• 7 Manfaat Eksfoliasi yang Perlu Anda Ketahui

    Beauty / Tips


    7 Manfaat Eksfoliasi yang Perlu Anda Ketahui
    (Foto courtesy of puhhha©123RF.com)

    Apakah perlu untuk rutin melakukan eksfoliasi?


    Apakah perlu untuk rutin melakukan eksfoliasi? Jawabannya, sangat perlu. Pasalnya, kulit kusam atau pori-pori tampak lebih besar bisa diakibatkan karena Anda kurang rajin melakukan eksfoliasi pada wajah. Melansir dari laman American Academy of Dermatology, eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah dan menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kulit. Oleh karena itu, Bazaar menjabarkan tujuh manfaat eksfoliasi untuk kulit wajah yang perlu Anda ketahui. 


    1. Mencerahkan Wajah

    Salah satu manfaat eksfoliasi yakni dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit bisa menyebabkan wajah terlihat lebih kusam dan warna kulit tidak merata. Dengan rutin melakukan eksfoliasi, dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit cerah dan merata.





    2. Membantu Proses Regenerasi sel

    Eksfoliasi dapat membantu proses regenerasi sel kulit lebih cepat, sehingga kulit wajah terlihat lebih sehat dan cerah. Pada umumnya, kulit akan mengalami regenerasi sel secara alami setiap 28 hari sampai 30 hari. 


    3. Meningkatkan Produksi Kolagen

    Rutin melakukan eksfoliasi dapat membantu kulit meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tampak lebih kencang, meminimalkan tampilan garis-garis halus, dan kerutan pada kulit wajah.  


    4. Membersihkan Pori-Pori Tersumbat

    Melakukan eksfoliasi secara teratur juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga tidak ada lagi kotoran tersisa penyebab munculnya blackheads, whiteheads, dan jerawat.  


    5. Mencegah Jerawat

    Penyebab umum munculnya jerawat adalah wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal. Dengan rutin melakukan eksfoliasi dapat membersihkan dan mengangkat sisa kotoran-kotoran yang mungkin saja masih menempel, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah Anda.  


    Baca juga : Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit



    6. Membantu Efektifitas Skincare

    Dengan melakukan eksfoliasi dapat membantu produk skincare yang Anda gunakan bekerja secara maksimal. Ini karena sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah dapat membuat produk skincare yang Anda gunakan setiap hari tidak akan terserap secara maksimal. Hal ini membuat wajah Anda tidak mengalami perubahan setelah rutin menggunakan produk skincare tertentu. 


    7. Makeup Lebih Tahan Lama

    Manfaat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi Anda dengar. Karena tidak sedikit beauty influencer yang membagikan tip makeup tahan lama versi mereka, yakni dengan rutin melakukan eksfoliasi. Kulit wajah yang bersih dan sehat, tentu bisa membuat riasan wajah lebih flawless dan tahan lama. 


    Pengelupasan sel-sel kulit mati dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara mekanis (physical exfoliator) dan kimiawi (chemical exfoliator). Untuk eksfoliasi secara mekanis, menggunakan alat dan face scrub. Sedangkan eksfoliasi secara kimiawi, menggunakan produk-produk perawatan kecantikan dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau BHA (Beta Hydroxy Acids).

    Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Oleh karena itu, cukup lakukan eksfoliasi satu hingga dua kali saja dalam seminggu, agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit. 




    (Foto: courtesy of puhhha©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -