• 5 Resep Masker Rambut dari Bahan Dapur Rumah Anda!

    Culture / News


    5 Resep Masker Rambut dari Bahan Dapur Rumah Anda!

    Resep yang disetujui ahli dengan hasil nyata.


    Tidak peduli seberapa bagus sampo dan kondisioner Anda, kadang-kadang Anda membutuhkan masker untuk mengembalikan rambut Anda ke bentuk paling lembut dan bersinar. Tidak dapat keluar ke salon di saat karantina ini? Seperti masker wajah DIY favorit kami, ada banyak resep jenius yang dapat Anda siapkan dengan bahan-bahan di dapur Anda. Masker minyak kelapa adalah favorit kami berkat kekuatannya, tetapi jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru (atau Anda sudah menggunakan semua minyak kelapa Anda) ada banyak ramuan rambut alami lainnya yang patut dicoba. Kami bertanya ke lima ahli rambut teratas untuk berbagi resep masker rambut DIY yang mereka rekomendasikan, masing-masing menawarkan manfaat berbeda untuk semua jenis dan tekstur rambut.


    Masker untuk Rambut Kering

    Untuk rambut yang membutuhkan nutrisi, masker sederhana ini dari Direktur Artistik Moroccanoil Kevin Hughes. Selain minyak kelapa dan madu andalan, "Minyak argan yang kaya akan vitamin E, asam lemak esensial, dan antioksidan, yang semuanya dapat membantu melembapkan dan menyehatkan rambut," jelas Kevin. "Orang dengan rambut rusak dan/atau kering akan melihat hasil terbaik dari masker ini, dan ini juga dapat digunakan untuk semua jenis rambut," tambahnya.




    Bahan:

    2 sdm. minyak kelapa yang dilelehkan

    2 sdm. madu

    1 sendok teh. minyak argan (Kevin merekomendasikan Moroccanoil Pure Argan Oil)


    Petunjuk:

    Pisahkan rambut menjadi empat bagian. Kemudian, ambil masker dan dengan lembut sisir rambut dengan tangan Anda dari pertengahan hingga ujung, sebarkan secara merata. Lanjutkan sampai masker didistribusikan ke seluruh rambut. Jika rambut Anda panjang, tarik ke atas dan sanggul di atas kepala Anda, dan gunakan shower cap. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan sampo dan ikuti dengan kondisioner normal Anda.


    Masker Multitasking

    Atas perkenan Jana Blankenship, pendiri lini kecantikan alami, Kapten Blankenship, dan penulis Wild Beauty, masker yang menghidrasi ini memiliki dua bahan yang sederhana. "Yogurt kaya akan protein yang dapat membantu memperkuat rambut, sementara asam laktat membersihkan rambut dan membantu meningkatkan pergantian sel kulit mati," jelas Jana. "Madu adalah pelembut sekaligus pelembap, yang berarti itu dapat membantu rambut mempertahankan kelembapan sambil membantu menghaluskan dan melembutkan rambut Anda." Yang terbaik dari semuanya adalah, "Masker ini sangat bagus untuk semua jenis rambut dan juga dapat digunakan sebagai masker wajah."

    Bahan:

    2 sdm. yogurt, idealnya yang penuh lemak

    1 sendok teh. madu


    Petunjuk:

    Campur bahan dalam mangkuk kecil. Oleskan dari akar sampai ke ujung rambut. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas bersih.


    Masker Untuk Rambut Keriting yang Mudah Kusut

    Untuk rambut dengan jenis ikal alami yang membutuhkan nutrisi tambahan, Alicia Bailey, manajer pendidikan global untuk label Essentials medesain perawatan rambut yang memiliki solusi sempurna untuk jenis rambut ini. Alpukat, madu, dan minyak semuanya dapat meresap ke rambut dengan kelembaban yang sangat dibutuhkan, tetapi ada bahan rahasia: "Santan tidak hanya melembapkan, tetapi juga dapat membantu mencegah kusut," kata Alicia.

    Bahan:

    1 alpukat sedang atau besar

    2 sdm. kelapa, alpukat, atau minyak zaitun

    1 sendok teh. santan

    1 sendok teh. madu


    Petunjuk:


    Dalam mangkuk kecil, tumbuk semua bahan menjadi satu. Lanjutkan pencampuran sampai campuran terlihat seperti pasta, dan semua bahan tercampur dengan baik. Bagi rambut menjadi empat bagian dan oleskan dari ujung sampai ke akar, menutupi seluruh kepala. Oleskan masker plastik dan biarkan masker tetap di rambut selama minimal 20-30 menit. Jika Anda memiliki pengering portabel, duduklah di bawah pengering untuk penetrasi lebih dalam. Bilas dengan air hangat, lalu keramas dengan sampo bebas sulfat, diikuti dengan kondisioner yang melembapkan. Bilas, lalu oleskan kondisioner dan lanjutkan dengan menata gaya rambut Anda.


    Masker Penghalus Rambut

    Dengan hanya tiga bahan (termasuk air), masker sederhana dari Jessielee Meltz, penata rambut di IGK Soho, New York, menjanjikan rambut lebih halus dan berkilau. “Cuka sari apel menutup kutikula rambut Anda, menjadikannya lebih halus, tidak mudah kusut, dan lebih berkilau,” kata Jessielee. "Dikatakan asam alfa-hidroksi dapat membantu mengurangi ketombe." Sementara itu, bahan favorit semua orang, madu, dapat "mengurangi kerusakan, membuat rambut tetap kuat, sehat dan tumbuh lebih lama," tambah Jessielee.

    Bahan:

    2 sdm. cuka sari apel

    1 sendok teh. madu

    1 sendok teh. air


    Petunjuk:

    Setelah keramas, campurkan bahan ke telapak tangan Anda dan oleskan dari kulit kepala sampai ujung. Pakai shower cap dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air dingin.


    Masker Detoks

    Pemilik salon Spiral (x, y, z) di New York, dan pendiri CurlyWorld, Lorraine Massey. “Air lemon memiliki efek alkalisasi, artinya dapat membantu menetralkan dan menghilangkan lapisan silikon dan minyak pada serat rambut,” kata Lorraine.

    Bahan:

    2 lemon

    Jahe yang cukup besar

    Daun mint (opsional)

    Air


    Petunjuk:

    Blender tiga bahan pertama secara bersamaan, lalu saring untuk mendapatkan sarinya. Campur cairan yang tersisa dengan 2 sdm. sampai satu liter air (tergantung seberapa pekat yang Anda inginkan) dan aplikasikan pada rambut basah. Pijat kulit kepala selama satu menit atau lebih untuk merangsang aliran darah dan melonggarkan penumpukan pada kulit kepala. Bilas campuran masker dan ikuti dengan pembersih atau kondisioner bebas sulfat, bebas silikon.

     



    (Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)










- RELATED ARTICLE -