• 10 Keuntungan Kesehatan lewat Latihan Yoga Setiap Hari

    Culture / Tips


    10 Keuntungan Kesehatan lewat Latihan Yoga Setiap Hari

    Hanya dengan 15 menit latihan yoga setiap hari akan mengubah chemistry otak dan meningkatkan mood Anda.


    Butuh sesuatu yang menenangkan? Sangat menggiurkan untuk pergi minum, memesan pizza atau mentraktir diri Anda sendiri dengan membeli sepatu saat Anda sedang murung, namun meluangkan 15 menit waktu untuk latihan yoga dapat mengubah mood (dan kesehatan Anda) tanpa Anda duga lho!

    Dimana pun Anda berada dan apapun yang Anda lakukan, sangatlah mudah latihan yoga hanya 15 menit dalam sehari. Berikut 10 alasan kenapa hal ini sangat berharga:


    1. Meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan postur tubuh

    Yoga harian akan membantu Anda melenturkan dan mengecangkan otot tubuh Anda. Gerakan-gerakan populer seperti plank akan menstimulasi kerja pengencangan tangan, kaki, bahu, dan perut. Anda tidak perlu harus super fleksibel saat latihan yoga, daya tarik yoga sendiri adalah latihan ini dilakukan sesuai tingkat kemampuan Anda.

    Beberapa menit latihan gerakan seperti warrior atau downward facing dog, akan membuat Anda benar-benar merasakan perbedaan pada fleksibilitas, walaupun tumpuan Anda belum begitu bagus.


    2. Lebih baik dari fitness

    Saat memikirkan tentang meningkatkan kesehatan, banyak dari kita akan berpikir untuk melakukannya di pusat kebugaran. Namun angkat bebadn bukanlah satu jalan untuk latihan olahraga. Yoga memberi semua yang pusat kebugaran miliki, namun dalam jalur ketenangan, aman, dan holistik. Yoga mengombinasikan latihan dari aspek kardio, fungsional, dan kekuatan menjadi satu kesatuan. Apa lagi yang Anda cari? Bagian terbaik dari latihan ini adalah dapat dilakukan sesuai kemampuan Anda, di dalam rumah Anda.



    3. Mengurangi berat badan

    Anda tidak perlu latihan hot yoga atau harus mampu menumpu berlipat ganda dalam pose yoga untuk mengurangi bobot tubuh. Latihan yoga secara perlahan setiap hari akan mengisi energi sistem metabolisme dan itu akan membantu dalam proses pembakaran lemak, yang ujung-ujungnya menjadi pengurangan berat badan. Yoga harian juga akan membantu mengembalikan keseimbangan hormon di dalam tubuh Anda, yang nantinya juga akan membuat berat badan jadi normal.

    Latihan yoga harian akan mengisi energi sistem metabolisme dan membantu pembakaran lemak. Level kortisol, hormon yang dikeluarkan untuk merespon stres dan konsentrasi darah-glukosa rendah, akan menurun, sehingga menjadikan Anda mengurangi keinginan makan. Latihan yoga harian juga akan menguatkan koneksi tubuh dan pikiran dan menolong Anda untuk lebih mengontrol emosi secara efektif dibanding mencari makanan untuk membalas perasaan tidak enak itu.


    4. Meningkatkan energi Anda

    Hanya beberapa latihan yoga setiap hari akan menyediakan energi yang cukup di dalam kesibukan dan membuat kita tetap segar lebih lama. Yoga, dengan sienrgi yang unik di dalam kerja tubuh dan pernapasan, sangat sempurna saat energi Anda menurun.

    Latihan yoga harian akan membangkitkan energi utama yang berpusat di dalam tubuh kita (disebut chakra). Pose sempurna untuk energi ekstra adalah yang berhubungan dengan tulang belakang, seperti tree pose, yang memperbolehkan energi bersikulasi menuju seluruh tubuh, dan pose-pose yang berhubungan dengan membuka dada, seperti cobra pose, yang mendukung dalam pernapasan.


    5. Mengurangi stres

    Banyak tempat kerja kini menawarkan sesi yoga saat makan siang, karena terbukti jika yoga sangat brilian sebagai pengusir stres. Latihan yoga apapun, yang pendek sekalipun, seharusnya akan terdiri dari tiga elemen, yakni pose, pernapasan, dan meditasi. Studi banyak membuktikan bahwa orang-orang yang secara rutin latihan tiga elemen tersebut akan lebih mampu mengatur heart-rate variability (HRV) atau variabilitas detak jantung.

    Umumnya berarti denyut jantung mereka rendah, sehingga membuat tubuh memiliki kemampuan dalam merespon stres lebih fleksibel.

    Apakah Anda ingin menganggulangi stres berlebih yang terkadang membuat Anda terjaga di malam hari? Studi membuktikan bahwa latihan yoga dapat mengurangi atau bahkan mencegah insomnia. Ketika mengalami insomnia, cobalah latihan asana, seperti forward fold (uttanasana) atau berbaring telentang dengan kaki diangkat menghadap tembok. Latihan yoga rileks seperti itu akan menenangkan tubuh dan pikiran Anda.




    6. Bernapas lebih baik

    Bernapas dengan dalam dan tenang adalah hal paling esensial dalam setiap latihan yoga. Teknik bernapas Yogic (disebut pranayama) fokus untuk memperlambat pernapasan, dan bernapas penuh dari lubang pernapasan menuju perut kemudian ke paru-paru.

    Metode ini akan membuat Anda merasa rileks dan seimbang dan akan membantu Anda menghadapi hari lebih percaya diri dan tenang. Hal ini juga memiliki sisi terbaik termasuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan volume tidal (jumlah udara yang dapat ditahan paru-paru setiap sekali menarik napas). Anda dapat mengadopsi teknik ini kapanpun dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu Anda untuk tetap tenang dalam situasi darurat, berpikir jernih dalam suasana stresm dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.


    7. Lebih bahagia

    Menambah beberapa gerakan yoga ke dalam rutinitas harian dapat membuat Anda menjadi sosok yang lebih bahagia dan memiliki emosi kuat. Baru-baru ini studi membuktikan bahwa latihan yoga rutin dan meditasi akan menghasilkan level serotonin lebih tinggi (hormon kebahagiaan).

    Hanya dengan 15 menit latihan yoga dalam satu hari dapat mengubah chemistry pada otak Anda dan meningkatkan mood Anda.

    Studi yang sama juga menunjukkan jika praktisi yoga yang sudah lama akan lebih memiliki masa pada otak yang diasosiasikan dengan kesenangan hati. Studi lainnya membuktikan jika level GABA (gamma-aminobutyric) pada otak akan meningkat setelag latihan yoga. Peningkatan itu dihubungkan dengan penurunan level depresi dan rasa resah. Sederhananya, hanya dengan 15 menit yoga sehari dapat memulai perubahan pada otak dan mood Anda.


    8. Jadi lebih waspada

    Yoga dan tindakan hati-hati berjalan beriringan. Saat latihan yoga, Anda akan mulai mengubah kesadaran menjadi sensasi, pemikiran, dan emosi yang menyertai gerakan. Kesadaran itu akan membawa kembali pikiran menuju momen sekarang, tujuan utama dari kewaspadaan, yang nantinya akan terus bahagia dan fokus.

    Latihan kewaspadaan akan memiliki keuntungan fisik dan psikologi yang sangat sejalan dengan keuntungan yoga. Anda akan merasa lebih tenang dan rileks, mengurangi stres dan keresahan. Anda akan mengalami level energi meningkat dan antusias dan lebih percaya diri dan penerimaan diri.


    9. Meningkatkan konsentrasi dan berpikir jernih

    Gerakan-gerakan yoga dan meditasi menuntut Anda untuk berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Proses pernapasan itu akan menenangkan pikiran Anda dan membuat Anda lebih rileks secara mental. Hasil dari mental yang stabil ini lantas akan membuat Anda mampu mengembalikan dan memelihara informasi. Hanya melakukan meditasi beberapa menit di pagi hari akan menghasilkan konsentrasi yang lebih baik sepanjang hari.

    Dengan menurunkan kadar stres mental dan fisik, kita akan mampu mengingat dan mengatur pikiran lebih mudah. Meningkatkan fungsi nalar terjadi ketika kita mampu menjernihkan pikiran. Dari tempat yang damai dan tenang, kita akan mampu untuk menggunakan fasilitas mental kita secara efisien. 

    Intinya, dengan mengurangi stres mental dan tenakan fisik lewat yoga harian, Anda akan lebih bisa berpikir tajam dan memiliki pikiran yang teratur.


    10. Panjang umur

    Sekarang Anda tahu, latihan yoga setiap hari akan membantu Anda meningkatkan level kesehatan, memelihara denyut jantung, mengurangi level stres dan membuat Anda menjadi sosok yang lebih bahagia. Seluruh elemen itu semoga menambah nilai berharga pada kehidupan Anda.

    Juga diketahui bahwa yoga akan menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengurangi kecepatan pernapasan Anda yang secara langsung berhubungan dengan jangka hidup lebih panjang. Baru-baru ini studi membuktikan jika elemen meditasi pada yoga akan membantu proses penuaan dengan melindungi telomer pada kromosom kita juga.


    Alasan apalagi untuk Anda untuk mengambil matras?


    (Penulis: Laetitia Tempelman; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erica Arifianda; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -