• Sajian Telur Dari Berbagai Belahan Dunia

    Culture / News


    Sajian Telur Dari Berbagai Belahan Dunia

    Ternyata telur mata sapi berasal dari negara Prancis!


    Segudang manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi telur. Sumber protein, omega hingga vitamin B kompleks yang terkandung di sebutir telur memang tidak terhingga.

    Selain itu, telur dapat dikatakan sebagai salah satu bahan masakan yang praktis dan mudah ditemukan. Ditambah lagi harganya amat bersahabat. Soal kelezatan pun, tidak perlu diragukan.




    Kayanya varian sajian telur dari seluruh dunia cukup membuktikannya! Apakah Anda juga termasuk sebagai salah satu pencinta telur? Baik dijadikan sajian menu utama maupun bahan racikan pendamping sebuah menu makanan, telur tetap saja selalu menggiurkan untuk disantap.

    Sebagai inspirasi sekaligus informasi, di bawah ini Bazaar merangkum sejumlah sajian telur nikmat khas dari enam negara di dunia.


    1. Telur mata sapi, Prancis


    Bukan berasal dari Indonesia, telur mata sapi justru berasal dari Prancis. Oeil de Boeuf merupakan nama asli dari telur mata sapi, di mana kuning telur yang diolah tanpa dipecahkan, memang sekilas tampak seperti mata seekor sapi. Diadaptasikan dalam bahasa keseharian kita, sajian telur praktis dan nikmat ini pun disebut dengan istilah telur mata sapi atau telur ceplok.


    2. Scotch egg, Inggris


    Berasal dari Yorkshire, Inggris, berikutnya terdapat sajian telur yang bernama scotch egg. Cara penyajiannya cukup unik, scotch egg merupakan telur rebus, yang kemudian dibalurkan dengan lapisan luar berupa tepung roti. Sebagai sentuhan akhir, kemudian telur ini akan digoreng di dalam minyak panas. Hidangan ini juga bisa menggunakan sosis atau daging bacon.


    3. Tamagoyaki, Jepang


    Tamagoyaki juga menjadi salah satu sajian telur favorit di dunia! Dari namanya Anda pasti telah dapat menebak jika sajian telur khas yang satu ini berasal dari negara Jepang. Cara pembuatannya adalah kocokan telur dipanaskan kemudian digulung hingga membentuk lapisan. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan teflon.



    4. Omelet, Iran


    Sering menjadi menu pilihan untuk sarapan, selanjutnya terdapat omelet. Olahan telur nikmat yang dapat disajikan dalam berbagai tingkat kematangan dan topping ini ternyata berasal dari Iran. Susu, krim, keju, jamur, potongan sayuran dan ham dengan bahan dasar utama berupa telur menjadi perpaduan lezat.


    5. Huevos rancheros, Meksiko


    Huevos rancheros merupakan olahan telur khas dari Meksiko. Namanya yang agak sulit dilafalkan tidak mengurangi kelezatan olahan telur autentik yang satu ini. Bahan dasar telur dicampurkan dengan biji jagung, tepung tortilla dan saos salsa. Selain itu, juga terdapat potongan tomat, bawang, cilantro dan taburan bubuk cabai.


    6. Deviled eggs, Italia


    Deviled eggs atau dikenal dengan sebutan Russian eggs, sama sekali tidak ada hubungan dengan negara asalnya. Sajian telur ini bukan berasal dari Rusia, melainkan Italia. Telur rebus yang dipotong sebagian ini biasanya disajikan sebagai menu pembuka dari acara jamuan makan.




    (Foto: Courtesy of Miguel Andrade on Unsplash, Instagram @putrihabibie, @itshollyx, @choco_erica, @tishaveggieeats, @chillipeppermadness, @carla.capalbo.gastrogy)










- RELATED ARTICLE -