• 5 Cara Tepat Memilih Foundation

    Beauty / Tips


    5 Cara Tepat Memilih Foundation

    Basis fundamental yang paling krusial dalam rias wajah adalah menentukan foundation yang tepat baik pada warna serta kondisi kulit Anda.


    Pernah salah membeli warna foundation? Chill, Anda tidak sendiri karena Beauty Editor Bazaar bahkan pernah mengalaminya.
    Siapa tak kecewa telah membuang kocek cuma-cuma untuk foundation yang salah?
    Karena warnanya yang lebih terang atau lebih gelap sehingga menyebabkan warna wajah menjadi keabuan dan nampak kusam. Terutama jika kandungannya yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit Anda hingga bisa menyebabkan kering sampai crack saat dipakai.
    Lalu, bagaimana cara memilih foundation yang benar? Sebaiknya Anda catat beberapa saran dari Bazaar agar next time, tak salah menentukan pilihan.
    Wait, sebelum Anda telusuri lebih jauh, apakah Anda telah mengenal undertone kulit Anda? Undertone merupakan warna kulit dasar yang umumnya bisa dilihat dari warna area leher ke dada.
    Warna lengan tidak bisa diklasifikasikan sebagai undertone karena memiliki tendensi lebih gelap, termasuk area lipatan pada tubuh. Untuk mengetahui warna dasar kulit Anda, dapat ditentukan melalui beberapa cara, yang paling mudah adalah dengan melihat warna garis nadi di sisi dalam pergelangan tangan.
    Selain itu, Anda juga bisa melakukan tes warna rambut atau warna mata.
    Umumnya, undertone dikelompokkan menjadi empat warna yaitu; Warm (kuning, emas terang, medium skin tone), Cool (merah muda, merah, medium skin tone), Olive (medium dan medium ke gelap), dan Neutral (kombinasi terang dan medium skin tone).

    Jika undertone ditentukan dari warna nadi dan warna kulit saat Anda banyak terpapar sinar matahari, berikut klasifikasinya;

    1. Warm dengan warna nadi kehijauan cenderung memiliki kulit yang mudah berubah kecokelatan atau tan.
    2. Cool yang memiliki warna nadi kebiruan, saat berada dibawah sinar matahari kulit akan lebih mudah terbakar dan berubah menjadi merah muda. Khususnya, bagi mereka yang memiliki kulit berwarna putih.
    3. Olive memiliki warna nadi yang cenderung lebih ke hijau daripada biru. Saat terpapar sinar matahari kulit mudah berubah menjadi tan.
    4. Neutral memiliki kombinasi biru dan hijau. Saat terpapar sinar matahari, kulit akan lebih lama berubah menjadi tan.


    Setelah mengetahui karakteristik warna dasar kulit Anda, mari simak tip dari Bazaar.


    1. Warna Foundation

    Permukaan terluar kulit dapat berubah warna akibat efek sinar matahari seperti flek, hiperpigmentasi, serta kemerahan karena iritasi dan jerawat. Namun, tidak pada undertone kulit Anda.

    Pilih foundation yang sesuai dengan undertone kulit Anda dan saat memakai, usahakan mendapat penerangan natural dari cahaya matahari.

    Pemilihan warna foundation yang tepat, sesuai dengan warna dasar kulit Anda adalah seperti berikut;

    1. Warm, pilih foundation yang berbahan dasar warna kuning atau keemasan. Nuansa seperti karamel, emas, tan, chestnut, atau beige, bisa menjadi pilihan Anda.
    2. Cool, pilih foundation yang berbahan dasar warna rose, merah, dan biru. Nuansa seperti cocoa, rose, sable, dan porcelain, dapat membantu menjawab kebutuhan Anda.
    3. Olive dan Neutral, pilihan warna foundation seputar warna buff, nude, ivory, atau praline.


    2. Formula Foundation

    Layaknya skincare, foundation juga hadir dengan varian formula dan beragam bentuk. Untuk tampilan foundation yang paling umum adalah cair, ada pula yang berbentuk cushion, stik, sampai krim palet.

    Bentuk dari foundation menyesuaikan preferensi pribadi Anda, yang paling utama adalah pilih kandungan foundation yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika Anda berkulit normal, pilihan jenis foundation bisa lebih beragam, baik yang memberikan hasil akhir dewy atau matte.

    Namun jika kulit Anda cenderung berminyak, sebaiknya pilih foundation berbentuk cair atau powder, yang mengandung formula oil-free dan memberikan hasil akhir matte.

    Lalu, untuk jenis kulit kering, gunakan foundation berbentuk krim atau stik, dengan kandungan yang mampu melembapkan dan memberikan hidrasi lebih.

    Untuk kulit kombinasi, gunakan foundation berbentuk bedak. Pilih foundation yang mengandung SPF, karena dapat memberikan Anda sedikit perlindungan dari paparan sinar UVA dan UVB.


    3. Memilih Gerai Foundation

    Bazaar tidak menyarankan untuk Anda membeli foundation secara online, jika masih ragu dengan pilihan warna atau formula yang cocok bagi kulit Anda.

    Sebaiknya datang ke gerai agar bisa mencoba langsung. Pilih gerai yang menawarkan tester pada produk, serta jasa asistensi agar dapat membantu Anda menentukan pilihan.

    Umumnya, membeli foundation di gerai kosmetik atau di department store, akan mendapat panduan dari sales assistant yang cukup berwawasan perihal seputar kosmetik, bahkan beberapa di antaranya mahir dalam tata rias. Gerai kosmetik tertentu juga menawarkan jasa rias wajah gratis untuk tiap produk yang akan Anda beli.

    Dengan mendapat panduan langsung Anda akan lebih matang dalam memutuskan. Getting a second opinion never hurts nobody!


    4. Level Coverage Foundation

    Bagi Anda yang tidak suka memakai riasan wajah untuk kegiatan sehari-hari, pilih foundation berbentuk cair, stik, maupun cushion yang bisa membantu memberikan hasil akhir sheer hingga medium.

    Namun, jika Anda butuh foundation yang tingkat coverage-nya tinggi dan tidak membutuhkan touch up, bentuk cair atau krim palet mungkin cocok untuk Anda.

    Pakai foundation dengan tangan atau sponge yang sedikit dibasahi air hangat agar saat diaplikasikan ke wajah dan leher, bisa merata tanpa menimbulkan penumpukan di area tertentu.


    5. Two is Better Than One

    Tak ada salahnya membeli foundation lebih dari satu untuk melengkapi kebutuhan ragam acara Anda. Seperti saat pesta contohnya, jika diadakan pada siang hari dan outdoor, Anda membutuhkan foundation yang memberikan coverage medium atau heavy dan memberikan hasil akhir matte. Tentu Anda tidak ingin makeup luntur karena panas bukan?

    Untuk itu, hindari foundation yang mengandung minyak berlebih. Gunakan foundation cair lalu tabur foundation powder sebagai finishing touch. Untuk acara malam hari di dalam ruangan, Anda bisa pilih tampilan akhir matte atau dewy. Namun untuk sehari-hari, pilihlah foundation yang sesuai jenis kulit Anda.

    Tak ada salahnya mengombinasikan dua jenis foundation dalam sekali pakai. Namun, perhatikan warna yang Anda pilih, usahakan satu tone di atas warna dasar kulit Anda dan/atau satu tone di bawah.

    Jika Anda pilih satu tone di bawah warna asli kulit Anda, padu padankan dengan bedak yang satu tone lebih terang, begitu pula sebaliknya. Jika ingin membuat foundation Anda berwarna lebih terang, Anda bisa campur dengan salah satu produk berikut; moisturizer, primer, concealer, atau finishing powder.

    Lalu, untuk membuat foundation Anda lebih gelap, padukan dengan; blush/concealer, bronzer, atau tinted moisturizer. Trik padu padan ini sudah banyak dilakukan oleh para makeup artist.

    Selamat memilih!

    (Foto: Courtesy of Nina DemianenkoC123RF.com)


    Tags : foundation






- RELATED ARTICLE -