• Aktivitas Seru di Rumah Bersama Pasangan Tercinta

    Culture / News


    Aktivitas Seru di Rumah Bersama Pasangan Tercinta
    Courtesy of Dean Drobot©123RF.com

    Nikmati momen kesempatan berada di rumah dengan pasangan sebagai sesuatu yang menguntungkan dan jauhi kebosanan dengan aktivitas yang seru.


    Ketika diharuskan berdiam di rumah bersama pasangan, awalnya memang terdengar bukan hal yang sulit atau sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Kemungkinan besar justru Anda dan pasangan merasa senang karena bisa memiliki banyak quality time setelah harus menjalankan beragam rutinitas di luar rumah saat situasi masih normal.

    Namun, tentu ada saat di mana Anda berdua merasa semakin hari hubungan Anda berdua semakin monoton, atau justru tidak terlalu banyak diwarnai oleh quality time seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Mungkin hal itu disebabkan karena salah satu dari Anda justru terlalu banyak berkutat dengan smartphone, lebih fokus bermain game atau menonton film terus menerus, atau malah salah satu dari Anda tidak terlibat sekali dalam pekerjaan rumah yang seharusnya dikerjakan berdua.

    Hal seperti di atas dapat membahayakan sebuah hubungan terutama ketika Anda berdua terus menerus berada di bawah atap yang sama tanpa ada 'break' dari satu sama lain seperti biasanya.




    Di negara China sendiri, semenjak mereka memutuskan untuk melakukan karantina, angka perceraian melambung tinggi yang mana menurut Bloomberg, ada banyak pasangan yang menggugat cerai satu sama lain pada awal bulan Maret tahun ini. Rata-rata seluruh gugatan perceraian tersebut merupakan dampak dari kurangnya membangun komunikasi yang berkualitas antar pasangan sehingga menyebabkan kekecewaan dan keinginan untuk bercerai.

    Karena itu, dibutuhkan kerja sama antar pasangan untuk terus menjaga hubungan pernikahan tetap harmonis di kala situasi yang mengharuskan keduanya terus berdekatan. Setiap pasangan juga harus menanamkan pikiran positif terhadap situasi saat ini sehingga menyebarkan aura positif di rumah. Untuk memproduksi aura positif dan menciptakan kualitas dalam hubungan, tentu dibutuhkan usaha seperti membangun aktivitas-aktivitas yang akan mendekatkan Anda dan pasangan.

    Berikut Bazaar rangkum aktivitas dan saran para pakar agar yang dapat meningkatkan quality time Anda berdua dan menghindari hubungan Anda dari konflik tak berarti.


    Positive Thinking

    Perbedaan di antara Anda dan pasangan tentu ada, jangan biarkan perbedaan tersebut menjadi sesuatu yang besar. Coba giring pikiran Anda dengan melihat sisi baik dari pasangan Anda atau mengajak ia bicara dengan baik-baik dibandingkan dengan hanya memendam kekesalan Anda atau berkata dengan nada yang tinggi. Jadikan pikiran positif dan komunikasi yang baik sebagai alat untuk menghindari Anda dari konflik bersama pasangan.


    Date night

    Saat semua hal masih berjalan dengan normal, Anda dan pasangan tentu terus meluangkan waktu setidaknya sekali dalam seminggu untuk melakukan date night tanpa anak-anak maupun teman-teman. Jangan hilangkan tradisi tersebut hanya karena Anda berdua berada di rumah setiap hari. Tetap pertahakan tradisi date night Anda berdua sehingga Anda memiliki suatu hal yang ditunggu-tunggu dan membuat Anda merasa bersemangat kembali. Karena Anda berdua harus berkencan di rumah, jadikan kegiatan memasak resep baru atau fancy dinner sebagai bagian dari kencan Anda. Lalu, atur meja makan Anda sedemikian rupa dan kenakan pakaian yang bagus layaknya saat Anda berdua berkencan di sebuah restoran.


    Play Games

    Saat Anda berdua membutuhkan hiburan, jangan hanya terpaku dengan kegiatan menonton film di Netflix. Cobalah memainkan permainan yang membutuhkan kedua tangan dan pikiran seperti bermain puzzle, board games, atau mungkin permainan yang melibatkan eksperimen. Dengan bermain bersama, Anda akan memerlukan kerja sama dengan pasangan, menumbuhkan perasaan kompetitif, dan memerlukan pikiran yang akan membantu Anda berdua melupakan waktu sekaligus mendekatkan diri dengan satu sama lain.


    Cocktail Hour

    Bereksperimen dengan minuman beralkohol atau tanpa alkohol dengan membuat cocktail atau mocktail bersama pasangan. Cobalah resep-resep yang menarik minat Anda berdua atau bahkan coba saling mendedikasikan sebuah cocktail untuk satu sama lain dengan komposisi minuman yang terdiri dari bahan-bahan favorit pasangan Anda.



    Mixtape

    Apakah Anda ingat saat Anda bersekolah dahulu, Anda dan teman-teman kerap saling bertukar mixtape? Kali ini, buatlah sebuah playlist di Spotify yang Anda dan pasangan dedikasikan untuk satu sama lain. Masukkan lagu-lagu memorable yang sudah menemani hubungan Anda selama ini atau lagu-lagu dengan lirik yang mengekspresikan perasaan Anda ke pasangan.


    Study group

    Saat ini ada banyak sekali online course yang disediakan secara gratis untuk Anda nikmati sekaligus menambah ilmu pengetahuan. Tak ada salahnya mengajak pasangan untuk mempelajari suatu hal bersama-sama yang sesuai dengan minat Anda berdua, dengan aktivitas ini Anda berdua jadi bisa saling berdiskusi dan memiliki topik pembicaraan yang tidak membosankan.


    Team work

    Salah satu penyebab banyaknya terjadi perceraian selama karantina juga datang dari salah satu pasangan di sebuah pernikahan yang merasa sang suami/istri tidak membantu mereka untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Maka itu, dibutuhkan kerja sama yang kompak, cobalah aktivitas membersihkan rumah bersama-sama atau saling bergantian mengurus anak-anak sehingga salah satu pasangan tidak merasa lebih terbebani atau merasa sendirian.


    Work out

    Temukan dan diskusikan olahraga yang menarik minat Anda berdua kemudian lakukan olahraga tersebut secara rutin bersama-sama sehingga Anda berdua tidak hanya menjadi sama-sama bugar namun juga menghindari Anda berdua dari rasa bosan di rumah.


    Selamat mencoba!


    (FOTO: Courtesy of Dmitrii Shironosov©123RF.com, Dmytro©123RF.com, Dean Drobot©123RF.com, Natallia Sorokina©123RF.com, Antonio Guillem©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -