• Pentingnya Membersihkan Perhiasan Agar Terbebas dari Bakteri

    Culture / Tips


    Pentingnya Membersihkan Perhiasan Agar Terbebas dari Bakteri

    Terutama di masa mewabahnya virus corona.


    Kapan terakhir kali Anda mencuci tangan? Pasti pertanyaan tersebutlah yang terus melekat di pikiran di masa mewabahnya virus corona. Atau, Anda berulang kali mengecek ketersediaan stok sabun tangan agar tidak kehabisan. Anda pun tidak ketinggalan mengikuti kabar terkini seputar gelaran promo sabun antiseptik dan penyanitasi tangan.

    Satu hal yang juga perlu diperhatikan, jangan lupakan untuk turut menjaga higienitas koleksi perhiasan maupun aksesori Anda. Anda baru saja keluar rumah dan saat pulang, Anda langsung melepaskan cincin untuk mencuci tangan. Namun, Anda melupakan hal yang penting! Selain mencuci tangan, Anda juga wajib mencuci cincin yang baru saja dipakai barusan.




    Faktanya, virus Corona juga dapat hidup di berbagai macam permukaan, tidak hanya di kulit. Jika Anda masih belum menyadari pentingnya membersihkan koleksi perhiasan, maka saatnya Anda mulai melakukannya.

    Cara membersihkan perhiasan di rumah juga tidak sesulit itu untuk dilakukan. Di bawah ini, sejumlah bahan dan peralatan  yang dapat Anda gunakan.


    1. Sabun, air dan sikat gigi


    Bahan dan peralatan dasar yang sudah pasti tersedia di rumah Anda. Sabun dan air merupakan kombinasi terbaik untuk membersihkan permukaan metal. Caranya mudah dan praktis. Rendam perhiasan Anda selama 20 hingga 40 menit di air hangat. Setelah itu, gunakan sikat gigi untuk menggosok perlahan perhiasan Anda menggunakan sabun dan air. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air bertemperatur normal. Lap dengan kain lembut kering.


    2. Bir


    Benar sekali, bir. Anda tidak salah membaca. Bir dapat mengangkat kotoran secara sempurna pada perhiasan, terutama di material emas murni. Anda cukup menggunakan sedikit cairan bir dan lap perhiasan emas murni Anda dengan handuk berbahan lembut. Gunakan berbagai jenis bir, namun hindari bir hitam.


    3. Hidrogen Peroksida



    Hidrogen peroksida memang dikenal akan manfaat maksimalnya saat membersihkan. Karena itulah larutan ini banyak digunakan di sejumlah produk pembersih. Anda juga dapat menggunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan perhiasan. Caranya, gunakan mangkuk kecil dan letakkan perhiasan yang ingin dibersihkan. Diamkan dengan sedikit hidrogen peroksida selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air dingin dan lap menggunakan kain lembut kering.


    4. Ammonia


    Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan ammonia untuk membersihkan lapisan emas dan perak. Campurkan setengah tutup botol ammonia di secangkir air hangat. Rendam perhiasan Anda selama 10 menit. Kemudian usap dengan handuk lembut, dan biarkan mongering dengan sendirinya. Jangan gunakan ammonia untuk perhiasan berjenis mutiara.


    5. Saus Tomat


    Bazaar tutup dengan manfaat ajaib saus tomat dalam membersihkan perak. Jenis saus nikmat yang satu ini ternyata memiliki kandungan yang membuat perhiasan perak kembali bersinar seperti baru. Oleskan saus tomat di permukaan perak, tidak perlu terlalu lama. Bilas dengan air sembari bersihkan, kemudian keringkan. Untuk kebersihan ekstra, Bazaar sarankan untuk mencucinya ulang menggunakan air dan sabun secukupnya.




    (Foto: Courtesy of Siora Photography on Unsplash, Instagram @karimaaboulhoulda, @beeenaaaka7_, @melissamio, @naturecare.com.ua, @heinz)










- RELATED ARTICLE -