• Istilah Sepakbola Untuk Anda, Para Wanita

    Culture / Tips


    Istilah Sepakbola Untuk Anda, Para Wanita

    Kartu kuning? Offside? Tendangan penalti? Inilah istilah yang patut Anda ketahui menyambut FIFA World Cup 2018.


    Sebelum Hari Raya Lebaran tiba, momen perhelatan sepakbola akbar, Piala Dunia 2018, akan tiba terlebih dahulu.

    Yang perlu Anda ketahui, Piala Dunia tahun 2018 ini akan digelar di Rusia dan berdasarkan jadwal pertandingan yang telah diumumkan, pertarungan antar negara tersebut akan dimulai cukup awal, bahkan ada yang dimulai pada pukul 5 sore.

    Hal ini berarti, quality time yang biasanya Anda habiskan bersama pasangan, mulai dari pukul 5 sore ke atas akan mulai sedikit terganggu sejak tanggal 14 Juni mendatang. 

    Untuk mengatasinya, Anda dapat turut serta menonton sejumlah pertandingan ajang yang digelar setiap empat tahun sekali ini.

    Dan agar dapat benar-benar menikmati pertandingan (dan agar Anda tidak banyak bertanya sehingga terkesan cenderung mengganggu saat menonton), kami telah menyiapkan sejumlah istilah dari pertandingan sepakbola untuk Anda ketahui.


    Piala Dunia 2018 diikuti oleh 32 negara yang dibagi ke dalam delapan grup. Grup ini diberi nama alfabet: grup A, B, C, D - H.

    Setelah saling berhadapan satu sama lain, akan terpilih dua pemenang dari masing-masing grup, yang akan bertanding melawan pemenang dari grup lain (babak 16 besar). Lalu akan terpilih delapan tim yang akan beradu dalam babak perempat final (quarter final), empat tim pemenang akan maju ke babak semi final.

    Kemudian, dua tim yang kalah akan beradu memperebutkan gelar juara tiga, sementara dua tim pemenang akan beradu untuk memperebutkan gelar juara dunia 2018.


    Secara umum, terdapat sebelas orang pemain inti dan sebelas orang pemain cadangan dalam satu tim sepakbola. Sepanjang permainan, sebuah tim berhak untuk melakukan pergantian pemain sebanyak maksimal tiga kali.

    Dan berbeda dengan permainan basket, pemain yang sudah diganti, tidak dapat kembali bermain.


    Jenis posisi pemain

    Goal keeper: Penjaga gawang, bertugas untuk menjaga agar gawang tidak kebobolan tim lawan.

    Defender: Pemain yang berjaga di area yang dekat dengan gawang.

    Midfielder: Pemain yang areanya berada di tengah lapangan, juga berfungsi untuk membantu striker menyerang tim lawan, atau membantu defender.

    Attacker: Pemain yang bertugas untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

    Referee: Wasit yang memimpin pertandingan akan berlari mengikuti para pemain di lapangan. Ada hakim garis yang berjaga di sepanjang garis batas lapangan untuk menentukan apabila bola telah menggelinding keluar batas.


    Lama pertandingan

    Full time: Pertandingan sepakbola biasanya berjalan selama 90 menit, terdiri dari dua babak dengan istirahat selama 15 menit di antaranya. 

    Half time: Sebutan untuk babak pertama.

    Injury time: Waktu tambahan di akhir setiap babak yang ditentukan oleh juri. Waktu ini adalah waktu pengganti ketika permainan harus berhenti karena adanya pelanggaran atau pemain yang cedera. 

    Extra time: Tambahan waktu selama 30 menit dibagi ke dalam dua babak apabila terjadi seri (gol yang dicetak kedua tim jumlahnya sama). Extra time hanya berlaku mulai di babak 16 besar.

    Penalty shootout: Jika setelah extra time, keadaan masih seri, maka akan dilakukan adu penalti. 


    Jenis tendangan atau lemparan

    Kick off: Tendangan pertama di tengah lapangan saat pertandingan baru mulai atau saat salah satu tim berhasil memasukkan bola ke gawang lawannya.

    Goal kick: Tendangan oleh penjaga gawang ketika ia berhasil mengamankan bola hasil serangan lawan. 

    Corner kick: Tendangan dari sudut lapangan (biasanya ditandai dengan bendera segitiga), yang dilakukan jika bola tergelinding keluar dari garis batas lapangan yang sejajar dengan gawang tim lawan.

    Penalty kick: Tendangan di titik tengah 11 meter di depan gawang lawan. Tendangan ini akan dihadiahi kepada satu tim jika pemainnya di-tackle di dalam kotak penalti yang mengelilingi gawang.

    Free kick: Tendangan dari mana saja di luar kotak penalti, dihadiahi kepada tim jika terjadi pelanggaran terhadap salah satu pemainnya.

    Throw in: Lemparan bola ke dalam ketika bola tergelinding keluar dari batas kanan dan kiri lapangan.



    Ganjaran Pelanggaran

    Kartu kuning: Peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Mendapatkan dua kali kartu kuning dalam sebuah permainan mengakibatkan pemain tersebut mendapatkan kartu merah.

    Kartu merah: Peringatan maksimal bagi pelanggaran seorang pemain yang mengakibatkan ia dikeluarkan dari permainan.



    Bagaimana? Anda siap menemani pasangan untuk menikmati permainan kesukaannya ini?


    (Foto: Matimix ©123rf.com)









- RELATED ARTICLE -