• 8 Merek Jam Tangan Pria Terpopuler di Dunia

    Fashion / News


    8 Merek Jam Tangan Pria Terpopuler di Dunia

    Sederet merek jam tangan ini telah dipercaya bertahun-tahun lamanya oleh banyak generasi.


    Ketika berbicara tentang jam terbaik di dunia, hal yang akan selalu langsung terpikirkan adalah Swiss. Bagaimana tidak? Hampir semua brand jam tangan yang berbasis di Swiss, telah menorehkan namanya sebagai brand jam tangan terbaik di dunia.

    Tidak hanya selama beberapa tahun, namun berpuluh-puluh tahun lamanya atau dari generasi ke generasi. Tidak heran, hampir semua label jam tangan pria yang terkenal itu awalnya didirikan di Swiss. 

    Dengan bantuan skill para tim watchmaker yang hampir tak ada cacat bahkan di detail terkecil sekalipun, label-label yang ada di daftar berikut ini terus eksis dan melahirkan inovasi tiada henti.


    1. Audemars Piguet

    Didirikan oleh Jules Louis Audemars dan Edward Auguste Piguet pada tahun 1875, brand Audemars Piguet adalah salah satu label jam tangan pria yang sangat diperhitungkan di dunia.

    Bermula dari kreasi jam tangan Royal Oak di tahun 1972, brand yang berbasis di Le Brassus, Swiss ini berhasil menoreh prestasi sebagai label jam yang patut diperhitungkan.

    Jam Royal Oak Offshore yang adalah sports watch pertama di dunia awalnya diperkenalkan kepada publik di perhelatan Baselworld tahun 1972.

    Jam yang sampai detik ini masih diproduksi, diciptakan oleh Gerald Genta yang sebelumnya juga menciptakan salah satu jam ikonis lansiran Patek Phillipe. 



    Terinspirasi dari helm yang dikenakan saat melakukan olahraga menyelam, jam ini terkenal akan estetika aksen baut di bagian permukaan dial yang belum pernah dilakukan oleh produsen jam lainnya di masa itu.

    Selain seri Royal Oak Offshore, beberapa produk jam karya Audemars Piguet yang ikonis adalah jenis Millenary, Jules Audemars, dan Code 11.59. 



    2. Vacheron Constantin

    Label jam tangan asal Swiss lainnya yang memiliki reputasi terbaik adalah Vacheron Constantin. Didirikan sejak tahun 1755, label jam tangan ini termasuk sebagai salah satu brand jam tangan tertua di dunia.

    Brand yang didirikan oleh seorang watchmaker bernama Jean-Marc Vacheron ini terkenal dicintai oleh banyak sosok berpengaruh seperti Paus Pius XI, Napoléon Bonaparte, hingga Queen Elizabeth II.

    Tidak heran, beberapa jam lansiran label ini menjadi koleksi yang berhasil mencetak rekor penjualan jam termahal di dunia. 



    Salah satu jam lansiran Vacheron Constantin yang ikonis adalah Overseas Wristwatch. Seri Overseas mulai diperkenalkan di tahun 1996 dan diperbarui dengan berbagai tambahan seperti fitur chronograph, world time, moon phase hingga tourbillon berkualitas tinggi.

    Selain seri Overseas, seri Patrimony lansiran Vacheron Constantin juga digemari oleh banyak orang dikarenakan desainnya yang subtle, elegan dan timeless



    3. Patek Phillipe

    Berdiri sejak tahun 1839, Patek Phillipe dinobatkan sebagai label jam tangan tertua di dunia. Selain usia berdirinya yang sudah lama, label ini juga dinobatkan sebagai label jam tangan yang sangat inovatif. 

    Tidak hanya menciptakan jam-jam tangan dengan craftsmanship yang tiada duanya, label ini juga menciptakan movement dan jam-jam mekanik yang pembuatannya sangatlah rumit. 

    Banyak sosok penting di dunia, seperti Ratu Victoria, Ratu Elizabeth II, John F Kennedy hingga Pyotr Tchaikovsky, dan banyak sosok penting lainnya diketahui mengoleksi jam tangan lansiran Patek Phillipe.


    Ada banyak jenis jam tangan lansiran Patek Phillipe yang dianggap ikonis, seperti seri World Time, Perpetual Calendar Chronograph, Sky Moon Tourbillon dan banyak lagi. Seiring dengan fakta bahwa 7 dari 10 jam tangan yang pernah dilelang di dunia adalah lansiran label asal Geneva, Swiss ini. 

    Salah satu produk Patek Phillipe yang dinyatakan sebagai jam tangan termahal di dunia adalah Patek Phillipe Henry Graves Supercomplication yang merupakan jam tangan mekanik paling rumit di dunia dan berhasil terjual seharga 24 juta dollar AS.




    4. Richard Mille

    Didirikan oleh Dominique Guenat dan Richard Mille di tahun 2011, label jam tangan ini masih terbilang baru. Namun bukan berarti label jam tangan yang satu ini tidak dapat berkompetisi dengan label jam tangan lainnya.

    Berpusat di Les Breuleux, Swiss, label jam tangan ini dengan cepat menarik perhatian banyak kolektor jam tangan mewah di dunia ketika melansir tipe jam dengan tourbillon movement rancangan mereka yang bertajuk RM001.

    Ada 2 tipe jam Richard Mille yang mendulang sukses dan dimiliki oleh banyak kolektor jam di dunia yakni tipe jam RM 008 dan RM056 yang dilengkapi dengan gerakan chronograph tourbillon yang apik.

    Sementara itu yang membedakan tipe RM056 dengan tipe lainnya sekaligus dari jam lainnya adalah bagian case yang transparan dan dilengkapi dengan split seconds yang menggunakan batu kristal sapphire.



    5. IWC Schaffhausen

    IWC Schauffhausen didirikan di tahun 1868 dan berbasis di Schaffhausen, Swiss. Meski berlokasi di Swiss, label jam tangan ini awalnya didirikan oleh seorang pembuat jam tangan asal Amerika Serikat yang bernama Florentine Ariosto Jones.

    Florentine yang dahulunya memiliki posisi sebagai direktur di perusahaan pembuatan terbaik di Amerika Serikat, E. Howard & Co, mendirikan label ini agar dapat mengombinasikan craftsmaship pembuatan jam khas Swiss dengan teknologi modern milik Amerika Serikat.


    Selain dikenal sebagai brand jam tangan mewah, label IWC Schaffhausen memiliki ciri khas sebagai label yang kerap memproduksi produk-produk jam tangan khusus pilot berkualitas tinggi. 

    IWC Schaffhausen juga menjadi salah satu pelopor brand jam tangan ramah lingkungan pertama di industri jam tangan sejak awal tahun 2000-an. 

    Salah satu produk lansiran IWC yang bersejarah adalah IWC's Pilot Watch yang dilansir pada tahun 1936. Jam ini diciptakan dengan bahan stainless steel anti air dan bagian dial jam yang dilengkapi dengan pelindung dari tarikan magnet.



    6. Jaeger Le Coultre

    Jaeger Le Coultre telah berdiri sejak tahun 1833 dan berbasis di Le Sentier, Swiss. Didirikan oleh Antoine Le Coultre, brand ini menciptakan banyak sekali inovasi sekaligus ribuan movement jam tangan yang salah satunya adalah movement terkecil di sepanjang sejarah industri jam tangan.

    Sejak tahun 1844, Antoine sudah berhasil melahirkan berbagai inovasi yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jam tangan berkualitas tinggi yang dinamakan sebagai Millionomètre dan kemudian di tahun 1851 ia mendapatkan penghargaan di Universal Exhibition atas kerja kerasnya dalam menciptakan berbagai teknik presisi dan teknologi mekanikal. 



    Beberapa desain lansiran Jaeger Le-Coultre yang digemari oleh para kolektor jam tangan mewah adalah tipe Reverso, dimana bagian dial dari tipe ini sesuai dengan namanya dapat diputarbalikan untuk menjaga bagian kaca jam saat digunakan.

    Tipe lainnya yang juga banyak digemari adalah tipe Rendez-Vous, Geophysic True Second, dan Master.



    7. Omega

    Didirikan oleh Louis Brandt, Omega adalah sebuah perusahaan pembuatan jam tangan yang berbasis di Biel/Bienee, Swiss. Telah berdiri sejak tahun 1848, label ini tetap aktif menelurkan bermacam jam tangan yang tetap relevan hingga kini.

    Prestasi label Omega sebagai sebuah brand jam tangan nyata diakui oleh berbagai kalangan, tidak heran brand Omega bahkan terpilih sebagai jam tangan para personel Britain's Royal Corps di tahun 1917.

    Omega juga adalah pencipta dari tipe jam Omega Speedmaster yang dikenakan oleh astronot Buzz Aldrin dan Neil Armstrong saat menginjakkan kaki di bulan saat melakukan misi Apollo 11.



    Beberapa tipe jam lansiran brand Omega yang terkenal lainnya adalah tipe Constellation, Omega Seamaster, Omega Speedmaster, dan banyak lagi. 



    8. Breitling

    Ketika mendirikan brand Breitling, Léon Breitling adalah seorang pembuat jam tangan yang masih terbilang muda yakni berusia 24 tahun. Meskipun begitu, tidak lama setelah mendirikan perusahaannya, dengan cepat perusahaannya menambah karyawan di perusahaannya.

    Di tahun 1951, Breitling melansir jam tangan pertamanya dengan fitur chronograph. Walau telah berhasil melansir sebuah jam tangan, Breitling tidak langsung mencantumkan nama perusahaannya di bagian dial jam.



    Beberapa tipe jam lansiran Breitling yang populer adalah jenis Navitimer, sebuah jam yang sangat digemari oleh para pilot Angkatan Udara di Amerika Serikat. 

    Selain Navitimer yang memiliki desain klasik dan elegan, tipe Colt, Transocean Chronograph 1915, dan Breitling Super Avenger II termasuk menjadi tipe jam yang digemari para kolektor jam tangan dunia.


    (Layout: Tevia Andriani; Foto:Courtesy of Patek Phillipe & Instagram.com)



    Tags : jam tangan






- RELATED ARTICLE -