• Ketahui 5 Penyebab Munculnya Ketombe Pada Rambut

    Beauty / Tips


    Ketahui 5 Penyebab Munculnya Ketombe Pada Rambut
    (Foto Courtesy of Irina Ryabushkina©123RF.com)

    Sebagaimana diketahui, ketombe adalah suatu kondisi umum yang dapat dialami oleh hampir semua orang.


    Ketombe adalah suatu kondisi umum yang mempengaruhi kulit kepala dan dapat dialami oleh hampir semua orang, baik wanita atau pria. Dikutip dari laman Medical News Today, ketombe adalah kondisi kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit berwarna putih atau kekuningan dengan ukuran lebih besar, serta sering disertai dengan rasa gatal dan kulit kepala berminyak. Lantas, apa perbedaan antara ketombe dan kulit kepala kering? Sekilas, mungkin tampak serupa, namun ketombe dan kulit kepala kering memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika Anda mengalami ketombe, sel-sel kulit akan menumpuk dan mengelupas, sehingga muncul serpihan-serpihan kulit berwarna putih atau kekuningan dengan ukuran lebih besar yang sering disertai dengan rasa gatal dan kulit kepala berminyak. Sementara kulit kepala kering ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih dengan ukuran lebih kecil, dan disertai dengan rasa gatal, iritasi dan mengelupas. 

    Mengalami masalah ketombe tentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, berikut ini Bazaar merangkum lima penyebab ketombe yang patut Anda tahu. Simak ulasannya!





    1. Tidak rajin keramas

    Salah satu penyebab timbulnya ketombe yang paling umum adalah karena Anda tidak rajin membersihkan rambut. Ketika malas mencuci rambut, akan terjadi penumpukan minyak, kotoran dan sel-sel kulit mati di kepala yang meningkatkan risiko timbulnya ketombe. Anda dianjurkan untuk membersihkan rambut paling tidak dua hari sekali dengan menggunakan sampo dengan kandungan yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Pastikan juga untuk membilasnya secara menyeluruh. 


    2. Tidak sering menyisir rambut

    Menyisir secara teratur dapat mengurangi risiko ketombe. Mengapa? Karena kebiasaan tersebut membantu shedding atau peluruhan kulit mati di kepala. Ketika Anda tidak sering menyisir rambut, kulit kepala tidak akan “bernapas” sebagaimana mestinya seperti saat Anda menyisir rambut. 


    3. Penggunaan produk yang tidak tepat

    Menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo adalah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya ketombe. Namun, pastikan produk yang  digunakan sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda. Bila tidak cocok, produk yang Anda gunakan dapat mengakibatkan alergi dan memicu munculnya ketombe. Selain itu, terlalu sering dan berlebihan dalam menggunakan produk penata rambut juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. 


    4. Diet

    Jika Anda sedang menjalani program diet, tidak menutup kemungkinan pola diet yang Anda jalankan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. Menjalani program diet tanpa pengawasan ahlinya bisa membuat Anda kehilangan nutrisi seperti vitamin B dan seng yang dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe. 



    5. Stres

    Penyebab ketombe berikutnya yaitu tingginya tingkat stres. Pasalnya, terlalu stres mengakibatkan perubahan pada hormon yang membuat kulit kepala Anda menghasilkan terlalu banyak minyak. Kondisi semacam ini yang menjadi penyebab timbulnya ketombe. Menjaga kondisi mental agar tidak terlalu stres dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah ketombe. 


    Jika sudah mengetahui apa saja penyebab munculnya ketombe pada rambut, berikut ini ciri-ciri ketombe yang perlu Anda ketahui, apa saja? Ciri ketombe yang paling umum terlihat adalah munculnya serpihan kulit berwarna putih atau kekuningan dengan ukuran lebih besar, disertai dengan kulit kepala terasa gatal dan berminyak. 

    Seperti diketahui, kelebihan produksi minyak pada kulit kepala tentu dapat meningkatkan peluang munculnya ketombe. Karena, minyak yang ada pada kulit kepala dapat memerangkap kotoran, inilah yang menyebabkan munculnya ketombe. 




    (Foto: Courtesy of Irina Ryabushkina©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -