetabolisme lemak, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengambil waktu rehat sejenak dari pekerjaan meskipun hanya untuk merebus air,” jelas Kate Shilland, seorang ahli gizi di CPFC Academy.


    Jika Anda khawatir terhadap komposisi tubuh Anda, Anda dapat membeli alat pengukur berat badan seperti Tanita BC-401 yang data menimbang kadar lemak tubuh, massa otot, dan total kandungan air untuk memastikan bahwa Anda memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun penting juga agar Anda tidak terlalu keras pada diri sediri karena kerap melihat ukuran dalam angka tersebut dapat membuat Anda lebih tertekan di masa isolasi ini.



    Menghilangkan nyeri

    Tiba-tiba saja Anda mengeluh dan merintih di pagi hari saat bangun dari tempat tidur dan itu tidak hanya disebabkan karena alarm yang berbunyi. Postur tubuh yang kurang baik, kurang bergerak, dan tidak berolahraga dapat menyebabkan sirkulasi melambat serta otot dan persendian menjadi tegang sehingga Anda mengalami musculoskeletal. “Aliran darah yang lamban mengurangi ketersediaan nutrisi vital dan oksigen ke persendian dan metabolit serta limbah tubuh tidak bersih secara menyeluruh sehingga mudah menyebabkan persendian bengkak dan terasa lebih kaku,” imbuh Nish.

    Mempraktikkan gerakan pilates seperti fleksi dan ekstensi cat and cow serta plank dapat membantu menguatkan badan Anda. Anda juga data menyesuaikan tinggi meja, apakah posisi layar Anda terlalu di bawah atay sejajar dengan mata seperti yang seharusnya dan bagaimana letak lengan Anda? Tidak ada yang salah jika siku Anda membentuk sudut 90 derajat ketika Anda sedang mengetik. Akan tetapi jika tidak dalam posisi demikian, maka Anda harus menyesuaikannya karena leher dan punggung Anda akan menjadi korbannya, membuatnya terasa sakit dan nyeri.

    Melakukan peregangan dan foal rolling juga merupakan ide yang bagus. Setiap jam saat olahraga, Anda sebaiknya melakukan foam rolling selama 10 menit. Jadi jika Anda hanya melakukan olahraga selama satu jam setengah, artinya Anda melakukan foam rolling selama lima menit sehari. Akhirnya, balik matras Anda. Anda tidak menyadari berapa banyak jejak yang Anda tinggalkan, sehingga dengan membaliknya secara teratur, Anda mendapatkan area baru untuk berbaring dan hal ini dapat mencegah tubuh kaku ketika bangun pagi.


    Temukan kebahagiaan Anda

    Selain berdampak pada tubuh, otak Anda juga bisa dihadapkan pada masalah. Bukan hanya ketiadaan teman, keluarga, dan rekan kerja yang dapat membuat Anda kesepian, namun juga hilangnya komunikasi yang biasa dilakukan sehari-hari dengan barista, tukang pos, personal trainer, atau orang lain yang sering Anda temui juga menimbulkan dampak. Itulah mengapa menjaga percakapan tetap berjalan dan tetap terhubung dengan orang lain begitu penting.Telepon dan video call adalah cara terbaik karena dapat membantu Anda tetap terhubung. Hal ini dijelaskan oleh ahli psikologi, Suzy Reading.

    Meditasi, mindfulness, dan mengelola pernapasan adalah cara lain yang membantu Anda untuk tetap tenang di tengah arus yang tak menentu. Hanya dengan mengatur napas, Anda dapat mengatur ulang sistem saraf dan menghilangkan kecemasan. Bagaimana? Karena napas yang lambat mengubah zat kimia dalam darah yang mempengaruhi fungsi otak. Jika Anda tidak pernah melakukannya, tarik napas dalam empat hitungan, tahan selama empat hitungan pula, dan kemudian hembuskan juga dalam empat hitungan. Seiring berjalannya waktu Anda akan mampu untuk meningkatkannya menjadi enam hingga delapan hitungan. Semakin dalam tarikan napas, maka Anda akan merasa lebih zen.

    Sentuhan adalah bentuk penenang jiwa lainnya. “Tidak harus orang lain yang menyentuh Anda. Oksitosin juga akan dilpaskan oleh tubuh ketika Anda fokus untuk menyentuh titik akupresur atau hanya dengan menggosok tangan Anda secara lembut menggunakan body lotion,” jelas Suzy. Oksitosin juga dikenal sebagai hormon cinta dan pelukan. Ini adalah cara tercepat untuk merasa lebih tenang dan tetap terkoneksi kembali dengan masa sekarang ketika sesuatu menimpa Anda.




    (Penulis: Becci Vallis; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -