• 8 Langkah Untuk Memotong Poni Sendiri di Rumah

    Beauty / Tips


    8 Langkah Untuk Memotong Poni Sendiri di Rumah

    Tak ingin hari Anda kacau karena rambut? Kami berbincang dengan penata rambut selebriti tentang setiap langkah untuk melakukannya.


    Anda bisa saja tergoda untuk meraih gunting dan mulai memotong rambut Anda sendir baik karena poni yang memang sudah saatnya untuk dipotong namun Anda tak bisa pergi ke salon atau karena sekadar ingin bereksperimen. Sebelum melakukannya, berhenti dan dengarkan sejenak saran dari para ahli tentang cara yang benar untuk merapikan poni Anda di rumah. 


    Langkah 1: Tarik napas

    Penata rambut selebriti yakni Jen Atkin menyarankan untuk melakukannya sebelum Anda semakin tergoda untuk melakukan sesuatu yang permanen pada rambut Anda, baik itu sedikit trimming maupun poni baru jika Anda benar-benar berani.




    Pertama, pertimbangkan alasan mengapa Anda memutuskan untuk melakukannya. Apakah karena poni Anda yang sekarang benar-benar perlu dipotong? Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengubah gaya rambut sementara? Atau hanya karena Anda bosan dan memiliki cukup waktu untuk melakukan sesuatu?

    Jika pertanyaan terakhir yang menjadi alasannya, ketahuilah bahwa, “Saat ini kita semua sedang mengalami cabin fever,” ucap Jen. “Maka dari itu, saran saya adalah harap dikerjakan dengan hati-hati. Jangan melakukan hal-hal gila dan dramatis. Ambil rambut sedikit demi sedikit dan mulailah untuk mengaturnya membingkai wajah Anda. Saya tak ingin siapa pun memotong habis rambut mereka.”


    Langkah kedua: Siapkan peralatan yang Anda butuhkan

    1. Sisir rat-tail atau fine-tooth untuk membagi rambut dalam beberapa bagian. Sisir bekerja lebih baik dibandingkan dengan jari-jari Anda
    2. Gunting yang bersih dan tajam atau cuticle nipper jika Anda memilikinya
    3. Jepit dan ikat rambut

    Meskipun penata rambut di salon Anda menggunakan gunting penipis atau razor, keberadaan dua alat tersebut tidaklah penting ketika Anda memotong rambut sendiri di rumah. Mungkin lebih baik biarkan keduanya digunakan oleh mereka yang memahami cara pakainya. Jangan gunakan gunting penipis terutama jika Anda adalah pemilik rambut tipe fine hair. “Pertahankan potongan rambut Anda,” ucap Jen. Ia menambahkan, gunting penipis hanya digunakan untuk menipiskan bagian ujungnya jika Anda berani dan ingin mengurangi tekstur rambut yang tebal.


    Langkah ketiga: Ikuti tutorial di video

    Kami menyimpan beberapa video dari penata rambut favorit kami yang dapat membantu Anda dengan panduan visual untuk memotong rambut Anda sendiri di rumah.

    Misalnya pada video berikut ini, Jen memberi contoh tentang bagaimana membagi rambut Anda secara baik dan benar sebelum memotongnya.

    Untuk melakukannya, pastikan rambut Anda bersih dan dalam keadaan basah serta gunakan belahan rambut normal Anda sebagai patokannya. Kemudian, atur rambut Anda di belakang telinga dan sisir ke depan bagian yang ingin Anda potong menggunakan sisir fine-tooth. Sebagai permulaan, poni akan mengambil bagian kurang dari satu inchi dari garis rambut Anda.

    “Trik yang baik adalah dengan menggunakan alis Anda sebagai panduannya,” kata Jen. “Untuk bagian yang pertama saat Anda membagi rambut, poni yang ingin Anda potong sebaiknya tidak lebih tebal dari titik tertinggi alis Anda. Untuk poni yang lebih tebal, ambil lebih banyak rambut sehingga bagian ujung poni sejajar dengan ujung alis Anda.

    Namun jangan melakukannya lebih dari itu. “Ketika Anda mulai mengambil bagian samping rambut, poni Anda akan terlihat lebih lebar,” kata Rob Scott Ade memperingatkan. Penata rambut Larry King tersebut juga mengajarkan followers-nya tentang bagaimana memotong sendiri poni mereka lewat unggahan di Instagramnya. Ia merekomendasikan untuk mengikat rambut Anda di belakang untuk menjaganya supaya tidak mengganggu.


    Langkah keempat: Gunakan teknik the combing box

    Langkah selanjutnya adalah menyisir rambut Anda di depan wajah. Terlihat mudah namun jangan tergoda untuk menyisirnya dengan sudut yang jauh dari mata Anda.

    “Ketika Anda menyisir rambut, bayangkan bahwa Anda berada dalam sebuah kotak. Kotak tersebut dimulai dari bagian depan ujung rambut Anda dari atas ke bawah. Ketika Anda mulai membuat rambut Anda keluar dari kotak, di sini berarti posisi rambut Anda berpindah ke samping, maka ujung poni Anda akan terlihat lebih pendek dan itu bukanlah hal yang bagus," jelas Rob.

    Tekniknya dapat Anda saksikan di unggahan Instagram Rob di sini


    Langkah kelima: Potong dengan hati-hati

    “Ambil sedikit rambut dari bagian yang sudah Anda siapkan (kira-kira satu inchi) dari tengah,” kata James Johnson, penata rambut selebriti dan ambassador Color Wow. “Satu inchi kira-kira bisa dihitung dari pangkal sampai ujung ibu jari.”

    “Potong bagian ini menggunakan metode point cut, yakni memotong rambut sedikit demi sedikit dengan ujung gunting menghadap ke atas,’ lanjutnya. Bagian ini nantinya menjadi patokan Anda untuk memotong sisa bagian rambut lainnya.


    Perlu diingat pula, karena Anda mengguntingnya saat rambut dalam kondisi basah maka “rambut Anda akan sedikit terlihat lebih pendek ketika kering,” kata Ross. Itulah mengapa Anda baiknya memotong rambut sedikit lebih panjang dari yang sebenarnya Anda inginkan. Anda bisa merapikannya kembali dan memotongnya lagi.


    Langkah keenam: Ukur panjangnya

    “Untuk poni tebal, gabungkan kedua bagian rambut Anda yang sudah dipotong ke tengah sehingga terlihat sama rata panjangnya,” lanjut James. “Untuk poni dengan panjang yang lebih bertingkat, tarik rambut dengan jari telunjuk Anda, putar jari Anda menghadap wajah kemudian potong dengan sudut 180 derajat (menghadap kepala Anda). Hasil yang didapat seharusnya terihat seperti segitiga dengan bagian yang lebih pendek di tengah dan yang lebih panjang di sisi samping.” (Video Jen dapat Anda gunakan sebagai panduan).

    Jika Anda sudah memiliki full fringe dan ingin memotongnya untuk memastikan agar panjangnya tidak menyentuh mata, “Pada dasarnya Anda tinggal menyisirnya ke bagian pangkal hidung sebagai garis patokan Anda untuk memotong poni,” jelas Rob. Untuk poni yang lebih panjang dengan hasil akhir yang membingkai wajah Anda, “sisir bagian depan rambut Anda hingga ke ujung hidung” dan gunakan titik tersebut sebagai ukuran Anda.


    Langkah ketujuh: Pastikan kembali bahwa panjangnya sama

    “Pegang rambut Anda dengan jari mulai dari akar hingga ke ujung secara bersamaan untuk memastikan panjangnya sama,” kata James. “Jika salah satu sisi terlepas lebih dulu, berarti bagian tersebut lebih pendek dibandingkan sisi lainnya. Jangan panik apabila hal ini terjadi. Potong sisi yang lebih panjang untuk menyesuaikannya agar simetris.”

    Satu tips yang baik untuk memeriksa apakah rambut Anda simetris atau tidak adalah dengan menutup mata. “Dengan demikian Anda akan terbantu saat memastikan bahwa kedua sisinya sama panjang karena pandangan mata Anda dapat menipu,’ ungkap James. “Anda akan sering melihat penata rambut melihat ke arah yang lain saat memeriksa kembali rambut yang baru mereka potong.”

    Setelah itu, blowdry rambut Anda dan lihat apakah Anda puas dengan hasil akhirnya. Anda bisa menambahkan sedikit Ouai’s Hair Mist atau Pop & Lock High Gloss dari Color Wow untuk sentuhan akhir yang lebih mengembang.


    Langkah kedelapan: Jangan lupakan penata rambut Anda

    Meskipun Anda bisa memotong rambut sendiri di rumah dan terbukti bermanfaat, “Tak ada satupun yang bisa menggantikan posisi dan kemampuan seorang hairstylist,” kata Jen memperingatkan. Oleh karena itu, sebaiknya kita tetap pergi ke salon untuk memotong rambut secara profesional ketika situasi memungkinkan. Namun jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, setidaknya mereka masih bisa membenahi kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan ketika lockdown berakhir.




    (Penulis: Becki Murray; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)



    Tags : rambut






- RELATED ARTICLE -