• Cara Memperingati Hari Penyu Sedunia

    Culture / Tips


    Cara Memperingati Hari Penyu Sedunia
    Cara Memperingati Hari Penyu Sedunia

    Anda di rumah bisa membantu melestarikan penyu dari risiko kepunahan.


    Tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu Sedunia (World Turtle Day). Hari ini mulai dicanangkan pada 1990, sebab populasi penyu kini sudah jauh berkurang dan terancam punah. Statusnya kini masuk dalam kategori binatang yang dilindungi. Bulan Mei dipilih sebagai hari peringatan penyu sedunia sebab di bulan ini merupakan waktu tersibuk bagi daur hidup penyu.






    Penyu tinggal di perairan luas dan diperkirakan telah hidup sejak 180 juta tahun yang lalu. Penyu bisa menyelam lebih dari 200 meter untuk mencari makan, namun gemar menghabiskan waktu di perairan dangkal. 


    Penyu dapat menghasilkan hingga 1000 butir telur, namun hanya sejumlah 80% yang dapat menetas. Setelah menetas, tukik (anak penyu) akan menuju ke laut dan mulai menghadapi ancaman predator (seperti kepiting, kadal, dan ikan besar). Makanan penyu adalah plankton, tumbuhan laut, dan ubur-ubur. Hanya 20% jumlah penyu tersebut yang mampu bertahan hingga dewasa. 



    Saat bermigrasi, penyu akan menghadapi ancaman terbesarnya saat ini, yaitu manusia. Limbah industri dan sampah dari kegiatan manusia akan salah diartikan penyu sebagai makanan (karena menyerupai ubur-ubur), sehingga dapat masuk ke pencernaan ataupun menjerat badan penyu. Ancaman lainnya adalah perburuan penyu untuk sisik dan cangkang yang dijual murah sebagai suvenir. Ada juga yang berburu penyu untuk dimakan telur dan dagingnya.




    Jika demikian, bagaimana cara untuk membantu pelestarian penyu? Yang pertama adalah dengan tidak mengonsumsi penyu apapun bentuknya, baik dalam bentuk suvenir maupun makanan. Berkurangnya permintaan (demand) akan ikut mengurangi produksi ilegal. Bagi yang berada di rumah, Anda bisa mulai dengan cara yang simpel, seperti membuang sampah pada tempatnya, terutama plastik yang masih bisa didaur ulang. Kemudian Anda juga bisa membatasi pola konsumsi plastik. Ubah penggunaan plastik dengan tas kain yang lebih tahan lama. Bahaya plastik lainnya terhadap lingkungan dan cara mengantisipasinya dapat Anda baca di tautan berikut.


    Baca juga: 8 Fakta Menarik Seputar Earth Day


    (Foto: epicstockmediaC123RF.com) 











- RELATED ARTICLE -