• Inilah Panduan Memilih Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

    Beauty / Tips


    Inilah Panduan Memilih Toner Sesuai dengan Jenis Kulit Anda
    (Foto Courtesy of Anatolii RiepinĀ©123RF.com)

    Karena, salah memilih toner justru akan menambah masalah kulit baru.


    Bagi sebagian besar orang, tidak masalah jika tidak memasukan toner dalam rutinitas perawatan kulit mereka. Namun, melewatkan penggunaan toner adalah sebuah kesalahan besar yang akan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kulit. Pada umumnya, toner adalah produk yang berperan untuk mengangkat sisa residu makeup dan kotoran yang mungkin saja masih menempel di wajah, sekaligus mengembalikan kesimbangan pH kulit karena banyak pembersih wajah yang bersifat basa, sementara kulit bersifat sedikit asam sehingga cenderung menyebabkan kulit kering.





    Lantas, bagaimana cara memilih toner yang tepat? Inilah panduan utama untuk memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda.


    Memilih toner untuk pemilik kulit kering atau sensitif


    Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, maka pilihlah formula toner yang mampu menghidrasi, lembut dan menenangkan. Pastikan toner yang Anda pilih mengandung bahan-bahan yang alami seperti green tea, air mawar, centella asiatica atau cica, dan produk-produk yang mengandung hyaluronic acid dan glycerin, yang akan membantu menghidrasi kulit. Selain itu, kandungan lain yang dapat menenangkan kulit seperti vitamin E dan lidah buaya juga sangat sempurna untuk melembutkan dan melembapkan kulit Anda. Sebaiknya, hindari bahan-bahan seperti alkohol atau asam salisilat, karena dapat membuat kulit semakin kering dan mudah iritasi.


    Memilih toner untuk normal atau kombinasi



    Kulit normal atau kombinasi dapat dengan mudah dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Oleh karena itu, pilihlah toner yang memiliki kemampuan untuk menghidrasi dengan formula yang ringan, lembut, mengandung banyak vitamin dan antioksidan untuk musim panas, serta formula yang mengandung banyak nutrisi berbasis minyak untuk musim hujan. Bagi pemilik kulit normal atau kombinasi, pilihlah toner dengan kandungan-kandungan seperti niacinamide atau ceramide karena dapat mencerahkan sekaligus menjaga skin barrier kulit dan mengecilkan tampilan pori-pori wajah.


    Memilih toner untuk kulit berminyak atau rawan berjerawat


    Untuk kulit berminyak atau rawan berjerawat, memilih toner yang tepat itu sangat penting. Alih-alih memperoleh kulit yang sehat dan bersih, salah memilih toner justru akan menambah masalah kulit baru atau memperparah kondisi jerawat. Carilah toner yang lembut dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit yang dapat menyumbat pori-pori, penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Bahan-bahan seperti BHA, salicylic acid, tea tree, yang mampu membersihkan pori-pori secara mendalam dan membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Ditambah bahan-bahan alami lainnya seperti ginseng, air mawar atau chamomile, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengecangkan kulit, serta antioksidan yang akan membantu menangkal radikal bebas.


    Jadi sudah tidak bingung lagi, kan memilih toner yang tepat sesuai jenis kulit Anda?


    (Foto Courtesy of Anatolii RiepinĀ©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -