• Model Baju yang Bisa Dijadikan Alternatif Baju Muslim

    Fashion / Tips


    Model Baju yang Bisa Dijadikan Alternatif Baju Muslim

    Temukan pakaian-pakaian ini di dalam lemari Anda dan sulap mereka menjadi padanan baju muslim.


    Bulan ramadhan telah tiba, walau saat ini Anda masih diharuskan di rumah tak berarti bulan Ramadhan harus dijalani tanpa persiapan khusus atau dengan mengenakan busana rumah.

    Namun, bukan berarti Anda lalu terburu-buru berbelanja baju baru untuk menyambut ramadhan di rumah karena untuk mengupayakan busana muslim tidak sesulit itu. Anda bisa saja membuka isi lemari Anda dan menyatukan beberapa potong pakaian secara bersamaan yang akan menjadi setelan busana muslim yang stylish.

    Sehingga, Anda pun bisa memfungsikan pakaian-pakaian yang tidak bertemakan modest wear sebagai busana muslim yang segar, kreatif dan tentunya berbeda dari yang lain.




    Berikut jenis-jenis pakaian yang bisa difungsikan menjadi busana muslim yang dapat ditemukan di dalam lemari Anda.


    1. Tunik

    (Searah jarum jam: Jil Sander - Farfetch; Bottega Veneta - Moda Operandi; La Double J - Moda Operandi; PatBo - Moda Operandi)

    Tunik adalah tipe atasan yang umumnya dimiliki oleh hampir semua wanita, dikarenakan proporsinya yang memanjang hingga ke pinggang atau ke bagian paha, tunik mudah sekali dipadankan menjadi busana muslim.

    Apapun jenis tunik yang Anda miliki, meski tunik tersebut memiliki garis leher yang rendah atau terbuat dari bahan transparan, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai pakaian muslim. Jika tunik Anda berbahan transparan, Anda bisa mengenakan dalaman seperti dress maxi atau kemeja putih polos. Lain hal jika tunik Anda memiliki garis leher rendah, Anda juga bisa mengubah dalaman tangan panjang di dalamnya sehingga Anda tampak stylish dengan teknik berpakaian tumpuk. Lalu padankan atasan tunik dengan celana panjang bersiluet longgar atau rok panjang yang Anda miliki.


    2. Kemeja

    (Kiri ke kanan: Brognano - Farfetch; Yohji Yamamoto - Farfetch; Matteau - Moda Operandi; Toteme - Moda Operandi)

    Kemeja adalah jenis pakaian yang dilengkapi dengan sederetan kancing di bagian depan yang mudah sekali dipadankan dengan apapun. Untuk merubah fungsi kemeja menjadi atasan saat mengenakan baju muslim, pilih jenis kemeja dengan siluet oversized dan berlengan panjang sehingga menciptakan ilusi busana yang longgar dan sopan.

    Dengan kemeja, Anda bisa menjadikannya sebagai dalaman saat mengenakan outer maupun mengenakan blus transparan yang penuh pernyataan sebagai tampilan busana muslim yang unik dan berbeda dari yang lain. Lalu, bisa juga padankan celana bersiluet longgar dengan detail intrinsik atau rok panjang yang menutup hingga ke pergelangan kaki. Maka itu, koleksi kemeja oversized dengan berbagai pilihan warna dan injeksi detail yang unik sehingga Anda tak perlu lagi bingung memadankan busana muslim dengan mudah.


    3. Maxi Dress

    (Kiri ke kanan: Cult Gaia - Moda Operandi; Erika Cavallini - Farfetch; Rick Owens - Farfetch; Rodebjer - Moda Operandi)


    Pernahkah Anda terbayang bahwa gaun maxi tanpa lengan milik Anda nyatanya bisa dijadikan baju muslim? Tentu saja bisa, Anda bisa tetap mengenakan koleksi-koleksi gaun maxi baik yang berlengan maupun yang sleeveless lalu mengenakan dalaman seperti turtle neck berlengan panjang, atau bahkan kemeja berlengan panjang sehingga tetap menutupi seluruh kulit. Lalu, Anda bisa juga melapisi gaun maxi Anda dengan outer panjang berlengan sehingga pakaian Anda tetap sopan dan jangan lupa kenakan scarf untuk merubah tampilan menjadi lebih memancarkan nuansa di bulan ramadhan. Namun ketika memilih maxi dress yang dialihfungsikan menjadi busana muslim, perlu diingat untuk memerhatikan bagian garis leher maxi dress yang Anda miliki dan hindari mengenakan maxi dress dengan potongan leher plunge atau v neck.


    4. Mantel

    (Kiri ke kanan: Junya Watanabe Comme Des Garcons - Farfetch; Materiel - Moda Operandi; Max Mara - Moda Operandi; Versace - Farfetch)

    Apakah Anda memiliki koleksi mantel yang biasanya dikenakan hanya saat Anda berlibur namun terbuat dari material yang cukup ringan? Fungsikan mantel-mantel tersebut sebagai luaran di bulan ramadhan dan saat mengeksplorasi tampilan busana muslim. Jangan takut untuk mengenakannya dan merasa tampilan menjadi terlalu berat selama Anda memadankannya dengan setelan bahan satin yang juga ringan dalam format blus atau kemeja satin, lalu pilih rok maxi dengan siluet pensil atau rok lipit sebagai bawahan. Padukan tampilan ini dengan scarf bahan satin yang senada sehingga busana Anda tampak mewah.


    5. Cropped Blouse

    (Searah jarum jam: Acler - Moda Operandi; Brandon Maxwell - Moda Operandi; J. Mendel - Moda Operandi; Sally La Pointe - Moda Operandi)

    Konotasi cropped blouse memiliki bentuk menggantung di bagian perut saat dikenakan memang aneh jika dibayangkan menjadi padanan busana muslim. Namun, tipe baju ini dapat menjadi alternatif luaran baju muslim yang unik.

    Coba aplikasikan cropped blouse saat mengenakan baju gamis di bagian luar, pilih cropped blouse yang terbuat dari material kain wastra nusantara atau yang bertaburkan ornamen embroidery sehingga cropped blouse tersebut dapat dijadikan sebagai injeksi penuh pernyataan di atas busana muslim yang tampak terlalu polos. Kemudian pilihlah cropped blouse yang dibalut oleh warna yang eye catching yakni warna metalik, emas, hingga warna vibran sehingga menimbulkan efek kontras di seluruh tampilan dan busana muslim milik Anda pun tetap akan terlihat sopan dan pantas dikenakan.





    (Foto: Courtesy of Moda Operandi & Farfetch)










- RELATED ARTICLE -