• Inilah Alasan Tubuh Mudah Lelah Menjelang Menstruasi

    Culture / Tips


    Inilah Alasan Tubuh Mudah Lelah Menjelang Menstruasi
    (Foto Courtesy of Andriy Popov©123RF.com)

    Meskipun umum terjadi, hal ini tentu saja dapat mengganggu rutinitas harian Anda.


    Setiap wanita, tentu akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun, menjelang menstruasi, kebanyakan wanita akan mengalami sedikit ketidaknyamanan seperti perubahan suasana hati, kembung, sakit kepala, dan mudah merasa lelah.

    Hal ini merupakan gejala umum PMS (premenstrual syndrome). Meskipun umum terjadi, hal ini tentu saja dapat mengganggu rutinitas harian Anda. Dalam beberapa kasus, kelelahan bisa menjadi sangat ekstrem yang membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

    Inilah alasan tubuh mudah merasa lelah menjelang menstruasi. Simak ulasannya!





    Apa penyebab tubuh mudah lelah menjelang menstruasi?

    Dikutip dari Healthline, berikut ini penyebabnya:


    Kadar Serotonin Berkurang

    Kelelahan sebelum menstruasi berhubungan dengan berkurangnya kadar serotonin, yakni senyawa dalam otak yang dapat memengaruhi suasana hati. Sebelum menstruasi setiap bulannya, kadar serotonin bisa naik dan turun secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan pada energi tubuh, yang juga ikut memengaruhi suasana hati. 


    Masalah Gangguan Tidur

    Kelelahan juga dapat disebabkan oleh masalah gangguan tidur yang berhubungan dengan PMS (premenstrual syndrome). Gejala PMS seperti kembung, kram, dan sakit kepala bisa membuat Anda terjaga pada malam hari. Kondisi seperti ini tentu saja dapat mengganggu waktu tidur. Selain itu, suhu tubuh cenderung meningkat sebelum menstruasi juga dapat membuat kamu lebih sulit untuk tidur.


    Bagaimana cara mengatasi tubuh mudah lelah sebelum menstruasi?

    Buat Rutinitas Tidur yang Sehat

    Pada beberapa hari sebelum menstruasi, buatlah rutinitas tidur yang sehat seperti tidur pada waktu yang sama setiap malamnya, jauhi layar gadget setidaknya satu jam sebelum tidur, serta menghindari makanan berat dan kafein empat hingga enam jam sebelum tidur. 



    Konsumsi Makanan Rendah Gula

    Konsumsi makanan yang sehat dan menghindari alkohol dapat membantu Anda menjaga energi agar tetap fit. Cobalah untuk menghindari makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, seperti soda dan minuman berenergi. Ini semua dapat menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat, yang otomatis menyebabkan tubuh Anda mudah merasa lelah. 


    Berolahraga

    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Institut of Health pada tahun 2015, berolahraga ringan seperti aerobik dapat membantu meningkatkan tingkat energi, meningkatkan konsentrasi, dan meredakan sebagian gejala PMS. Usahakan untuk tidak berolahraga beberapa jam sebelum waktu tidur, karena hal ini justru akan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.


    Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

    Untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi dapat membuat Anda merasa lebih mudah lelah dan lesu, serta dapat membuat gejala PMS menjadi lebih buruk. 




    (Foto: Courtesy of Andriy Popov©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -