• 8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menurunkan Daya Ingat

    Culture / Tips


    8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menurunkan Daya Ingat
    (Foto Courtesy of Irina Ryabushkina©123RF.com)

    Ternyata, kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan dapat memengaruhi daya ingat.


    Apakah Anda sering merasa lupa belakangan ini? Normalnya, daya ingat seseorang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia atau bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu. Namun ternyata, kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan juga dapat mempengaruhi daya ingat. Inilah beberapa kebiasan buruk yang dapat menurunkan daya ingat. Simak ulasannya berikut ini!


    1. Membiarkan stres berlarut-larut

    Perlu diketahui, stres yang berlarut-larut dapat mempengaruhi penurunan daya ingat sementara waktu. Ini karena pikiran Anda hanya akan terfokus pada hal-hal yang sedang membebani. Biasanya, kemampuan mengingat Anda akan kembali seperti sedia kala ketika stres sudah mereda. Itulah mengapa sangat penting untuk mengelola stres dengan baik. Caranya dengan meluangkan waktu bersantai atau mencoba melakukan meditasi. Jika tidak segera diatasi, stres berlarut-larut dapat menyebabkan penyakit demensia.





    2. Tidak istirahat yang cukup

    Dikutip dari Bustle, memiliki waktu tidur kurang dari 7-9 jam per malam berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kognitif. Istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan ingatan, karena beberapa tahap tidur sangat penting untuk menguatkan ingatan.


    3. Jarang olahraga dan bergerak

    Melansir dari laman Huffpost, sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi memori. Oleh karena itu, olahraga dan bergerak aktif dapat menurunkan risiko Anda mengalami penurunan daya ingat. Anda tidak harus berlatih maraton, lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging atau yoga dapat membantu meningkatkan daya ingat.


    4. Tidak memperhatikan asupan gizi

    Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Ini karena makanan-makanan yang tidak mengandung asupan nutrisi baik tersebut berpotensi merusak fungsi kognitif otak, termasuk kemampuan ingatan Anda. selain itu, dikutip dari Bustle, kurangnya asupan vitamin D, beberapa vitamin B dan zat besi dapat berdampak pada daya ingat Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan vitamin D dan B serta zat besi ya!


    5. Merokok

    Masih melansir dari laman Bustle, merokok dapat merusak fungsi paru-paru dan jantung yang pada akhirnya dapat memperlambat peredaran oksigen ke otak. Kurangnya oksigen pada otak dapat mempengaruhi fungsi otak, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penurunan daya ingat. Tak hanya itu saja, zat karsinogenik dan nikotin dalam rokok juga dapat mengakibatkan matinya sel-sel otak, yang menyebabkan penurunan daya ingat.



    6. Jarang terkena sinar matahari

    Terlalu lama di dalam ruangan ternyata sangat tidak baik untuk kesehatan otak. Dikutip dari laman Bustle, sinar matahari mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga fungsi kognitif otak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berjemur selama 10-15 menit per hari untuk menjaga kemampuan ingatan.


    7. Terlalu banyak minum alkohol

    Sebuah penelitian menunjukan bahwa terlalu banyak minum alkohol sekitar 7-10 gelas dapat mengakibatkan penurunan kerja hippocampus yang berfungsi mengolah memori jangka pendek dan menyimpan memori.


    8. Kurangnya minum air putih

    Tahukah Anda, ketika tubuh kekurangan cairan dapat menurunkan fungsi otak. Kekurangan cairan di dalam tubuh juga dapat menyebabkan stres yang akhirnya juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat sementara. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari.




    (Foto: Courtesy of Irina Ryabushkina©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -