• 6 Rekomendasi Film Indonesia dengan Teknologi CGI Terbaik

    Culture / News


    6 Rekomendasi Film Indonesia dengan Teknologi CGI Terbaik

    Kilas perkembangan dunia film dalam negeri.


    Industri perfilman Indonesia terus mengalami perkembangan. Terutama di beberapa tahun belakangan. Tidak hanya ditandai dengan kemunculan rentetan judul film lokal berkualitas yang dapat disaksikan. Kemajuan ini juga diiringi dengan teknologi CGI yang mulai diaplikasikan di sejumlah judul film buatan dalam negeri.

    CGI atau Computer-Generated Imagery merupakan wujud inovasi efek yang kerap diaplikasikan dalam pembuatan proyek film. Teknologi ini menggabungkan beberapa rangkaian visual untuk membuat ilusi gerakan. Sejumlah judul film buatan dalam negeri pun terbukti sukses mengaplikasikan teknologi CGI. Berikut enam di antaranya.





    1. Gundala (2019)


    Masih segar di ingatan, Gundala belum lama tayang di bioskop perfilman Indonesia, tepatnya di tahun 2019. Film aksi superhero garapan Joko Anwar ini termasuk salah satu film yang menampilkan teknologi CGI. Gundala bercerita mengenai tokoh utama yang bernama Sancaka. Ia dikisahkan memiliki kekuatan super akibat terkena sambaran petir. Sejumlah adegan pertarungan Sancaka melawan para musuhnya menampilkan kecanggihan teknologi CGI.


    2. Foxtrot Six (2019)


    Film bergenre aksi lainnya yang dirilis di tahun 2019, serta juga mengaplikasikan teknologi CGI adalah Foxtrot Six. Menampilkan para aktor kawakan dalam negeri, di antaranya Oka Antara, Chico Jericho dan Julie Estelle, film ini hadir dengan efek CGI berkualitas. Rumah produksi MD Entertainment dikabarkan menghabiskan biaya produksi sebesar 70 miliar Rupiah untuk pembuatan film Foxtrot Six


    3. Bumi Manusia (2019)



    Jika tadi kita membahas mengenai teknologi CGI yang diaplikasikan di sejumlah adegan aksi dan diangkat dari sastra karya Pramoedya Ananta Toer ini menyajikan hasil efek CGI dari sisi latar belakang lokasi dan waktu. Hampir sebagian durasi dari film Bumi Manusia menampilkan lokasi dan tempat dengan kecanggihan efek CGI. Bumi Manusia merupakan film karya rumah produksi Suryanation.  


    4. Bangkit (2016)


    Disutradai oleh Rako Prijanto, selanjutnya terdapat film berjudul Bangkit. Dibintangi oleh Vino G. Bastian, Acha Septriasa, Putri Ayudya, dan Deva Mahendra, film ini bercerita mengenai Jakarta yang dilanda bencana besar. Efek CGI yang begitu rapih di film ini menerima berbagai pujian dari para kritikus maupun pencinta film Indonesia.


    5. Comic 8 (2014) & Comic 8: Casino Kings part 2 (2016)


    Di kedua judul filmnya, Comic 8 juga menghadirkan teknologi CGI yang mendominasi. Film aksi humor ini menarik perhatian para pencinta film Tanah Air. Tidak hanya alur cerita dan akting para pemainnya yang menyegarkan, film produksi Falcon Pictures ini juga unggul dengan aplikasi teknologi CGI terkini.


    6. Garuda Superhero (2014)



    Kilas balik ke tahun 2014, film bertajuk Garuda Superhero merupakan film animasi pelopor pertama di Tanah Air yang menampilkan teknologi CGI. Dalam proses pembuatannya, film ini bahkan melibatkan sembilan ahli CGI ternama kelas dunia. Termasuk yang didatangkan langsung dari Hollywood. Film yang disutradari X-Jo ini kemudian menginspirasi sejumlah judul film lokal lainnya untuk turut mengaplikasikan teknologi CGI. 




    (Foto & Video: Courtesy Felix Mooneeram on Unsplash & www.youtube.com)










- RELATED ARTICLE -