• 3 Resep Sehat untuk Berbuka Puasa ala Bazaar

    Culture / Tips


    3 Resep Sehat untuk Berbuka Puasa ala Bazaar

    Beberapa sajian nikmat yang bisa Anda olah dengan mudah untuk memeriahkan suasana iftar di rumah.


    Nikmatnya berbuka puasa pasti semakin terasa di tengah kehangatan keluarga, apalagi jika waktu saat menunggu beduk dimanfaatkan untuk menciptakan hidangan sendiri di dapur bersama kakak ataupun ibunda.

    Selain menyenangkan, memasak sendiri tentu relatif lebih menyehatkan karena Anda tahu betul dari komposisi apa saja makanan Anda terbuat. Menyambut bulan Ramadan kali ini, Bazaar berbagi referensi resep sehat dan praktis untuk seluruh sanak famili.


    1. Peanut Butter Dates with Almond

    Sangat disarankan untuk dikonsumsi saat membatalkan puasa ketika azan magrib telah berkumandang, buah kurma memang merupakan sumber energi yang sarat nutrisi. Sedangkan, selai kacang dan almond pun baik bagi kesehatan berkat vitamin E yang terdapat di dalamnya. Yang Anda butuhkan untuk menyajikan hidangan takjil ini pun cukup simpel, hanya beberapa buah kurma, selai kacang secukupnya dan juga almond yang telah dicincang kasar.

    Caranya:

    - Belah kurma tapi jangan sampai putus.

    - Buang bijinya.

    - Oleskan sekitar setengah sampai satu sendok teh selai kacang ke tengah-tengahnya atau sesuaikan saja dengan ukuran masing-masing kurma.

    - Terakhir, taburi bagian atasnya dengan almond sesuai selera.


    2. Whole Wheat Pasta Marinara

    Sempurnakan santap malam Anda dengan hidangan utama pasta jenis whole wheat yang banyak mengandung serat serta dikombinasikan dengan hidangan laut kaya protein.

    Siapkan saja whole wheat spaghetti, minyak zaitun secukupnya, macam-macam seafood seperti ikan, cumi-cumi, udang ataupun kerang hijau, bawang bombai, pasta tomat, sejumlah cherry tomato, bumbu-bumbu seperti daun basil dan balsamic vinegar, parutan wortel dan seledri cincang, serta keju parmesan.

    Caranya:

    - Tumis bawang bombai dengan minyak zaitun hingga wangi kemudian tambahkan parutan wortel dan seledri cincang hingga layu.

    - Masukkan potongan ikan, cumi-cumi, udang, dan kerang hijau sambil menaburkan bumbu-bumbu seperti lada hitam, garam halus, daun basil, dan sedikit balsamic vinegar.

    - Tuangkan pasta tomat juga cherry tomato yang telah dipotong jadi dua.

    - Kecilkan api dan masak hingga matang. Lebih baik apabila diolah dengan memakai metode slow cook, kurang lebih selama satu hingga dua jam lamanya.

    - Untuk mencairkan saus Bolognese ini sampai meraih konsistensi yang disuka, Anda dapat mencampurnya dengan air kaldu jamur atau bahkan susu putih apabila suka.

    - Taburi dengan keju parmesan.

    - Terakhir, aduk-aduk saus tersebut dengan pasta whole wheat favorit Anda yang telah direbus dan ditiriskan.

    - Sajikan hangat.


    3. Tropical Punch

    Guna meningkatkan stimulasi pencernaan, tubuh memerlukan serat yang tak hanya bisa didapat dari sayur-mayur namun juga beraneka ragam buah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengolahnya menjadi jus yang praktis untuk disantap.

    Opsi buah segar yang cukup gampang didapatkan di daerah tropis seperti Indonesia yakni nanas, pisang, pepaya, mangga, dan jeruk nipis. Anda dapat pula mengimbuhkan madu murni untuk meningkatkan cita rasa sekaligus menambah asupan gizi.

    Caranya:

    - Potong-potong buah kesukaan Anda.

    - Lalu, masukkan ke dalam blender bersama dengan madu asli dan air perasan jeruk nipis.

    - Hancurkan sampai halus.

    - Lebih nikmat apabila diminum dalam keadaan dingin.


    Selamat mencoba!

    (Foto:  Gorkem Demir©123rf.com)


    Tags : ramadan, puasa






- RELATED ARTICLE -