• Ragam Essential Oil untuk Perawatan Kecantikan

    Beauty / Tips


    Ragam Essential Oil untuk Perawatan Kecantikan
    (Foto Courtesy of iakovenko©123RF.com)

    Apa saja essential oil yang paling efektif untuk mengatasi masalah kulit?


    Popularitas essential oil dalam dunia kecantikan, khususnya perawatan kulit terus meningkat — terutama bagi para wanita penggemar perawatan kulit alami. Tapi, apakah benar essential oil memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit? Menurut dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York City, jangan berasumsi bahwa semua essential oil dapat membantu merawat kulit Anda. Sebaiknya tanyakan dokter kulit Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan essential oil.

    Yang perlu Anda perhatikan adalah penting untuk mencampurkan essential oil dengan minyak pembawa, misalnya argan oil atau minyak kelapa sehingga lebih aman untuk diaplikasikan pada kulit. Baca terus artikel ini sampai habis untuk mengetahui essential oil apa saja yang paling efektif untuk mengatasi masalah kulit.





    Tea Tree Oil

    Penelitian telah menunjukan bahwa tea tree oil efektif untuk mengatasi masalah jerawat ringan hingga sedang, yang bekerja dengan menangkal bakteri penyebab jerawat, sehingga mencegah jerawat datang lagi dikemudian hari. Efek samping yang ditimbulkan setelah pemakaian tea tree oil yakni dapat menyebabkan kulit kering, serta terasa panas seperti terbakar. Oleh karena itu, Anda wajib mengoleskan pelembap setelah menggunakan tea tree oil dan lakukan patch test terlebih dahulu. Baiknya, jangan langsung membubuhkan minyak tea tree berkadar tinggi pada kulit.


    Lavender Oil

    Sebuah penelitian menunjukan bahwa lavender oil memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi iritasi kulit, kemerahan, dan mengembalikan warna kulit alami Anda serta menjadikannya lebih cerah.


    Rosehip Oil

    Rosehip oil mengandung vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan asam lemak esensial yang dapat membantu meregenerasi sel, memperbaiki tekstur kulit hingga memudarkan tampilan garis-garis halus. Tidak heran jika Kate Middleton dikabarkan merupakan salah satu penggemar rosehip oil untuk perawatan kulitnya.


    Frankincense Oil

    Frankincense Oil mungkin tidak sepopuler essential oil lainnya, namun ternyata minyak ini memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti untuk menenangkan kulit yang iritasi, sebagai anti penuaan dan membantu mencerahkan kulit kusam. Minyak ini sangat cocok digunakan bagi pemilik kulit kering dan mature.



    Rosemary Oil

    Menurut sebuah studi tahun 2014, rosemary oil diperkaya dengan pertahanan oksidatif yang dapat mencegah kulit Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas berbahaya. Selain itu, minyak rosemary juga mampu meningkatkan sirkulasi serta mengurangi peradangan.


    Lemon Oil

    Sebuah penelitian lama menemukan bahwa lemon oil dapat mengurangi efek stres oksidatif dan nitrosatif pada kulit Anda. Ketika dioleskan pada kulit, lemon oil mampu menghambat reaksi yang disebabkan oleh radikal bebas, penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan


    Itulah enam essential oil yang baik untuk perawatan kulit. Perlu diingat, meskipun essential oil termasuk ke dalam bahan alami, namun tetap ada risiko alergi yang dapat ditimbulkan. Oleh karena itu, selalu lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan essential oil keseluruh wajah.

    Jangan pernah menggunakan minyak esensial dalam bentuk paling murni. Campurkan dengan minyak pembawa seperti coconut oil dan argan oil. Beberapa essential oil, seperti lemon oil bersifat fototoksik. Ini berarti bahwa minyak ini mungkin memiliki reaksi negatif ketika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan essential oil tersebut pada malam hari sebelum tidur. Satu lagi, simpanlah essential oil di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.




    (Foto Courtesy of iakovenko©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -